Pantai Congot Kulon Progo, Pantai Hijau Indah, Destinasi Favorit Nelayan - WisataHits
wisatahits

Pantai Congot Kulon Progo, Pantai Hijau Indah, Destinasi Favorit Nelayan

Atraksi, aktivitas, lokasi, dan harga tiket Pantai Congot Sebuah Objek bulat populer di saksi, Kulon Progodi Yogyakarta. Tn. pantaimemberikan pandangan alam yang indah hijau dan menjadi tempat favorit nelayan.

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Pantai Congot, Kandang, Jangkar, Kec. Temon, Kab. Kulon Progo, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Pantai Congot merupakan destinasi wisata yang terletak di sebelah barat Jogja yaitu Kulon Progo. Terletak di antara dua pantai lainnya, yaitu Glagah dan Bugel Peni, Congot banyak dikunjungi pengunjung saat hari raya. Meski terletak di wilayah paling barat Pulau Jawa, pantai ini masih termasuk dalam deretan pantai eksotis.

Pantai ini merupakan salah satu pantai di Kulon Progo yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Inilah salah satu daya tarik Congot. Maka tak heran jika destinasi wisata ini menjadi destinasi yang paling direkomendasikan oleh wisatawan yang berkunjung ke sini.

Selama liburan di Pantai Congot Anda akan menemukan banyak spot foto menarik yang memang sengaja disediakan oleh pengelola pantai ini. Spot foto tersebut tentunya akan menjadi spot foto yang instagramable, terutama bagi para wisatawan remaja. Ingatlah untuk selalu mengabadikan momen saat berlibur di wisata ini.

Tempat Wisata Pantai Congot

Pantai CongotKredit gambar: Google Maps Tria W

1. Tersedia tempat memancing

Ada banyak jenis ikan yang hidup di perairan Kongo. Pengunjung yang menyukai kegiatan ini juga dapat melakukannya selama liburan di pantai ini. Anda bisa membawa alat pancing yang biasa Anda gunakan saat memancing. Warga sekitar Congot juga menjual umpan yang biasa digunakan para nelayan.

Perlu diketahui bahwa pantai ini merupakan pertemuan Sungai Bogowonto. Sungai ini termasuk dalam tipe sungai yang terbentuk dengan air tawar. Ini juga menjadi alasan utama mengapa Congot menjadi tempat terbaik untuk memancing karena banyak ikan air tawar yang hidup bebas di pantai ini dan bisa ditangkap dengan aman.

2. Kuliner Seafood

Setelah lelah memancing seharian di Pantai Congot, Anda bisa menikmati masakan seafood yang tersedia di sana. Banyak warung, serta restoran yang umumnya disediakan untuk pengunjung. Anda bisa menikmati olahan seafood Kulon Progo yang lezat.

Sebagian masyarakat di sekitar Congot berprofesi sebagai pembudidaya ikan. Yang utama yang banyak ditanam di pantai ini adalah ikan segar dan udang. Maka tak heran jika olahan seafood di sana sangat segar dan manis. Menyantap seafood khas Congot sambil menikmati keindahan pantai pasti akan sangat mengasyikkan.

3. Kawasan hutan mangrove

Ada spot menarik yang sayang untuk dilewatkan saat datang ke pantai ini, yaitu hutan mangrove. Pada tahun 1980-an, kawasan Congot digunakan sebagai kawasan yang ditanami hutan mangrove. Selain untuk mencegah abrasi dan erosi pantai, penanaman ini sengaja dilakukan untuk menarik pengunjung.

Untuk bisa mengunjungi ruang terbuka hijau ini, Anda bisa menyeberangi jembatan yang dibangun oleh warga sekitar. Jembatan ini terbuat dari bambu dan menjadi spot foto favorit para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini. Hijaunya hutan bakau menambah kesan alam yang rindang dan asri dengan semilir angin yang sejuk.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Congot

Alamat pantai congotKredit gambar: Google Maps Adhikara Ridhar Vaherza

Congot merupakan salah satu wisata bahari dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Tepatnya berada di Dusun Pasir Mendit, Jetis yang masih berada di kawasan Kulon Progo. Saat berlibur di Jogja, tidak ada salahnya untuk mampir ke destinasi wisata yang satu ini, sambil menghabiskan waktu liburan Anda.

Bagi anda yang ingin berlibur untuk wisata ini dan langsung melalui Jogja, jalur pertama anda adalah Jalan Wates. Setelah Wates, Anda akan diarahkan ke tugu Nyi Ageng Serang Paying. Jika Anda berhasil menemukan patung tersebut, Anda bisa langsung menuju Purworejo.

Tidak hanya sampai di situ, Anda juga akan melewati stasiun Wates saat sampai di Purworejo. Kemudian Anda akan menemukan perempatan yang biasa disebut oleh pengunjung Congot sebagai Jalan Y. Ambil jalur kiri dan terus ikuti jalur tersebut hingga Anda menemukan Jembatan Congot. Kemudian, Anda tinggal mengikuti semua petunjuk yang sengaja dipasang untuk sampai ke pantai ini.

Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi karena akses jalan menuju Congot cukup baik dengan penerangan yang cukup pada malam hari. Untuk menghindari kemacetan saat musim liburan, sangat disarankan untuk berangkat lebih awal atau lebih awal. Saat musim liburan, komunitas pantai ini pasti akan membludak.

Harga Tiket Masuk Pantai Congot Kulon Progo

Harga Tiket Masuk Pantai Congot Kulon ProgoKredit gambar: Google Maps Akhdan Shafwi

Bagi anda yang ingin mengunjungi Pantai Congot sebagai tempat liburan anda bersama keluarga, anda tidak perlu khawatir dengan biaya masuk ke pantai ini. Anda hanya perlu membayar Rp 3000,00 per orang. Tentu saja harganya sangat murah dan tidak begitu sebanding dengan indahnya pemandangan pantai ini.

Pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga tidak perlu khawatir dengan tempat parkir. Ada area khusus untuk pengunjung yang membawa kendaraan. Untuk biaya parkir sendiri, pengelola Congot mengenakan tarif Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk roda empat.

Seolah tidak senang dengan hal tersebut, pengelola pun menawarkan wisata bahari dengan biaya hanya Rp 10.000. Dengan uang tersebut, Anda akan diajak menjelajahi perairan Congot dengan menaiki perahu yang disewakan secara sukarela. Mengambil wisata perahu akan menyenangkan jika dilakukan pada sore hari.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Pantai Congot

Aktivitas seru di pantai CongotKredit Gambar: Google Maps ghufron zaida

1. Berfoto di jembatan api

Bagi pengunjung yang pernah ke pantai Congot pasti tahu tentang jembatan api. Namanya api, tapi bukan berarti api, kan? Jembatan ini berada di hutan mangrove yang tumbuh di sana.

Dibuat dari potongan bambu dan sengaja dibentuk menyerupai Menara Eiffel di Paris, jembatan ini menjadi spot foto favorit. Biasanya banyak pengunjung yang berfoto di jembatan ini.

2. Nikmati fenomena matahari terbenam

Melihat sunset saat berlibur di wisata pantai sudah menjadi hal yang wajib dilakukan. Bahkan berlibur di Congot, Anda juga bisa menikmati indahnya sunset di sore hari.

Sambil menyantap hidangan seafood yang lezat khas orang Congot, pasti akan sangat seru melihat indahnya sunset dari pantai ini. Semilir angin pasti akan menambah suasana pantai yang sesungguhnya.

3. Memancing

Aktivitas seru di pantai CongotKredit gambar: Google Maps Adhikara Ridhar Vaherza

Salah satu daya tarik Pantai Congot adalah tersedianya spot pemancingan bagi wisatawan. Anda yang menyukai kegiatan memancing tentunya juga bisa melakukannya di pantai ini, saat berlibur.

Sebagian besar ikan yang hidup di perairan Kongo adalah ikan air payau. Memang Laut Congot merupakan tempat pertemuan dengan Sungai Bogowonto yang notabene memiliki air tawar. Yang pasti rasa ikannya akan segar dan sangat manis.

4. Saksikan aktivitas para nelayan

Kegiatan menarik lainnya yang tentunya sayang untuk dilewatkan adalah menyaksikan para nelayan Congot pulang kampung setelah berburu ikan. Pemandangan seperti ini pasti sudah menjadi hal yang lumrah ketika penghujung melihat akhir liburan pantai, apalagi saat berkunjung ke Congot.

Biasanya para nelayan mengajak pengunjung untuk melihat hasil tangkapannya. Anda akan menemukan berbagai jenis ikan di Fisherman’s Road. Dari ikan air asin, ikan air tawar, bahkan ikan yang biasa hidup di air payau.

5. Berjalan-jalan di hutan bakau

Aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan adalah mengelilingi kawasan dengan hutan mangrove. Mengelilingi hutan bakau sudah menjadi hal yang biasa bagi pengunjung yang datang dari perkotaan.

Keteduhan hutan bakau berpadu dengan hijaunya dedaunan menciptakan suasana nyaman dan santai. Ini akan sangat cocok untuk Anda yang berkunjung ke Congot dengan tujuan untuk bersantai dan menghindari stres.

Penginapan murah dekat pantai Lokasi

Omah WatesKredit gambar: Twitter Panorama Kulon Progo

1.Omah Wates

Hostel ini rekomendasi untuk ujung Pantai Congot. Terletak di Tawangsari, sangat asri, nyaman dan berkonsep tradisional. Mendapatkan rating hingga lima bintang tentunya bisa Anda jadikan sebagai referensi.

2. Guest House Lovina

Wisma Lovina menawarkan Anda akses langsung ke pantai. Suasana hostel yang bersih dan nyaman menjadi nilai tambah bagi hostel ini. Staf pelayanannya juga sangat ramah, jadi menginap lebih nyaman.

3. Hotel Cordia Yogyakarta

Cordia menawarkan fasilitas mewah bagi pengunjung Congot, salah satunya kamar ber-AC. Hotel ini juga menawarkan Wi-Fi gratis selama 24 jam. Dijamin Anda akan dibuat memilih Cordia sebagai tempat menginap Anda.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Congot Kulon Progo

Fasilitas Pantai Congot Kulon ProgoKredit gambar: Google Maps toni rahadinoto

Pengunjung yang datang ke pantai ini dapat menikmati berbagai fasilitas yang telah disediakan. Fasilitasnya juga cukup lengkap, antara lain toilet, mushola dan tempat parkir. Semua fasilitas ini juga terpelihara dengan baik.

Fasilitas penunjang lainnya, seperti persewaan perahu, pemandu wisata dan akomodasi, dapat Anda temukan dengan mudah di objek wisata ini. Restoran dan tempat makan juga tersedia di sekitar lokasi pantai ini.

Bagaimana, Tertarik untuk mengunjungi Pantai Congot?. Jangan lupa untuk memiliki kacamata hitam yang berguna untuk melindungi mata Anda dari sinar matahari. Gunakan juga tabir surya dan tabir surya agar kulit tidak menggelap.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button