Pantai Bengkulu Panjang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Bengkulu Panjang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Panjang salah satu pantai pasir putih terindah dan unik di Bangkulu. Dengan garis pantai sepanjang 7 km, pantai ini layak untuk dijelajahi karena keindahan alamnya.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Turun, Kek. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu; Kasus: Cek lokasi

Provinsi Bengkulu memiliki bentukan alam yang didominasi oleh pantai-pantai yang terhampar di tepiannya. Dengan cara ini, di kawasan tersebut dapat ditemukan berbagai objek wisata bahari yang akan membuat wisatawan takjub dan terpesona dengan keindahan dan eksotismenya.

Salah satu dari sekian banyak pantai adalah Pantai Panjang di tengah provinsi. Seperti namanya, tempat wisata ini memiliki keunikan tersendiri, terutama karena bentuk dan luasnya. Pantai ini memiliki wilayah yang cukup luas dan membentang beberapa kilometer.

Dengan hamparan pasir putih yang indah, tempat wisata ini menjadi destinasi yang tidak akan mengecewakan pengunjungnya. Lokasinya yang mudah diakses juga menjadi alasan banyak orang singgah di sini. Berbagai hal juga ada seperti tanaman yang akan membuat suasana semakin nyaman.

Atraksi di Pantai Panjang

Atraksi Pantai PanjangKredit gambar: Google Maps Sia Wisa

1. Bentuk permukaan pantai

Tempat wisata di Bengkulu ini memiliki formasi alas yang user friendly bagi siapa saja yang mengunjunginya. Destinasi yang sangat mulus ini memiliki permukaan tanah yang relatif. Ini akan menarik lebih banyak wisatawan karena aman untuk dinikmati. Dari anak kecil hingga orang dewasa pun bisa dengan aman menjelajahi setiap sudutnya.

Bentuknya pun membuatnya selaras dengan lautan yang mengelilingi tempat tersebut. Gelombang laut mendekati pantai secara merata di semua bagian. Dengan begitu, wisatawan yang datang bisa bermain air sesuka hati. Suhunya cukup dingin tergantung kondisi cuaca yang menghiasi laut lepas.

2. Kebersihan pantai yang terjaga

Meski tempat yang sangat indah menampilkan panorama, namun jika terlihat kotor akan mengurangi minat wisatawan yang ingin hadir. Oleh karena itu, pengelola Pantai Panjang di Bengkulu sangat memperhatikan kebersihan. Pengunjung juga sangat disarankan untuk selalu membuang sampah sembarangan dan tidak mengotori pantai.

Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang datang hanya untuk melihat pesona alamnya yang mampu membuat orang terpesona. Wisatawan yang berwisata tidak akan terganggu oleh sampah atau hal lain yang mengotori pantai. Anda dapat bersantai dengan nyaman tanpanya karena kebersihan di sana cukup baik.

3. Kombinasi sempurna dengan vegetasi yang ada

Saat mengunjungi Long Beach, Anda tidak hanya akan mendapatkan pemandangan pantai seperti biasanya. Hal itu tidak hanya untuk memberikan pengalaman berada di tempat dengan pasir putih yang menyatu dengan laut, namun ada berbagai jenis tumbuhan yang hidup menghiasi tampilan destinasi wisata ini.

Vegetasi yang ada membuat pantai menjadi lebih halus dan juga menarik banyak orang. Kehijauan tanaman di sekitarnya terlihat begitu sempurna dengan pasir pantai yang putih dan air laut yang jernih. Itu membuat daerah itu tampak seperti pantai impian dalam dongeng atau cerita fiksi lainnya.

Keadaan ini tentu sangat menarik bagi berbagai kalangan yang ingin berkunjung ke sana untuk sementara waktu. Dengan cara ini, suasana yang dijanjikan tempat itu lebih indah dan menenangkan tubuh dan pikiran. Selain itu, ketika angin laut berhembus setiap jengkal, dapat membuat perasaan lebih nyaman dan tentram.

4. Acara festival tahunan

Daya tarik di Long BeachKredit gambar: Google Maps Sia Wisa

Selain keindahan alamnya, pantai ini juga menawarkan acara yang rutin diadakan di sana setiap tahun. Sebuah festival budaya telah dibuat untuk memeriahkan suasana di pantai yang indah ini. Acara ini biasanya diisi dengan berbagai perlombaan seperti fotografi, olahraga, dll.

Selain itu, juga diadakan acara yang menampilkan budaya lokal. Panggung hiburan didirikan langsung di atas pasir pantai yang lembut untuk para musisi memainkan nomor mereka. Penari lokal pun turut ambil bagian dalam perayaan tersebut. Berbagai penampilan memang sengaja diberikan kepada pengunjung.

5. Berbagai tur yang ditawarkan

Saat memutuskan untuk berlibur ke pantai, pengunjung tidak akan kekurangan cara untuk menikmati setiap detik waktu yang dihabiskan. Tidak hanya berjalan atau duduk diam menyaksikan pemandangan yang indah, Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru.

Dengan ombak yang cukup tinggi, memungkinkan wisatawan untuk berselancar di lautan sekitarnya. Anda juga dapat menemukan persewaan papan selancar sehingga destinasi ini juga wajib dikunjungi bagi mereka yang memiliki hobi berselancar. Selain itu, pantai yang luas juga dapat digunakan untuk berlatih berbagai olahraga seperti berkuda atau bola voli.

Ada juga persewaan sepeda sehingga wisatawan bisa menjelajah tanpa perlu berjalan kaki. Cukup mengayuh sepeda untuk menjelajahi seluruh pantai. ATV juga disediakan untuk menemani wisatawan yang ingin mencoba wahana ini di medan berpasir dan berlumpur di pinggir pantai.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi Long Beach

Alamat Pantai PanjangKredit Gambar: Google Maps Mendidik Sudarsana

Karena bentuknya yang memanjang, pantai ini berada di lebih dari satu kecamatan. Namun, sebagian besar lokasi masih berada di Kota Bengkulu. Karena itulah Pantai Panjang cukup strategis dan mudah dijangkau. Terletak di tiga kecamatan yaitu Teluk Segara, Ratu Agung dan Ratu Samban, objek ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Pantai ini berjarak kurang dari dua kilometer dari jantung ibu kota provinsi Bengkulu. Dengan cara ini, pengunjung dapat berhenti dengan berjalan kaki atau cukup dengan bersepeda. Anda hanya perlu menelusuri jalan Fatmawati dan melanjutkan ke kawasan Ratu Agung. Jika Anda memilikinya, Anda dapat mengambil jalan di kawasan yang disebut Samudera atau jalan wisata untuk sampai ke sana.

Ada sebuah taman yang harus Anda lewati untuk sampai ke tempat yang direncanakan. Taman juga bisa menjadi daya tarik wisata tambahan bagi wisatawan. Ada beberapa kursi yang bisa dijadikan tempat duduk sambil menikmati indahnya taman dan pemandangan laut yang luas serta pantai yang menyertainya.

Tiket Masuk Pantai Bengkulu Panjang

Biaya masuk ke Pantai PanjangKredit Gambar: Google Maps Jeffrianto rian

Tidak berbeda dengan pantai-pantai lain di berbagai pelosok nusantara, untuk menuju pantai ini pengunjung tidak perlu mengeluarkan uang untuk membeli tiket masuk. Setiap orang dapat dengan bebas masuk dan keluar kawasan wisata tanpa harus membayar tarif tertentu. Pantai ini juga terbuka lebar setiap saat tanpa jam tutup.

Namun, jika Anda ingin mengendarai sepeda, sepeda gunung atau kuda yang ditawarkan oleh penduduk setempat, Anda harus membayar biaya sewa. Biaya mengendarai gerobak di sana cukup murah, Rp 30.000 per unit yang bisa diisi empat orang dewasa. Jika ingin memacu adrenalin dengan ATV, Anda harus membayar Rp 50.000 dengan waktu sewa dua puluh menit.

Pengunjung yang ingin menjelajah dengan sepeda di Pantai Panjang harus membayar sewa Rp 20.000 per jam. Ada juga sepeda tandem yang bisa digunakan oleh 2 orang, namun harganya lebih mahal Rp 10.000 dibanding sepeda biasa.

Bagi wisatawan asing maupun lokal yang singgah di pantai indah ini dengan menggunakan kendaraan pribadi atau dengan menyewa harus membayar biaya parkir. Menurut peraturan daerah, biaya parkir untuk kendaraan roda dua hanya Rp 1.000, sedangkan untuk mobil Rp 2.000.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Panjang

Aktivitas Seru di Long BeachKredit gambar: Google Maps Sofyan Komarudin

1. Jelajahi pantai

Inilah yang akan memukau pengunjung dengan keindahan Pantai Unggulan Bengkulu. Tidak hanya berjalan tanpa alas kaki, namun seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, wisatawan bisa menggunakan berbagai moda yang bisa ditempuh. Pasir putihnya yang halus akan membuat kaki Anda merasakan sensasi yang luar biasa ditemani oleh pepohonan yang mengelilinginya.

2. Bermain pasir

Berkunjung ke pantai rasanya kurang lengkap jika tidak melakukan aktivitas ini. Apalagi jika Anda membawa anak kecil, bisa mengasah kreativitas dan daya pikir si kecil. Pasir di sana sedikit bercampur dengan benda-benda berbahaya seperti karang tajam. Dengan air basah, akan lebih mudah untuk membentuk berbagai hal seperti istana kerajaan mini.

3. Berburu Foto

Keindahan pantai yang indah ini akan sangat sayang jika tidak diabadikan dengan mengambil foto melalui kamera pribadi atau handphone. Ada spot foto khas yaitu tulisan jumbo Pantai Panjang tepat di tengah pantai. Tempat ini bisa menjadi latar belakang yang sempurna untuk menghias foto selama kunjungan Anda.

4. Perkemahan

Meskipun ada beberapa tempat menginap di daerah sekitarnya, bermalam tepat di pantai mendirikan tenda sendiri adalah kegiatan yang sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama teman atau kerabat.

5. Berselancar

Pantai ini merupakan salah satu destinasi favorit bagi mereka yang menyukai aktivitas selancar menantang ombak laut. Dengan ombak yang datang langsung dari salah satu samudera terbesar di dunia yaitu Samudera Hindia, para peselancar bisa menikmati aktivitas seru ini.

Akomodasi murah dekat Pantai Panjang

Penginapan di dekat Pantai PanjangKredit gambar: Traveloka.com

1. Amaris Hotel Bengkulu

Lokasinya hanya kurang dari satu kilometer dari tempat tujuan, hotel ini memiliki harga yang cukup murah yaitu sekitar Rp 400.000. Dengan harga seperti itu, para tamu mendapatkan fasilitas berupa AC, wifi, kolam renang, dan ada juga restoran dan tempat parkir yang memadai.

2. Residence OYO 1335 Anie 71

Berjarak kurang dari satu kilometer dari pantai, hostel ini menawarkan biaya sewa sekitar Rp 100.000 hanya untuk tamu. Fasilitas yang ditawarkan adalah wifi, AC, dan tempat parkir kendaraan.

3. Hotel Grage Bengkulu

Berdampingan dengan penginapan lama, tempat ini bisa disewa dengan harga kurang dari Rp 600.000 per kamar. Dengan biaya tersebut, pengunjung dapat menikmati Wifi, AC, kolam renang, dan juga terdapat restoran dan kolam renang.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Bengkulu Panjang

Fasilitas Pantai Panjang BengkuluKredit gambar: Google Maps Windisa Saofa

Beberapa fasilitas seperti tempat parkir dan tempat makan tersedia di sekitar pantai. Selain itu, beberapa titik sengaja dibangun untuk pengunjung berfoto. Beberapa persewaan taman bermain juga ada di sana. Semua ini membuat pengalaman liburan semakin sempurna.

Pantai Panjang merupakan destinasi yang wajib dikunjungi saat berkunjung ke Provinsi Bengkulu. Tempat eksotis ini menawarkan sisi lain dari negara Andalas dengan semua lanskap yang tercipta. Pengunjung dapat menghabiskan momen spesial dan tak terlupakan di hamparan pasir yang panjang.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button