Pantai Drini: Aktivitas Seru, Fasilitas & Biaya Masuk - WisataHits
wisatahits

Pantai Drini: Aktivitas Seru, Fasilitas & Biaya Masuk

Pantai Drini – Ingin tahu apa yang sedang terjadi di Pantai Drini, Gunung Kidul Jogja? Demikian ulasan lengkap mengenai atraksi, aktivitas wisata seru, fasilitas, harga tiket masuk, jam operasional, alamat/lokasi dan petunjuk arah menuju kesana. Panorama alam disana begitu indah, hamparan pasir putih berpadu dengan air laut yang biru jernih. Itu luar biasa!

Sudah menjadi rahasia umum bahwa pantai merupakan daya tarik wisata utama di Gunung Kidul. Kabupaten ini memiliki deretan pantai yang begitu eksotis dengan pantai pasir putih seperti pulau Bali dan Lombok. Salah satunya adalah Pantai Drini.

Ulasan Lengkap Pantai Drini Gunung Kidul Jogja

Pantai-Drini-Gunung-Kidul-JogjaIlustrasi Pantai Drini di Gunung Kidul Jogja (Foto: Akbarzaiem)

Menurut beberapa sumber, asal mula nama Pantai Drini berasal dari tanaman Pemphis acidula yang dulu banyak tumbuh di sana. Nama lokal tanaman ini adalah Stigi, Setigi, Santigi atau Drini. Nah, orang-orang di sekitar pantai menyebutnya pohon drini. Oleh karena itu, pantai ini dikenal dengan nama Pantai Drini.

Mitos yang beredar di masyarakat adalah bahwa tanaman Pemphis acidula dipercaya memiliki keberuntungan (kekuatan gaib) seperti halnya kayu Dewandaru, Nagasari dan Pulai. Namun pada kesempatan kali ini saya tidak akan membahas tentang pohon drini, karena keindahan pantainya jauh lebih enak untuk dinikmati. Karena keindahannya, pantai ini menjadi tempat wisata Jogja yang menjadi incaran banyak orang.

Keindahan Pantai Drini

Apa saja keunggulan Pantai Drini? Pantai Drini memiliki 2 sisi dengan karakter yang berbeda. Wilayah barat merupakan pantai nelayan sebagai tempat peristirahatan kapal nelayan. Sedangkan sisi timur, berupa hamparan pasir putih yang indah yang sering dikunjungi wisatawan.

Pantai Drini memiliki ombak yang relatif tenang dengan air laut yang jernih. Adanya bukit-bukit karang yang menjorok ke laut dapat menyebabkan ombak pecah sehingga saat mencapai tepian ombak tidak terlalu besar. Ada juga laguna yang cocok untuk berkano karena airnya cukup tenang.

Saat air laut surut, wisatawan bisa melihat ganggang dan biota laut yang terperangkap di antara bebatuan. Jika Anda ingin melihat pantai dari atas, Anda bisa mendaki bukit di sisi kiri pantai. Dari atas bukit karang, Anda akan melihat pemandangan indah di sekitar pantai yang memanjakan mata.

Kegiatan wisata yang menarik di Pantai Drini

Tak kalah bagusnya dengan Pantai Indrayanti, Pantai Drini menawarkan sejumlah aktivitas menarik dan mengasyikkan bagi para wisatawan. Beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di pantai ini antara lain:

  • Bersantai di tenda atau gazebo di tepi pantai sambil menikmati panorama laut biru dan minum air kelapa muda.
  • Bermain dengan pasir.
  • Perburuan foto.
  • Kano dan snorkeling
  • Amati ikan dan spesies laut lainnya di antara bebatuan saat air surut.
  • Penangkapan ikan.
  • Makan berbagai hidangan makanan laut.
  • Naik ke puncak Coral Hill untuk melihat pantai dari atas.
  • Naik dan berkemah di bukit “Puncak Kosakora”.
  • Lihat wisata budaya berupa arak-arakan “sedekah laut” atau “larungan”.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Drini

Di antara sekian banyak pantai di Jogja untuk berlibur, pantai Drini merupakan salah satu pantai yang direkomendasikan oleh Aneka Wisata. Memang fasilitas disana sangat lengkap, ada mushola, area parkir, warung makan, toko oleh-oleh/cinderamata, area/kamar bilas, wahana kano, spot foto, tenda pantai, gazebo dan toilet.

Baca juga : Air Terjun terindah di Jogja yang wajib kamu kunjungi

Harga tiket masuk dan jam buka pantai Drini

Biaya masuk ke kawasan Pantai Drini sekitar 10.000 rupee, sedangkan parkir kendaraan adalah 3-5.000 rupee. Biaya sewa sampan Rp 50.000 sepuasnya, tidak terbatas pada jam bermain, ukuran sampan bervariasi, dapat menampung 1 hingga 4 orang. Pantai ini buka 24 jam sehari, namun loket tiket hanya buka pada jam kerja.

Lokasi/alamat dan rute menuju pantai drini

Pantai Drini terletak di Desa Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta. Lokasinya cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta, sekitar 2 jam perjalanan.

Rute jalan Jogja untuk menuju ke sana, Anda hanya perlu mengarahkan kendaraan ke Gunung Kidul tepatnya Tanjungsari. Dari sana, ikuti saja rambu ke Pantai Drini. Jika Anda bingung, Anda dapat menggunakan Google Map dan bertanya kepada penduduk setempat.

Tips Berkunjung ke Pantai Drini

Rekreasi di Pantai Drini memang mengasyikkan, apalagi jika datang bersama rombongan keluarga dan teman dekat. Namun, sebelum Anda ke sana, ada baiknya Anda menyempatkan diri untuk membaca tips liburan berikut ini agar aktivitas di sana berlangsung dengan lancar dan nyaman.

  • Datanglah saat cuaca bagus. Jika ingin tidak terlalu panas, Anda bisa berkunjung pada pagi atau sore hari.
  • Kenakan pakaian dan sepatu yang nyaman.
  • Gunakan tabir surya atau sunblock untuk melindungi kulit Anda dari panasnya sinar matahari.
  • Bawa pelindung panas seperti topi, payung, dan kacamata hitam.
  • Bawalah baju ganti jika ingin melakukan wahana air.
  • Dilarang berenang di tengah laut.
  • Bawa kamera terbaik untuk mengabadikan setiap momen di sana.
  • Jaga kebersihan pantai dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Jika ingin lebih hemat, bawalah makanan dan minuman dari rumah.
  • Bagi pendatang baru, sebaiknya mengundang pemandu atau seseorang yang sudah tahu jalan menuju ke sana.
  • Pastikan kendaraan Anda dalam kondisi sempurna dan penuh bahan bakar.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai Pantai Drini Gunung Kidul yang layak untuk disimak saat liburan di Jogja. Bagi traveler lain yang sudah pernah ke sana, bisa berbagi lewat kolom komentar. Sekian dari saya, terima kasih sudah mampir di blog saya, semoga bermanfaat.

Source: www.anekawisata.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button