Pantai Lasiana, pantai pasir putih yang eksotis dan indah di Kupang - WisataHits
wisatahits

Pantai Lasiana, pantai pasir putih yang eksotis dan indah di Kupang

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lasiana, Kec. Pusat Kota Kupang, Kab. Kupang, Nusa Tenggara Timur; Kasus: Cek lokasi

Provinsi Nusa Tenggara Timur memiliki banyak sumber daya alam. Salah satunya adalah objek wisata Pantai Lasiana yang terletak di Kupang. Pantai ini memiliki luas sekitar 3,5 hektar dengan berbagai keindahan yang mengelilinginya. Banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang mengeceknya dan memberikan rekomendasi tempat untuk berlibur.

Pemerintah setempat bertujuan untuk mengubah tempat wisata ini menjadi taman budaya flobamora. Artinya tempat berkumpulnya berbagai suku dan budaya sekitar dan dijadikan sebagai tempat kunjungan yang menarik. Ternyata pantai ini sudah dibuka sejak tahun 1970-an dengan fasilitas yang minim. Namun seiring berjalannya waktu, pihak pengelola berusaha melengkapi berbagai fasilitas.

Pada siang hari, wisatawan akan dimanjakan dengan pemandangan birunya air laut dan langit biru yang mirip. Sedangkan pada sore hari, keindahan pantai Lasiana secara estetis disertai dengan pemandangan matahari terbenam.

Daya Tarik Pantai Lasiana

Objek wisata milik Pantai LasianaKredit gambar: Facebook Putu Utomo

1. Banyak pohon di pantai

Destinasi Kupang ini dikenal memiliki udara segar untuk dihirup. Dari pintu masuk utama, Anda akan disuguhi pepohonan hijau yang asri. Ada sekitar 230 pohon palem dan 65 pohon kelapa di sepanjang pasir pantai. Tujuan penghijauan tidak hanya untuk memperindah kawasan tetapi juga untuk mencegah abrasi.

Kedua tanaman ini juga disebut-sebut sering digunakan warga sekitar untuk membuat gubuk kecil atau lopo-lopo. Gubuk berbentuk payung ini muncul di sudut kawasan wisata dengan atap daun nipah. Tiang-tiangnya terbuat dari batang pohon kelapa dan di sekelilingnya terdapat bangku kecil.

2. Memiliki jalur pemecah gelombang

Pengunjung yang datang ke Pantai Lasiana akan merasa unik. Pasalnya, tempat rekreasi ini memiliki jalur pemecah gelombang yang berbentuk huruf J. Awalnya pihak pengelola mengatakan pembangunan jalan ini untuk menghindari abrasi air laut, namun tidak ada pembatas yang dibangun di sekitarnya, sehingga wisatawan harus hati-hati.

Jalur pendakian dilengkapi dengan bebatuan yang tersusun rapi dengan pola berwarna hitam. Letaknya di tengah pantai sehingga ombak tidak langsung masuk ke bibir pantai. Banyak juga pengunjung yang menjadikan jalur ini sebagai spot foto yang menarik.

3. Pasir putih dengan ombak yang tenang

Pemandangan lain yang menghiasi pantai ini adalah butiran pasir putih halus. Area terlihat bersih karena petugas selalu ada untuk memastikan tidak ada sampah yang berserakan. Setiap wisatawan yang berkunjung selalu membawa mainan pasir mulai dari cetakan dan garu pasir.

Tak hanya itu, keindahan alam pantainya juga dilengkapi dengan ombak yang tidak terlalu ganas. Hal inilah yang membuat banyak orang bermain air di sekitarnya. Sejauh mata memandang, juga terdapat perbukitan hijau yang mengelilingi deburan ombak pantai yang begitu indah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai LasianaKredit gambar: Google Maps Afrizal Hilmiawan

Destinasi Wisata Alam Pantai Lasiana terletak di Desa Lasiana, Kelapa Lima, Kupang Tengah, Nusa Tenggara Timur. Dari pusat kota Kupang, hanya berjarak sekitar 12 km untuk sampai ke tempat wisata ini. Wisatawan yang baru pertama kali berkunjung dapat mencari tempat melalui Google Maps. Akses jalan mudah dilalui karena aspalnya mulus dan tidak berbatu lagi.

Anda dapat membawa kendaraan sendiri atau menyewa perjalanan yang biasanya dijadwalkan di dalam area bandara. Bagi yang ingin naik angkutan umum juga bisa memilih kendaraan Colt yang harganya hanya Rp 5.000, ojek juga banyak yang melintas di jalan sekitar tempat wisata.

Wisatawan yang datang dari arah bandara El Tari hanya membutuhkan waktu sekitar 16 menit untuk sampai ke Lasiana. Anda juga bisa melihat rambu-rambu jalan atau menanyakan lokasi tempat wisata ini kepada penduduk sekitar. Itinerary perjalanan yang memadai membuat wisata ini tidak pernah sepi pengunjung, apalagi saat liburan.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Wisata Pantai LasianaKredit gambar: Google Maps André Suryaputra

Biaya liburan di Pantai Lasiana memang sangat irit. Wisatawan hanya membayar tarif tiket Rp 5.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak. Harga ini ditetapkan oleh manajemen lokal mulai tahun 2020 karena sebelumnya harga tiket hanya Rp 1000. Namun, peningkatan ini tidak membuat wisatawan enggan mengunjungi sirkuit ini.

Dengan tiket masuk yang murah, wisatawan bisa menikmati keindahan pantai dari pagi hingga sore hari. Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi dikenakan tiket parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda dan Rp 10.000 untuk roda empat. Bahkan di hari libur pun, harga tetap sama dan tidak ada kenaikan.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Lasiana

Aktivitas Seru di Pantai LasianaKredit gambar: Twitter #JendelaAngkot

1. Joging

Selain liburan, pengunjung juga bisa menikmati udara pantai sambil jogging. Kegiatan ini biasanya dilakukan pada pagi hari karena udara yang masih sejuk dan belum panas. Banyak manfaat yang bisa Anda rasakan saat jogging, salah satunya bisa membakar kalori tubuh.

2. Berenang

Berenang adalah hal yang wajib dilakukan saat liburan pantai bersama keluarga. Selain itu, ombak Pantai Lasiana yang tidak begitu besar sangat mendukung kegiatan ini. Meski demikian, pengelola tetap mengimbau wisatawan untuk berhati-hati karena terkadang angin kencang dapat memengaruhi ombak di pantai.

3. Snorkeling

Air lautnya yang jernih berwarna biru kehijauan menarik banyak pengunjung untuk snorkeling. Anda bisa menikmati keindahan terumbu karang di bawah laut, apalagi ikan warna-warni, gurita, cumi-cumi, dan berbagai biota laut seakan melengkapi eksotisme air pantai ini. Wisatawan dapat membawa peralatan snorkeling dari rumah karena tidak tersedia fasilitas persewaan peralatan di kawasan wisata.

4. Kunjungi kios pedagang

Aktivitas di Pantai LasianaKredit gambar: Instagram Tri Wasono Sunu

Di kawasan tempat wisata pantai ini terdapat beberapa warung penjual makanan ringan. Wisatawan dapat menikmati jagung bakar, es krim kelapa muda, dan makanan lezat sambil duduk di kios. Anda bisa mengunjunginya pada siang atau malam hari karena tidak buka 24 jam sehari.

5. Mainkan voli pantai

Wisatawan bisa membawa sejumlah permainan saat berkunjung ke Pantai Lasiana. Salah satunya adalah bola voli yang bisa Anda mainkan di pantai pasir putih. Bola voli biasanya dimainkan oleh 4 orang atau lebih dengan tujuan untuk melewati net yang sudah disiapkan. Pasti akan sangat menyenangkan untuk bermain bersama orang tersayang menghabiskan waktu di pantai.

6. Tonton adegan hiburan

Pada beberapa hari, wisatawan dapat menonton adegan hiburan populer di pantai. Hal ini bertujuan untuk mempromosikan tempat wisata dan membuat wisatawan betah saat berlibur di sini. Biasanya ada pertunjukan tari, live music atau teater yang dibawakan langsung oleh warga sekitar.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi dekat pantai lasianaKredit gambar: Google Maps Emiliana Mosa

1. Spot On 2518 Wilma Hotel li Premier

Hostel ini terletak sangat dekat dengan kawasan wisata, dapat ditempuh hanya dalam waktu 15 menit jika Anda berkendara. Tempatnya sangat nyaman dan staf hotel juga ramah dengan pengunjung. Setiap kamar dilengkapi dengan TV kabel, lemari, dan kamar mandi pribadi. Anda bisa naik ke lantai 3 untuk menikmati suasana kota Kupang dan melihat pegunungan yang terlihat oleh mata.

2. Resor Hotel Krisan

Dari harga Rp 200.000, wisatawan sudah bisa menginap di hotel ini. Di dalamnya terdapat kolam renang outdoor dengan pemandangan perbukitan, ruang karaoke, dan layanan rental mobil. Setiap kamar juga menghadap ke Pegunungan Fatuleu yang menakjubkan. Letaknya yang strategis membuat hostel ini dekat dengan pusat perbelanjaan dan bandara.

3. Hotel Neo Eltari

Salah satu akomodasi yang dekat dengan pantai Lasiana adalah Neo Eltari Hotel yang berjarak 5 km. Ada 137 kamar lebih dari 3 lantai dengan harga bervariasi. Di sudut hotel terdapat ruang pertemuan yang bisa disewa untuk keperluan bisnis. Anda juga bisa mencicipi restoran masakan Indonesia saat menginap di neo eltari.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai LasianaKredit Gambar: Instagram Elsje Mansula

Wisata Pantai Lasiana memiliki fasilitas pendukung yang lengkap untuk membuat pengunjung merasa nyaman. Salah satunya adalah tempat parkir yang luas untuk sepeda dan mobil di dekat pintu masuk. Bahkan saat liburan pun Anda tidak perlu khawatir kehabisan tempat parkir, karena di sini Anda bisa memuat hingga 40 kendaraan. Buat kalian yang mau sholat juga bisa ke Merchant Kiosk yang ada.

Wisatawan bisa menggunakan toilet di sudut pantai hanya dengan membayar Rp 2.000. Kursi-kursi untuk bersantai pun tampak berjejer sepanjang tur ini. Pada hari-hari tertentu biasanya akan ada panggung hiburan yang menyemarakkan pantai dengan berbagai pertunjukan seperti live music.

Tak hanya itu, pedagang yang menjajakan jajanan di kios bisa dinikmati wisatawan dengan harga murah. Pengelola juga menyediakan area bermain untuk anak-anak seperti ayunan di dekat pintu masuk. Area di sekitar pantai terlihat bersih karena terdapat banyak tempat sampah di sepanjang area tersebut. Wisatawan diharapkan menggunakan semua fasilitas dengan baik dan tidak merusaknya.

Ini dia review Pantai Lasiana yang wajib kamu kunjungi saat traveling ke Nusa Tenggara Timur. Pengunjung akan dibuat takjub dengan pesona dan keindahan alamnya. Hal terpenting sebelum pergi berlibur adalah menyiapkan kamera dan budget yang cukup.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button