Pantai Goa Cemara, pantai indah berpadu dengan hutan pohon cemara di Bantul Jogja - WisataHits
wisatahits

Pantai Goa Cemara, pantai indah berpadu dengan hutan pohon cemara di Bantul Jogja

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam Alamat: Jl.Palang Selatan, Patihan, Gadingsari, Kec. Sanden, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Saat mengunjungi wilayah selatan Yogyakarta, pemandangan laut yang indah adalah sesuatu yang sangat umum. Di kawasan ini memang terdapat beragam pilihan pantai yang menarik untuk dikunjungi. Salah satu pantai indah yang dikelilingi hutan adalah Pantai Goa Cemara, Bantul.

Tempat wisata pantai ini memiliki banyak pohon cemara seperti namanya. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa tempat wisata ini menjadi tujuan wisata, baik domestik maupun mancanegara. Destinasi wisata alam bahari ini akan memberikan pengalaman yang tak terlupakan bagi siapa saja yang mengunjunginya.

Selain itu, lokasinya yang tidak terlalu jauh dari tempat wisata lainnya juga menjadi alasan untuk menjadikannya tempat liburan yang ideal. Waktu yang dihabiskan juga akan lebih berharga jika dilakukan bersama teman atau keluarga. Berbagai jenis kegiatan juga dapat dinikmati wisatawan karena pengelola telah menyiapkan berbagai fasilitas yang memadai.

Objek Wisata Pantai Goa Cemara

Pantai Goa CemaraKredit Gambar: Google Maps Pantai Goa Cemara

1. Gelombang yang menenangkan

Objek wisata alam ini memiliki ombak yang tidak terlalu deras dibandingkan kebanyakan tempat lainnya. Hembusan angin yang bertiup ke arah daratan membawa ombak yang indah. Ombaknya yang tidak terlalu besar membuat pantai ini cukup aman untuk dijadikan arena bermain.

Keindahan pemandangan yang begitu mempesona akan dibuat semakin syahdu dengan alunan sonik deburan ombak. Hal inilah yang membuat sebagian orang tertarik untuk datang langsung ke Pantai Goa Cemara.

Bukan hanya alamnya yang begitu indah dan unik, namun suasana di sekitarnya pun tak kalah menawan. Berkunjung ke sini memang akan membuat hati lebih tenang dan pikiran lebih jernih.

Pemandangan alam yang ada sangat cocok dengan hembusan angin yang bertiup. Semua ini akan semakin indah jika dihabiskan bersama keluarga, sahabat atau orang tersayang.

2. Pasir putih lembut

Salah satu alasan yang membuat pantai ini menarik adalah keindahan pasir yang dimilikinya. Pasir di pantai ini berwarna cerah dan memantulkan cahaya saat matahari menyinari permukaannya. Pasir di sini juga memiliki tekstur yang sangat lembut, sehingga terasa sangat nyaman di tangan atau kaki Anda.

Beberapa karang ditemukan di tempat ini, itulah sebabnya pengunjung dapat berjalan di sepanjang pantai tanpa mengenakan sandal atau sepatu. Namun, wisatawan harus berhati-hati untuk tidak berlari saat berjalan tanpa alas kaki di atas pasir. Beberapa benda mungkin ada di sana dan menyebabkan cedera.

Yang membuat destinasi wisata ini begitu asyik untuk dijelajahi adalah hamparan pasirnya yang luas. Hamparan pasir pantai membuat pengunjung leluasa bermain di sini. Pasir pantai ini bahkan meluas hingga ke areal tempat tumbuhnya pohon cemara.

Hutan pinus dengan pasir di bawahnya menjadi tempat yang menarik untuk selfie. Meski bukan satu-satunya pantai di wilayah selatan Jogja yang memiliki pasir putih yang sangat lembut, namun pantai Goa Cemara memiliki keindahan tersendiri.

Keberadaan pohon cemara menyebabkan banyak buah atau biji pinus berjatuhan di atas pasir, yang membuat pantai ini terlihat unik. Bahkan, banyak pengunjung yang mengoleksi buah pinus sebagai pengganti pernak-pernik karang.

3. Mercusuar Tinggi yang Ikonik

Keberadaan mercusuar ikonik membuat pantai ini semakin indah. Mercusuar Pantai Goa Cemara memiliki ketinggian lebih dari 30 meter. Ketinggian ini bisa dimanfaatkan pengunjung untuk melihat keindahan pantai secara luas. Anda bahkan bisa berfoto selfie dari atas menara ini. Tak pelak, Anda akan terpesona saat pertama kali melihatnya.

Keberadaan mercusuar ini membuat tempat wisata ini sangat sempurna. Pengunjung yang hadir bisa langsung melihat pemandangan alam yang tersaji di atas gedung ini. Namun, menara ini hanya bisa dinaiki oleh dua orang.

Kapasitas mercusuar yang terbatas seringkali mengecewakan wisatawan yang mengunjunginya. Bagi pengunjung yang tidak sempat mendaki mercusuar, bisa juga berfoto dengan latar belakang menara. Pemandangan yang tak kalah indah saat mendaki menara ini.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Alamat Pantai Goa CemaraKredit Gambar: Krisis Google Maps

Pantai Goa Cemara terletak di Kabupaten Bantul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Lokasi tepatnya berada di kawasan Gadingsari, Kecamatan Sanden. Destinasi wisata alam yang indah ini terletak di Jalan Lintas Selatan. Untuk menuju lokasi pantai, Anda bisa berkendara menuju lokasi.

Untuk memulai perjalanan, Anda harus menuju barat daya dari kota Yogyakarta menuju kabupaten Bantul. Jika Anda sampai di sana, ikuti arah selatan dan beberapa rambu jalan yang akan mengarahkan Anda ke kecamatan Saden. Selanjutnya, menuju ke sebuah daerah bernama Gadingsari.

Untuk mendapatkan akses penuh untuk menjelajahi semua sisi tempat, pengunjung Pantai Goa Cemara perlu membayar tiket masuk. Tidak perlu khawatir karena tiketnya hanya berharga sekitar 5.000 rupee. Dengan biaya semurah itu, wisatawan bisa leluasa menikmati seluruh kawasan di sekitarnya.

Jika wisatawan pergi ke sana dengan kendaraan sendiri, tentunya mereka juga harus membayar biaya parkir. Tarifnya juga cukup murah karena dapat dijangkau oleh berbagai kelompok.

Bagi yang menggunakan kendaraan roda dua hanya dikenakan biaya parkir sebesar Rp 3.000 saja. Namun, bagi yang membawa mobil harus membayar dengan harga yang sama dengan tiket masuk, yaitu 5.000 rupee.

Aktivitas Menarik Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Goa Cemara

Aktivitas Pantai Goa CemaraKredit gambar: Google Maps Shirley Xiao

1. Luangkan waktu sejenak untuk berteduh di bawah pohon

Berkunjung ke Pantai Goa Cemara pasti tidak lengkap jika Anda meninggalkan aktivitas ini begitu saja. Pohon cemara yang terlihat sangat rindang di sekitar pantai tentu akan menarik pengunjung. Menikmati pemandangan di bawah pohon pinus akan memberikan perasaan yang sangat berbeda namun melegakan.

Area hutan pinus di sini cukup luas sehingga tidak perlu berebut jika ingin melakukan aktivitas ini sendirian. Untuk menambah kesan, Anda bisa piknik di sana. Menikmati bekal yang dibawa sambil melihat keindahan laut pasti menjadi sesuatu yang menarik.

Tak sedikit yang sangat mengapresiasi pemandangan pantai dengan kombinasi pasir dan air laut yang jernih dari area pepohonan. Beristirahat sejenak untuk melepas penat dari hiruk pikuk aktivitas sehari-hari sangat cocok di bawah pohon pinus.

2. Beli pernak-pernik untuk kenang-kenangan

Tempat wisata ini cukup fenomenal karena sudah banyak dikenal masyarakat. Ada juga beberapa gerai yang menjual berbagai pernak-pernik khas ala pantai pada umumnya.

Dengan begitu, pengunjung bisa membeli pernak-pernik sebagai oleh-oleh. Harganya juga masih cukup terjangkau untuk kawasan wisata. Jadi tidak perlu khawatir kantong Anda akan kosong.

3. Perburuan Potret Estetis

Ini adalah sesuatu yang pasti akan dilakukan wisatawan yang mengunjungi Pantai Goa Cemara. Dengan beragam pemandangan yang disajikan, tentunya akan sangat mudah untuk menemukan titik yang tepat untuk berfoto selfie.

Banyak sekali tempat-tempat indah yang bisa dijadikan sebagai background untuk berfoto. Anda bisa berfoto di pantai yang indah, dekat mercusuar, di bawah pohon pinus dan sejenisnya.

4. Berjalan di seluruh permukaan pantai

Aktivitas Menarik di Pantai Goa CemaraKredit gambar: Twitter @gembel_motret

Tempat wisata ini memiliki area pasir yang cukup luas menjadi objek yang tepat bagi wisatawan untuk menjelajah segala sisi. Banyak hal yang bisa ditemukan dan membuat liburan semakin menarik. Pantai Goa Cemara memiliki begitu banyak pesona yang sayang jika tidak bisa dinikmati.

Daerah berpasir tidak kalah menarik untuk dijelajahi. Pengunjung dapat menjelajahi area lain, seperti mengunjungi mercusuar. Berada di sana akan membuat perjalanan semakin menarik. Hal inilah yang pada akhirnya membuat banyak orang ingin datang ke tempat wisata tersebut.

5. Manfaatkan angin dengan ombak di tepi

Bagi Anda yang tinggal di perkotaan dan jauh dari pantai yang masih alami, tentunya Anda akan merasa senang saat berada di sini. Hembusan angin yang bertiup di pantai ini cukup ringan. Itulah sensasi yang bisa dirasakan oleh pengunjung yang datang.

Menikmati pantai memang tidak ada habisnya. Bermain air di pantai bertelanjang kaki adalah hal yang biasa bagi pengunjung.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantai

Akomodasi Dekat PantaiKredit gambar: Google Maps Lynn Hotel By Horizon

1. LYYN Hotel oleh Horizon

Rekomendasi lain yang lebih dari satu mil dari objek wisata adalah hostel ini. Dengan tipe kamar yang berbeda dan fasilitas yang beragam, pengunjung hanya bisa merasakannya dengan membayar kurang dari 500.000 untuk setiap kamar. Bahkan ada yang hanya menghabiskan biaya 300.000 per malam.

2. KJ Hotel Yogyakarta

Tempat ini terlihat cukup mewah untuk dijadikan akomodasi saat berwisata ke destinasi tersebut. Berbagai jenis fasilitas seperti AC hingga jaringan internet dari wifi bisa didapatkan dengan mudah. Namun, harganya cukup murah untuk pengaturan yang mumpuni. Karena itulah, hostel ini cocok menjadi pilihan wisatawan.

3. Rajaklana Resort Villa & Spa

Tempat yang cukup mewah ini bisa menjadi pilihan yang tepat bagi pengunjung Pantai Goa Cemara untuk bermalam. Lokasinya tidak terlalu dekat, namun cukup layak untuk dijadikan persinggahan beberapa malam. Berbagai fasilitas dapat dinikmati oleh pelanggan yang datang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Goa Cemara Bantul

Fasilitas Pantai Goa CemaraKredit gambar: Google Maps Riza A. Raafigani

Seperti tempat wisata lainnya, pantai ini juga memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai. Ada beberapa warung makan yang siap melayani pengunjung.

Selain itu, beberapa kabin toilet dan mushola juga terletak di sana. Tempat parkirnya juga cukup luas untuk menampung banyak kendaraan wisata.

Daerah Yogyakarta dengan begitu banyak pantai memang sangat bagus untuk dijadikan tujuan wisata para traveller. Di antara sekian banyak objek wisata bahari yang ada, Pantai Goa Cemara sepertinya menjadi destinasi ideal bagi mereka yang menginginkan sensasi berbeda dengan pemandangan pasir, laut, pepohonan yang tercemar dan berbagai hal lainnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button