Pantai Gondo Mayit, pantai indah yang tidak seseram namanya - WisataHits
Yogyakarta

Pantai Gondo Mayit, pantai indah yang tidak seseram namanya

TEMPO.CO, jakarta – Nama pantai ini mungkin membuat Anda merinding, tapi pantai ini sama sekali tidak mencerminkan namanya. Pantai Pasetran Gondo Mayit sebenarnya merupakan salah satu pantai terindah yang menjadi destinasi wisata baru.

Pantai ini terletak di pesisir selatan Jawa, tepatnya di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Untuk menuju ke sana, dibutuhkan waktu sekitar satu jam dari Kota Blitar menuju Kademangan dan Tulungagung, kemudian ikuti petunjuk arah menuju Tambakrejo.

Adapun asal usul nama pantai, sulit dipastikan. Menurut penduduk setempat, banyak mayat ditemukan di pantai selama masa kolonial, sehingga ada bau yang tidak sedap di sekitar pantai. Gondo Mayit sendiri berarti bau mayat dalam bahasa Jawa.

Cerita lain mengatakan bahwa Gondo Mayit berasal dari bau harum bunga dan dupa yang biasanya diletakkan di samping makam. Cerita tersebut berkaitan dengan keberadaan Petilasan atau “Pasetran” di atas bukit di sisi timur pantai, yang biasa digunakan oleh sejumlah orang yang hendak bertapa.

Suasana pantai pada Jumat 21 Oktober 2022 tidak terlalu ramai. Ada beberapa kelompok wisatawan yang menikmati pemandangan pantai.

Dengan langit yang cerah, pengunjung dapat menikmati matahari terbenam yang menunjukkan tanda-tanda senja. Keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai lain di pesisir selatan Jawa.

Meski namanya terdengar seram, pantai sepanjang 1 kilometer ini merupakan tempat liburan akhir pekan yang menyenangkan. Pasirnya putih dan lingkungan sekitarnya bersih dan sepi karena wisatawan masih jarang dikunjungi.

Wisatawan juga bisa puas berfoto dengan latar belakang pantai, laut, dan perbukitan yang indah. Wisatawan yang lelah bermain di Pantai Gondo Mayit bisa makan di sejumlah warung makan yang dikelola warga desa setempat yang menjual berbagai jenis olahan hasil laut lokal. Salah satunya adalah ikan laut asap yang dilumuri saus kacang dan lalapan serta kelapa muda.

Baca juga: 5 Pantai Eksotis di Yogyakarta Selain Parangtritis

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terbaru dan berita unggulan dari Tempo.co di saluran Tempo.co Update Telegram. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button