Pantai Gatra Malang Selatan - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Gatra Malang Selatan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Gatra termasuk dalam Cagar Alam Mangrove Clungup di Malang Selatan. Wisata bahari yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan seperti Raja Ampat.

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sendang Biru, Kec. Sitiarjo, Kab. Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Gatra merupakan salah satu destinasi wisata yang wajib dikunjungi. Tempatnya yang eksotis tidak kalah dengan pantai-pantai di Bali. Pasir putihnya sangat bersih dan halus, nyaman untuk duduk dan berjalan. Pengunjung tidak begitu ramai. Karena pihak pengelola sengaja membatasi jumlah orang yang boleh masuk.

Garis pantainya cukup panjang untuk dilalui untuk menikmati semilir angin pantai dan suara deburan ombak. Menjadi salah satu daerah Raja Ampat di Malang, Jawa Timur. Tempatnya bersih dan sangat terlindungi dari kerusakan akibat ulah tangan pengunjung yang nakal. Karena tidak semua diperbolehkan masuk kecuali memenuhi persyaratan tertentu dari pengelola.

Pengelola juga menyediakan beberapa fasilitas penunjang umum untuk digunakan pengunjung. Selain itu, ada juga tiket yang bisa dibayarkan saat ingin memasuki kawasan Pantai Gatra dengan nominal yang sudah ditentukan. Ada banyak yang harus dilakukan di sana, yang tidak akan mengecewakan.

Atraksi Pantai Gatra

Atraksi Pantai GatraKredit gambar: Google Maps Andoru Ray

Pantai Gatra merupakan salah satu pantai di Kabupaten Malang yang selalu bersih dan sepi. Pantai tersembunyi yang bersih dari sampah pengunjung. Pihak pengelola juga tidak menargetkan jumlah pengunjung. Karena memang diperuntukkan sebagai tempat konservasi ketimbang tempat wisata.

1. Pantai yang indah dan terawat

Dipastikan tidak ada sampah dari pengunjung yang berserakan. Jika terlihat kotor, itu adalah bawaan dari arus air laut yang terbawa ke pantai. Hal ini dikarenakan setiap pengunjung yang dengan sengaja meninggalkan sampah akan ditindak tegas oleh pengelola sesuai kesepakatan sebelum masuk.

Uniknya disini, setiap pengunjung akan mendapatkan edukasi tentang kebersihan dan kelestarian flora atau fauna di pantai sejak awal masuk. Pengelola akan menjelaskan bahwa setiap pengunjung memahami aturan yang harus diikuti selama mereka menginap.

Setiap bagasi diperiksa sebelum masuk dan diperiksa ulang setelah meninggalkan tempat. Bagasi yang berpotensi menyumbang pemborosan akan ditulis untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan karena melanggar aturan. Setiap orang diundang untuk membawa kembali sampah yang mereka bawa selama jalan-jalan.

2. Pasir putih bersih

Pasir putih bersih nyaman digunakan untuk aktivitas dan bermain pasir. Pantai melintang cukup lebar untuk memberikan kemungkinan yang lebih fleksibel untuk bermain di area pasir. Bersantai bersama menikmati pemandangan laut yang luas bisa menjadi pilihan utama untuk menghabiskan waktu Anda di Pantai Gatra.

Pengunjung yang datang ke pantai ini dapat berpartisipasi dalam pelestarian hutan bakau dengan memberikan sumbangan yang tulus. Sejarah mencatat bahwa kawasan pesisir ini berada pada masa kelam, ketika harus berubah dari lahan Magrove menjadi lahan pertanian warga.

Akibatnya, banyak daerah yang tidak terurus menjadi tandus dan terbuka. Akhirnya masyarakat mulai sadar dan kemudian bersama-sama dengan pemerintah berusaha memperbaikinya dengan menjadikannya sebagai kawasan konservasi mangrove dan hutan lindung.

3. Pemandangan Bukit Kapur

Daya tarik lain dari Pantai Gatra adalah pemandangan indah perbukitan kapur di sekitar hutan mangrove. Ditambah dengan sebaran batu karang yang mempesona. Maka tidak heran jika kebanyakan pengunjungnya adalah anak muda, bukan orang dewasa atau keluarga.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Gatra

Alamat Pantai GatraKredit gambar: Google Maps Suryo 2002

Pantai Gatra, tempat konservasi yang banyak dikunjungi wisatawan karena keindahannya. Terletak di kawasan Biru Sedang, yang berada di wilayah administrasi Kabupaten Malang bagian selatan, Jawa Timur. Saat ini akses menuju lokasi sudah ditingkatkan dan mudah ditemukan dengan berbagai arah menuju lokasi.

Jika Anda pergi dengan kendaraan pribadi, Anda dapat mengambil akses ke kawasan Turen. Setelah itu, Anda bisa mengikuti rambu-rambu jalan yang ada, menuju tujuan Sendang Biru. Sesampainya di kawasan Mediumbiru, Anda bisa menanyakan arah kepada masyarakat sekitar untuk menuju ke bank BRI terdekat.

Setelah itu akan ada petunjuk arah menuju pantai yang bisa Anda temukan di daerah sekitarnya. Dari arah ini Anda bisa mengaksesnya dengan jalan Pantai Clungup. Ada jalan setapak yang sudah dibangun sepanjang 1,3 KM berupa jalan tanah. Kondisi akan semakin memburuk saat musim hujan. Hanya dua roda yang bisa masuk.

Setelah itu, sekitar 500 meter harus ditempuh dengan berjalan kaki untuk mencapai lokasi. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan roda empat sebaiknya memarkirnya di area TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Jangan khawatir tentang keamanan karena ada penjaga yang bertugas, dan tentu saja Anda harus membayarnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Gatra Malang Selatan

Harga Tiket Masuk Pantai Gatra Malang SelatanKredit gambar: Google Maps Massimiliano Lori

Saat memasuki kawasan konservasi Pantai Gatra, tentunya ada tiket yang harus dibayar. Ada yang bilang tidak ada target minimal bayar karena menggunakan sistem infaq. Namun, ada juga yang mengatakan bahwa ada jumlah dengan nominal tertentu yang harus dibayar saat masuk.

Harganya sekitar 10.000.-/orang, belum termasuk biaya parkir. Pengunjung yang membutuhkan pemandu untuk menemani perjalanan agar lebih aman harus mengeluarkan biaya tambahan Rp 50.000-100.000 untuk rombongan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Gatra Pantai

Aktivitas menarik Pantai GatraKredit gambar: Google Maps Faiz Falsahadi

1. Kunjungi pulau-pulau karang yang indah

Sebagai salah satu pantai di Kabupaten Malang, tempat ini tidak terlalu terkenal dibandingkan dengan pantai lainnya. Namun, ada hal unik yang bisa Anda nikmati selama berkunjung, yaitu pemandangan pulau-pulau kecil yang berbentuk seperti karang hijau. Menjadi pemecah ombak sehingga menjadi lebih tenang.

Sama seperti di Raja Ampat di Papua, keberadaannya juga bisa menjadi spot foto terbaik. Saat ombak sedang rendah, Anda bisa menyeberangi pulau. Dari sini Anda bisa melihat berbagai biota laut kecil yang hidup di sana. Pengalaman ini tentu sayang untuk dilewatkan, karena tidak ditemukan di banyak tempat lain.

2. Perkemahan

Pada siang hari, pemandangan akan terlihat begitu jelas karena terkena sinar matahari. Sehingga semua keindahan alamnya terekspos ke mata Anda tanpa batas. Namun, pagi hari di Pantai Gatra tak kalah menawan, dengan pemandangan indah matahari terbit berseri-seri indah.

Malam hari di pantai ini juga semakin memesona ditemani deru ombak dan juga pemandangan laut lepas yang menyejukkan. Dengan sedikit cahaya, serta sinar bintang dan bulan menambah suasana romantis. Untuk memanfaatkannya, Anda bisa berkemah, ada juga persewaan tenda dan peralatan lainnya.

3. Jalan-jalan di pantai

Lokasinya yang bersebelahan dengan tempat wisata lainnya, memungkinkan Anda untuk berjalan-jalan di pinggir pantai. Jika Anda memiliki lebih banyak waktu sekitar 2-3 jam Anda dapat menemukan pantai lain di sepanjang jalur konservasi.

Beberapa pantai yang bisa Anda temukan antara lain Pantai Bangsong, Tiga Warna, Teluk Asmoro, Savana dan Pantai Mini. Mereka ada di sekitar Jalur Konservasi Pantai Gatra, yang juga banyak dikunjungi karena keindahan pemandangannya.

4. Lihat Kawasan Konservasi Mangrove

Sebagai pengunjung pantai ini, Anda diperbolehkan untuk melihat dan menjelajahi kawasan hutan mangrove yang ada. Pemandangan hutan sangat alami dan indah. Selain itu, harus diingat juga bahwa wajib bagi Anda untuk menjaga kebersihannya sesuai dengan aturan dan kesepakatan di awal pintu masuk.

Kawasan hutan mangrove dapat diakses dari pantai Gatra hingga kawasan pantai Clungup. Jika Anda khawatir tersesat atau lebih aman, Anda bisa menyewa pemandu. Bepergian dengan rombongan besar lebih murah dan aman.

5. Ambil gambar

Kegiatan yang satu ini tentunya tidak boleh dilewatkan atau dilewatkan, yaitu berfoto selfie bersama untuk mengabadikan momen-momen indah. Karena suasana dan pesona keindahan Pantai Gatra tidak bisa dilewatkan begitu saja tanpa mengabadikannya.

Banyak sekali spot foto yang bagus dan bisa dijadikan sebagai pemanis timeline media sosial kamu. Diantaranya adalah pulau karang hijau, hutan bakau dan pemandangan laut lepas dengan pasir putih yang lembut.

6. Latihan

Selain berkemah, berfoto dan menjelajahi kawasan konservasi hutan bakau yang dilindungi, Anda juga bisa berolahraga. Garis pantai yang luas dan pasir putih yang lembut sangat ideal sebagai tempat olahraga.

Kegiatan yang dapat Anda lakukan antara lain voli pantai dan sepak bola pantai. Anda dapat membawa peralatan dari rumah, karena tidak ada lokasi penyewaan di sana. Selama ini, ombak tidak cocok karena ombaknya terlalu tenang.

Penginapan murah di sekitar pantai Gatra

Penginapan murah di sekitar pantai GatraKredit gambar: Google Maps Dessy Anggraeny

1. Homestay Dhilpratis

Penginapan murah dengan lokasi strategis dekat dengan lokasi pantai cantik ini. Harga yang ditawarkan juga cukup murah dengan fasilitas kamar yang nyaman, pelayanan 24 jam, dan kipas angin ekstra. Harga menginap yang harus dibayar adalah Rp 266.000,- per malam.

2. Ariesta Homestay

Salah satu hostel yang berada di kawasan Sendang Biru dan dekat dengan lokasi pantai Gatra. Fasilitas yang ditawarkan nyaman, dengan beberapa layanan pendukung. Harganya juga lebih murah, sekitar Rp 180.000 per malam. Selain itu juga dekat dengan tempat lain, seperti Medium Biru, Kondang Buntung, dan Waru-waru.

3. Pondok Bambu

Hostel ini sedikit lebih mewah daripada kebanyakan tempat lain. Fasilitas lebih baik dengan tambahan AC untuk melengkapi. Lokasinya di kawasan Tambakrejo, Sendang Biru, dekat dengan pantai. Tentu saja, untuk menginap di sini Anda harus merogoh kocek lebih dari sekitar Rp 337.000 per malam.

4. Hosting Labda Asri

Letaknya di kawasan desa Tambak Rejo, Sendang Biru, dekat dengan pantai. Fasilitas yang ditawarkan sama dengan hostel lainnya. Hanya saja harganya cukup mahal dibandingkan dengan yang lain. Harga yang harus Anda bayarkan adalah Rp 301.000 untuk menginap.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Gatra Malang

Fasilitas di Pantai Gatra MalangKredit Gambar: Google Maps kurniawan santoso

Fasilitas yang tersedia di Pantai Gatra sudah bagus. Pengelola menyediakan jasa pendamping seperti pemandu, serta persewaan peralatan camping yang cukup lengkap.

Fasilitas penunjang lainnya yang bisa Anda gunakan antara lain restoran, akomodasi, parkir, dan toilet umum yang bersih. Pengunjung tidak perlu khawatir ketika lapar dan beraktivitas di pantai karena semua dukungan telah disediakan oleh pengelola.

Ini adalah foto spesial dari Pantai Gatra. Mulai dari rute, atraksi, fasilitas pendukung, akomodasi dan informasi penting lainnya bisa Anda akses. Kebersihan dan keamanannya terjamin, meski sepi tapi asik menikmati keindahannya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button