Pantai Lakeba, Pesona Pantai Yang Indah dan Indah di Baubau - WisataHits
wisatahits

Pantai Lakeba, Pesona Pantai Yang Indah dan Indah di Baubau

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Katobenke, Kec. Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara; Kasus: Cek lokasi

Pantai Lakeba merupakan salah satu tempat wisata yang paling banyak dikunjungi saat berkunjung ke Sulawesi Tenggara. Destinasi ini menyimpan berbagai tempat menarik yang memiliki keunikan tersendiri. Keberadaan jembatan besi di tengah air laut menghiasi kunjungan, dilengkapi dengan bangunan menyerupai belvedere kecil. Orang yang datang akan tercengang saat melihatnya.

Aktivitas nelayan mencari ikan menjadikan pantai sebagai tempat berlabuh. Pemandangan perahu-perahu kecil akan terlihat saat Anda berada di area tersebut. Adanya dermaga kayu yang dibangun pengelola juga menambah estetika Lakeba. Bangunan tersebut seolah memberikan pesan bahwa pengunjung lebih dekat dengan laut sehingga bisa merasakan nuansanya.

Pantai Lakeba dikatakan sebagai tempat liburan akhir pekan bagi warga Bau-Bau yang datang berbondong-bondong di pagi hari. Namun seiring berjalannya waktu, tempat rekreasi ini banyak dikenal orang asing karena hawanya yang sejuk dengan nuansa alam. Destinasi tersebut dilindungi dan daerah sekitarnya tetap terjaga kebersihannya untuk melestarikan keberadaannya.

Atraksi yang dimiliki Pantai Lakeba

Atraksi Pantai LakebaKredit gambar: Instagram like_button

1. Punya dermaga

Tepat di tepi pantai akan ada dermaga yang dibangun sebagai gazebo. Namun pengunjung harus menyeberangi jembatan terlebih dahulu untuk sampai ke kawasan tersebut. Dermaga ini dibangun menjorok ke laut, tepat di tengahnya. Uniknya, tiang penyangganya terbuat dari kayu yang sangat kuat, berjalan di bawah laut.

Ternyata, bangunan tersebut didesain agar para tamu yang berlibur bisa melihat kejernihan air laut dari dekat, apalagi di sore hari menjelang malam hari, banyak yang menjadikannya sebagai tempat untuk melihat indahnya matahari terbenam. Jembatan ini juga akan terlihat ramai dengan banyak orang yang lalu lalang.

2. Dikelilingi pohon kelapa

Udara yang segar dan asri di sekitar wisata Pantai Lakeba salah satunya disebabkan oleh banyaknya pohon kelapa. Penghijauan ini dilakukan oleh pengelola setempat untuk melengkapi keindahan tempat tersebut dan untuk menghindari pengikisan pantai oleh air laut.Wisatawan akan merasa tenang duduk di bawah pohon kelapa dengan angin sepoi-sepoi.

Terkadang warga sekitar mengambil kelapa muda dari pohon ini untuk dijual di daerah tersebut. Namun penambangan tidak dilakukan dalam jumlah besar untuk menjaga daya tahan. Pada siang hari, pengunjung tidak akan merasakan panasnya Lakeba karena hijaunya pepohonan. Pengelola akan terus memperbanyak pabrik-pabrik lain di kawasan tersebut.

3. Air laut pirus

Keberadaan Pantai Lakeba yang terjaga kebersihannya membuat pantai ini memiliki air yang sangat jernih. Ombaknya juga hanya riak kecil, tidak begitu ganas. Saat difoto melalui kamera, Anda akan melihat warna awan putih, langit biru dan air laut berwarna biru kehijauan yang sangat kontras dan serasi. Ada juga beberapa batu karang yang tersusun di sudut pantai.

Tak hanya itu, wisata ini dikenal memiliki pasir putih yang begitu halus saat dipegang. Banyak turis judi yang tidak menggunakan sepatu untuk menikmatinya. Garis pantainya juga cukup luas, tak heran membuat pengunjung ingin mengelilinginya. Pengunjung dapat menghabiskan waktu dengan berbagai situs yang menenangkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai LakebaKredit gambar: Facebook Anwar Lolibu

Lokasi Pantai Lakeba berada tepat di Katobengke, Betoambari, Kota Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Jika pengunjung datang dari Kendari, pemberhentiannya di Pulau Muna, kemudian naik feri ke Pulau Buton. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 13 jam untuk sampai ke Bau-Bau dan langsung ke Lakeba.

Bandara yang dekat dengan pantai ini adalah Betomari Bau, yang biasanya tersedia untuk rental perjalanan ke daerah Kendari. Pengunjung juga bisa membawa kendaraan pribadi, baik sepeda maupun mobil. Berlibur di wisata ini memang akan menyenangkan karena Anda harus menyeberangi lautan terlebih dahulu sebelum mencapai kawasan tersebut.

Perjalanan panjang tidak menyurutkan minat wisatawan untuk mengunjunginya. Bahkan turis asing pun sepertinya silih berganti ingin mengenal Lakeba. Saat berada di atas kapal ferry, Anda akan melihat keindahan laut dan bisa beristirahat di sana. Pengalaman mendebarkan ini akan menjadi kenangan tersendiri saat Anda kembali ke kampung halaman.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai LakebaKredit Gambar: Google Maps Restoe Ramli

Destinasi Pantai Lakeba bisa dinikmati wisatawan dengan harga terjangkau. Pada hari kerja, pengunjung tidak akan dikenakan biaya atau hampir gratis. Saat hari libur seperti Sabtu dan Minggu, penjaga pantai hanya akan mengenakan biaya Rp 2.000 per orang. Hal inilah yang menjadikan wisata ini cocok sebagai rekomendasi untuk liburan keluarga.

Sebelum memasuki kawasan, wisatawan yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenakan tiket. Khusus untuk sepeda, Rp 2.000 dan Rp 5.000 untuk mobil. Dengan biaya tersebut Anda bisa melihat begitu banyak keindahan dalam kunjungan tersebut.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Lakeba

Aktivitas di Pantai LakebaKredit Gambar: Google Maps wakanda selamanya

1. Parasailing

Salah satu aktivitas yang menarik di Pantai Lakeba adalah parasailing. Satu hingga dua orang boarding akan dilengkapi dengan rompi dan dipasangkan pada pengait parasut. Kemudian speed boat akan menarik peserta dengan gerakan melawan angin agar parasut bisa terbang. Cuaca cerah dan angin kencang akan mendukung kegiatan ini.

2. Sekitar pantai

Panorama alam yang sering dijumpai di sekitar kawasan wisata membuat banyak wisatawan ingin mengelilinginya. Anda akan takjub melihat setiap sudutnya. Bersantai dengan jalan-jalan menyusuri pantai bisa dilakukan pada siang hari atau sore hari ditemani pasir putih di sepanjang perjalanan.

3. Main jet ski

Bagi siapa saja yang menyukai olahraga air, akan terasa menyenangkan saat bertemu dengan jet ski. Kendaraan ini hanya berkapasitas 2 orang dan akan diberikan jaket pelampung oleh agen sebelum boarding. Angin sepoi-sepoi yang sejuk dan air laut yang jernih akan menemani Anda sepanjang jet ski Anda. Ajak keluarga atau orang tersayang untuk membuat kegiatan ini semakin seru.

4. Kunjungi tempat makan

Kegiatan menarik di Lakeba.Kredit Gambar: Instagram Fay

Tempat duduk yang tertata rapi di tepi Pantai Lakeba sangat cocok untuk mencicipi makanan khas Bau-Bau. Kuliner yang terkenal enak dan memiliki ciri khas tersendiri yaitu ikan bakar dan ayam nasu walio. Ada juga minuman seperti es krim pisang hijau dan es krim kelapa muda untuk melepas dahaga sambil mengagumi keindahan di sekitar wisata.

5. Memancing

Perahu-perahu nelayan yang berjejer di pinggiran pantai yang indah ini menandakan bahwa wisata ini sangat cocok untuk memancing. Biasanya, saat ombak sedang tenang, wisatawan bisa mengunjungi tempat pemancingan ditemani oleh warga sekitar. Ada juga perahu-perahu kecil yang khusus disewakan dengan harga murah untuk memudahkan praktik kegiatan ini oleh pengunjung.

Penginapan murah terdekat dengan pantai

Akomodasi di dekat Pantai LakebaKredit gambar: Facebook Rizalafi Rizalafi

1. Vila Tombol Nirwana

Keistimewaan villa ini adalah langsung menghadap ke laut di Bau-Bau. Anda dapat menikmati fasilitas yang tersedia, mulai dari tempat tidur yang dilengkapi dengan AC, kulkas, dan kamar mandi pribadi. Area outdoor juga dikelilingi oleh pohon kelapa dan tanaman berbunga. Desain bangunannya juga memiliki tampilan cokelat klasik.

2. Sunset Resort Hotel Bau

Sunset Resort Inn hanya berjarak 50 meter dari Pantai Lakeba. Di dalam, ada banyak pilihan kamar dengan harga bervariasi, mulai dari Rp 270.000. Tempatnya yang nyaman sangat cocok untuk menginap bersama keluarga. Ada juga restoran yang menyajikan makanan khas lokal.

3. Hotel Pantai Calista

Hotel ini merupakan salah satu hotel yang paling banyak dikunjungi karena letaknya yang dekat dengan pantai. Ada kolam renang, parkir dan Wi-Fi gratis yang bisa digunakan pengunjung. Hostel ini memiliki 3 lantai, tetapi tidak ada lift dan hanya tangga biasa. Lokasinya juga sangat strategis, berada di pusat kota dan langsung menghadap pantai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai LakebaKredit Gambar: Google Maps Muh Kenzie Sultan

Kawasan di sekitar Pantai Lakeba dilengkapi dengan fasilitas pendukung yang bisa dimanfaatkan oleh wisatawan. Ada berbagai fasilitas gratis dan berbayar, namun harganya sangat terjangkau. Salah satunya adalah kamar mandi umum yang dikenakan biaya Rp 2.000 oleh agen. Pengunjung wajib menjaga kebersihan sebelum dan sesudah menggunakan kamar mandi.

Ada juga banyak kursi atau gazebo kayu untuk bersantai dan menikmati suasana pantai. Di sudut kawasan juga banyak terdapat tempat sampah agar masyarakat yang datang tidak membuang sampah terutama plastik. Namun, mushola dan tempat ibadah lainnya belum tersedia karena lokasi pantai yang jauh dari pemukiman.

Anda akan menemukan taman bermain anak-anak seperti ayunan dan perosotan di dekat toko pedagang. Wahana ini dapat digunakan secara gratis secara bergantian dengan pengunjung lainnya. Terletak 100 meter dari gerbang utama, tersedia tempat parkir untuk kendaraan tamu.

Demikian gambaran lengkap tentang destinasi wisata bahari di Pantai Lakeba. Anda dapat membuat daftar tempat untuk dikunjungi ketika Anda pergi ke Bau-Bau. Yang terpenting jangan sampai merusak lingkungan sekitar sehingga Lakeba menjadi salah satu tempat liburan yang nyaman untuk dikunjungi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button