Pantai Ketapang, destinasi pantai favorit di Lombok Timur - WisataHits
wisatahits

Pantai Ketapang, destinasi pantai favorit di Lombok Timur

Harga tiket: Rp 2.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Dusun Ketapang, Kec. Pringgabaya, Kab. Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Periksa lokasi

Pantai Ketapang atau juga dikenal dengan Pantai Tanjung Menangis memiliki keunikan tersendiri. Pantai indah di Lombok Timur ini memiliki pasir hitam yang sangat halus ketika Anda menginjakkan kaki di pasir ini.

Memiliki garis pantai yang bisa dikatakan cukup panjang memungkinkan pengunjung untuk menikmati luasnya pantai yang terlihat begitu menawan. Air laut di pantai ini juga sangat jernih dan ditumbuhi berbagai jenis terumbu karang yang indah.

Pantai Lombok ini sangat cocok untuk alternatif liburan keluarga. Karena pantai ini memiliki ombak yang tenang, Anda bisa mengajak anak-anak Anda untuk ikut berenang di perairannya. Selain itu, kawasan wisata ini memiliki bangunan mirip trotoar yang bisa dijadikan tempat bersantai dan piknik bersama keluarga.

Daya Tarik Pantai Ketapang

Objek Wisata Pantai KetapangKredit Gambar: Instagram DJuhandi

1. Keindahan pasir hitam

Pantai yang terkenal dengan hamparan pasir hitamnya ini benar-benar bisa memikat hati pengunjung yang berlibur ke Pantai Ketapang. Meski berwarna hitam, pasir ini memiliki tekstur yang halus dan sangat lembut saat bersentuhan dengan telapak kaki.

2. Tempat pemrosesan

Banyak pengunjung yang percaya bahwa pantai ini mengandung air laut yang dapat digunakan sebagai media pengobatan. Air laut di kawasan wisata ini dipercaya mengandung zat ion tinggi yang dapat mengobati berbagai penyakit. Penyakit yang konon bisa disembuhkan dengan air ini adalah asam urat, stroke, reumatik, pegal linu, dll.

3. Dikelilingi oleh banyak gunung dan bukit

Kawasan wisata pantai ini memiliki pemandangan alam yang indah dikelilingi oleh beberapa gunung dan perbukitan yang menambah sejuk suasana tempat ini. Beberapa gunung dan bukit mengelilingi pantai ini, yaitu Bukit Kayangan, Gunung Mantar dan Gunung Rinjani. Hal ini dapat memberikan panorama keindahan alam tersendiri di pantai ini.

4. Jembatan Pantai Tengah

Pantai milik objek wisata KetapangKredit Gambar: Instagram Perjalanan Saya

Pantai ini juga memiliki jembatan yang menarik pengunjung. Anda bisa merasakan sejuknya angin pantai sambil menikmati segala keindahan alam yang tersaji di geladak. Jembatan ini juga merupakan tempat yang digunakan sebagai tempat memancing.

5. Ombak yang tenang dan garis pantai yang panjang

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pantai di Ketapang ini memiliki garis pantai yang panjang. Hal tersebut tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi anda yang suka berjalan-jalan di pantai sambil menikmati keindahan alamnya. Anda bisa menikmati pemandangan laut yang tenang dengan pasir hitam di kawasan pantai ini.

Apalagi air laut di pantai ini juga sangat jernih. Anda bisa leluasa bermain air atau berenang di pantai. Ditambah lagi dengan lautnya, ombaknya cukup tenang sehingga cukup aman jika ingin bermain air.

6. Air laut yang bersih dan jernih

Air laut di kawasan wisata ini cukup bersih dengan warna pirus. Sehingga Anda bisa melihat ikan-ikan kecil dan berbagai tumbuhan yang hidup di bawahnya. Warna-warna cerah dan suara deburan ombak mampu menjernihkan pikiran saat berkunjung ke pantai ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai KetapangKredit Gambar: Facebook Mizan Anwar

Objek wisata Pantai Ketapang ini terletak di Dusun Ketapang, Pringgabaya, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Untuk rute menuju pantai ini, Anda bisa melalui Mataram. Dari Mataram, jarak yang akan Anda tempuh sekitar satu setengah jam atau sekitar 71 km.

Jalan menuju kawasan wisata pantai ini relatif mudah untuk dilalui. Akses jalan yang dimiliki cukup baik, walaupun 3 km terakhir menuju tempat ini memiliki jalan yang agak kurang lebar, tidak seperti jalan raya umum. Tapi itu bukan masalah besar, apalagi kamu bisa menikmati pemandangan indah di sepanjang jalan.

Dalam perjalanan menuju pantai yang satu ini, Anda akan menemukan pemandangan menghijau yang memanjakan mata. Di pinggir jalan menuju pantai ini, terdapat hamparan sawah yang terlihat begitu asri. Selain persawahan, Anda juga akan melewati kebun kelapa yang bisa lebih menyejukkan hati dan pikiran.

Harga tiket masuk wisata pantai

Harga Tiket Masuk Pantai KetapangKredit gambar: Instagram M dikitaufik

Pantai Ketapang belum memiliki pengelola khusus yang secara resmi mengelola kawasan wisata ini, baik masyarakat sekitar maupun kawasan. Untuk itu, tidak ada biaya atau tiket yang dikenakan untuk memasuki area ini. Artinya kamu bisa masuk ke pantai ini secara gratis.

Namun, bagi pengunjung yang membawa kendaraan, Anda akan dikenakan biaya parkir. Untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya sebesar Rp 2000,- dan untuk kendaraan roda empat sebesar Rp 5.000,-.

Objek wisata pantai ini dapat diakses setiap saat, karena tidak ada jam buka khusus di lokasi ini. Namun jika ingin berkunjung ke kawasan wisata ini, waktu terbaik yang disarankan adalah pagi hari saat matahari mulai muncul.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Ketapang

Aktivitas Seru di Pantai KetapangKredit gambar: Instagram FUTSAL BATUYANG

1. Memancing seru di dek pantai

Pantai Ketapang bisa menjadi tempat yang sangat cocok dijadikan sebagai tempat memancing. Ada berbagai jenis ikan yang bisa Anda dapatkan saat memancing di kawasan pantai ini. Tak heran, saat liburan cukup ramai pengunjung yang datang untuk memancing.

Selain bisa memancing dari anjungan, Anda juga bisa memancing dari dermaga yang sudah dibangun. Tempat-tempat di sekitar kawasan wisata pantai ini juga sangat teduh dan menciptakan suasana yang tenang. Suasana ini bisa membuat ikan memakan umpan pancing Anda dengan mudah.

2. Upacara Buntung Rebo

Kegiatan menarik selanjutnya adalah mengikuti upacara Rebo Buntung. Upacara ini berlangsung setahun sekali, yaitu pada hari Minggu ketiga bulan Safar. Upacara ini diadakan untuk menyambut maulid Nabi yang juga bertujuan untuk mensucikan diri di perairan. Semua kelompok umur dapat mengikuti upacara turun temurun ini, dari anak-anak hingga orang tua.

3. Lihatlah keindahan matahari pagi

Kawasan pantai ini sangat cocok sebagai tempat menyaksikan matahari terbit. Segarnya udara pagi di kawasan wisata pantai ini juga menambah sejuknya suasana. Rona jingga yang memantul di perairan pantai bisa membuat siapa saja terpesona saat melihatnya.

4. Menikmati keindahan pantai sambil berolahraga

Kredit Gambar: Instagram S.A.

Dengan garis pantai yang panjang dan pasir yang cukup padat, tempat ini sangat cocok dijadikan tempat berolahraga. Anda bisa jogging atau yoga sambil menikmati keindahan alam yang ditawarkan di Pantai Ketapang. Kegiatan ini pasti akan memberi Anda pengalaman yang menarik.

Anda bisa melakukan aktivitas olahraga ini di pagi hari, agar terlihat segar dan cantik di pagi hari. Juga untuk mendapatkan ketenangan, karena pada sore hari kawasan wisata pantai yang indah ini sudah ramai pengunjung.

5. Bersantai di tepi pantai

Memiliki suasana yang menenangkan, pantai ini cocok sebagai tempat bersantai sambil menikmati keindahan hamparan laut dengan ombak yang tenang dan hijaunya berbagai tanaman yang ada. Suasana yang tercipta di pantai ini bisa menenangkan pikiran Anda dari segala hiruk pikuk aktivitas sehari-hari.

6. Berburu Foto

Aktivitas berfoto ini tentunya tidak boleh dilewatkan saat liburan Anda. Apalagi jika Anda sedang berlibur di Pantai Ketapang, jangan lewatkan momen untuk mengabadikan kenangan dengan keindahan alam pantai yang menawan ini.

Ada banyak spot foto yang menarik di pantai ini. Misalnya saja jembatan di tengah pantai yang juga merupakan perpaduan yang sangat menarik antara pasir hitam dan air laut yang dijadikan latar belakang saat berfoto. Saat anda datang di pagi hari, anda juga tidak boleh melewatkan momen untuk mengambil foto sunrise dari matahari terbit yang terlihat begitu indah.

Penginapan murah dekat pantai

Kredit gambar: Google Maps Iman Hidayat Ramsani

1. Villa Inn Pekosong

Hostel pertama yang terdekat adalah Villas Inn Pekosong. Hostel ini terletak di Jalan Raya Pringgabaya dan hanya berjarak sekitar 5 km dari pantai atau dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Fasilitas yang disediakan di hostel ini antara lain akses wifi, taman yang asri, antar jemput bandara, parkir dan juga sarapan pagi.

2. Pondok Tepi Laut Samawa

Hotel yang memiliki kamar eksotis ini bisa menjadi daftar pilihan akomodasi saat Anda berlibur di Pantai Ketapang. Hotel ini menawarkan layanan pribadi yang sangat ramah yang membuat Anda merasa seperti di rumah sendiri. Fasilitas yang ditawarkan cukup lengkap seperti wifi dan sarapan gratis, restoran, kafe, tempat parkir yang luas dan lain-lain.

3. Penerimaan asrama

Tempat ini bisa menjadi alternatif akomodasi murah saat Anda berlibur di pantai cantik di Lombok Timur ini. Hostel ini memiliki kamar unik dengan dinding kayu. Di sini juga terdapat kolam air yang dikelilingi gazebo-gazebo cantik beratap rumbia. Selain itu, hostel ini juga bisa menjadi pilihan bagi Anda yang membawa anak kecil.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai KetapangKredit Gambar: Instagram dimas yayang

Fasilitas di kawasan Pantai Ketapang antara lain warung makan, mushola, toilet, tempat bilas, dan beberapa tempat duduk. Dengan hadirnya beberapa fasilitas tersebut diharapkan mampu memenuhi kebutuhan sekaligus memberikan kenyamanan dan rasa aman bagi setiap pengunjung yang datang ke pantai ini.

Selain itu, di kawasan pantai ini juga terdapat fasilitas jembatan yang dapat digunakan sebagai tempat memancing bagi anda yang ingin memancing di pantai ini. Ada juga area seperti trotoar yang bisa digunakan untuk bersantai dan duduk di tepi pantai sambil menikmati keindahan deburan ombak dan sejuknya angin laut.

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi berupa mobil atau motor juga tidak perlu khawatir dan bingung harus memarkirnya dimana. Pasalnya, di pantai ini terdapat area parkir kendaraan yang cukup luas. Sehingga Anda bisa menikmati berbagai aktivitas dengan rasa tenang tanpa mengkhawatirkan keselamatan kendaraan.

Demikian atraksi, rute, kegiatan bermanfaat, akomodasi terdekat dan fasilitas yang tersedia di Pantai Ketapang, Lombok Timur. Sarana dan prasarana serta akses jalan menuju objek wisata ini cukup memadai bagi para pengunjung untuk berlibur dan menikmati keindahan pantai yang hadir dengan lebih menyenangkan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button