Pantai Batu Tampih, pantai pasir hitam eksotis dengan bukit karang hijau di Tabanan - WisataHits
wisatahits

Pantai Batu Tampih, pantai pasir hitam eksotis dengan bukit karang hijau di Tabanan

Pantai Batu Tampih, pantai pasir hitam eksotis dengan bukit karang hijau di Tabanan

Anda berencana ke Bali dan ingin merasakan pengalaman liburan yang berbeda? Kunjungi Pantai Batu Tampih, pantai berpasir hitam dengan julukan Pantai Perawan Tabanan.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pangkung Tibah, Kec. Kediri, Kab. Tabanan, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Batu Tampih yang terletak di Kabupaten Tabanan, Bali ini memang belum sepopuler Pantai Kuta, Sanur, Jimbaran dan Canggu. Namun, keindahan panoramanya tak kalah dari pantai-pantai legendaris lainnya di Bali yang kerap dijadikan destinasi wisata. Padahal, Pantai Tampih Bali tergolong sepi, sehingga tak heran dijuluki Virgin Beach.

Bagi yang mencari ketenangan dan jauh dari hiruk pikuk suasana perkotaan, Batu Tampih bisa menjadi jawabannya. Selain menawarkan pesona alam yang memukau, ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan wisatawan di Pantai Pasir Hitam. Salah satunya mencari foto keren dan menikmati segarnya air kelapa yang dibeli langsung dari perkebunan warga.

Jarak Kota Tabanan dengan Pantai Tampih sebenarnya tidak terlalu jauh, hanya sekitar dua puluh menit, namun aksesnya memang cukup sulit. Untuk itu, jika ini adalah kunjungan pertama Anda ke pantai, Anda harus berhati-hati saat membaca peta online dan jangan ragu untuk bertanya kepada penduduk setempat.

Daya tarik yang ditawarkan oleh pantai Batu Tampih

Daya tarik pantai Batu Tampih TabananFoto: Google Maps/Makanan Vegan Mary

Keunggulan Pantai Pasir Hitam Batu Tampih tak lepas dari daya tariknya. Apalagi karena pantai ini memiliki pesona alam yang cukup berbeda dengan pantai kebanyakan. Hal tersebut juga membuat wisatawan betah saat menghabiskan waktu di tempat ini.

1. Pantai pasir hitam yang eksotis

Hamparan pasir hitam yang bercampur dengan putihnya buih ombak akan menyambut wisatawan saat menginjakkan kaki di Batu Tampih. Sedangkan untuk pemandangan, mata akan dimanjakan oleh pemandangan alam berupa lautan tenang yang mampu menghadirkan rasa damai. Bagi yang mencari inspirasi atau sekedar penyembuhan, Batu Tampih bisa menjadi pilihan terbaik.

2. Pohon kelapa yang kesepian

Keberadaan pohon kelapa yang berdiri di atas bukit memang menjadi ikon keindahan pantai di Kabupaten Tabanan ini. Pemandangan unik ini tentunya tidak dapat ditemukan di destinasi wisata lainnya. Pasalnya, pohon kelapa terlihat seperti menara dengan dahan-dahannya, terutama saat senja saat langit mulai berubah warna.

3. Bukit Karang Hijau

Di sisi timur pantai yang mempesona ini, terdapat bukit berbatu yang terlihat sangat hijau saat musim hujan. Meski ukuran bukitnya terbilang kecil, namun bisa menambah keindahan destinasi ini. Saat mengunjungi Pantai Batu Tampih, pastikan untuk mengunjungi bukit karena pemandangannya dijamin akan membuat Anda takjub.

4. Air jernih seperti cermin

Saat air laut surut, wisatawan bisa melihat kerikil yang berserakan di pasir pantai. Selain itu, air laut akan terlihat sangat jernih seperti cermin raksasa dan pengunjung bisa bercermin di dalamnya. Perpaduan antara pasir hitam dan air laut yang jernih memang mampu menciptakan kesan yang luar biasa indah.

Alamat dan rute menuju pantai

Alamat Pantai Batu Tampih, TabananFoto: Google Maps/Makanan Vegan Mary

Pantai Tampih terletak di Desa Pakung Tibah, Kecamatan Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali. Jaraknya sekitar 10 km atau memakan waktu sekitar 20 menit jika wisatawan datang dari pusat kota Tabanan.

Meski jaraknya tidak terlalu jauh, namun jalan menuju menara ini cukup sulit. Namun, masih bisa dijangkau dengan kendaraan roda dua atau empat.

Harga Tiket Masuk Wisata Bahari

Pantai Batu Tampih belum dikelola secara maksimal, baik oleh masyarakat maupun pemerintah setempat. Oleh karena itu tidak ada biaya pembayaran (tiket masuk) untuk mengunjungi pantai ini. Namun, saat meninggalkan kendaraan di kawasan pemukiman, wisatawan bisa dikenakan biaya parkir. Juga, pada akhir pekan dan hari libur, mungkin ada petugas parkir dadakan.

Selama ini belum ada aplikasi mengenai jam buka atau tutup pantai. Dengan begini, pengunjung bebas datang dan pergi sesuka hati, tapi jangan membuang sampah sembarangan. Namun, waktu terbaik untuk berkunjung adalah pada pagi atau sore hari. Karena pada siang hari yang terik, cuaca mungkin akan sangat panas.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru di Pantai Batu Tampih TabananFoto: Google Maps/Mary Makanan Vegan

Berkunjung ke pantai pasti akan membosankan jika tidak ada kegiatan yang dilakukan. Namun jangan khawatir karena wisatawan yang datang ke Pantai Tampih tidak akan mengalami hal tersebut karena ada banyak pilihan aktivitas seru yang bisa membuat waktu liburan menjadi lebih menyenangkan.

1. Menyaksikan keindahan panorama alam

Tidak bisa dipungkiri bahwa salah satu alasan wisatawan datang ke Pantai Batu Tampih adalah untuk menikmati keindahan panorama alamnya. Bersamaan dengan hamparan samudra biru yang luas, pengunjung juga bisa mendapatkan kombinasi air laut dan pasir hitam yang kontras namun mempesona yang mampu menghadirkan fenomena yang magis namun indah.

2. Berburu foto di sekitar pantai Batu Tampih

Tidak sah mengunjungi pantai Batu Tampih tanpa mengambil beberapa foto yang bagus. Apalagi pantai ini terkenal sebagai surganya tempat hunting foto yang Instagrammable. Ada banyak tempat yang bisa dipilih, mulai dari sebatang pohon kelapa di atas bukit, air laut yang jernih seperti cermin, hingga kebun kelapa di sekitar pantai.

3. Berburu saat matahari terbit atau terbenam

Pantai eksotis ini terkenal memiliki fenomena sunrise dan sunset yang luar biasa indah, apalagi saat hari sedang cerah. Langit jingga, dengan pantulan cahayanya di permukaan laut, pasti berhasil membuat lidah Anda berdecak. Salah satu tempat terbaik untuk berburu sunrise dan sunset adalah di puncak bukit dengan satu pohon kelapa di atasnya.

4. Jelajahi Area Perkebunan Kelapa

Beberapa meter dari bibir pantai terdapat kebun kelapa besar yang bisa dijelajahi wisatawan. Dengan sedikit ilmu fotografi, kamu bisa menghasilkan beberapa foto yang super keren. Apalagi foto di tengah pohon kelapa dengan latar belakang laut lepas.

5. Kamp

Bagi para petualang yang mencari momen tenang dan berkesan, namun dengan bujet yang mepet, wajib datang ke Pantai Batu Tampih. Selain tidak membayar tiket masuk, pengunjung juga bisa mendirikan tenda dan bermalam di pantai ini secara gratis. Namun, demi kesopanan, Anda harus meminta izin dari penduduk setempat.

6. Berselancar

Beberapa bulan ini ombak di Pantai Tampih memang bisa dibilang cukup tinggi. Hal ini juga dimanfaatkan oleh masyarakat setempat untuk mengasah keterampilan selancar mereka. Bagi wisatawan yang suka surfing, mungkin bisa mulai mengatur waktu kedatangan.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di Pantai Batu Tampih TabananFoto: Google Maps/Marek Masek

Dari segi fasilitas, sangat minim dan jauh dari kata cukup. Namun, hal tersebut sebenarnya cukup wajar, mengingat eksotisme pantai berpasir hitam ini belum banyak diketahui wisatawan. Namun, pengunjung boleh menitipkan kendaraannya di rumah warga atau di lokasi sekitar pantai yang dianggap aman.

Sedangkan untuk kebutuhan kamar mandi dan toilet, wisatawan bisa naik ke rumah warga. Perlu diingat bahwa di pantai ini juga tidak ada warung atau penjual makanan. Oleh karena itu akan lebih baik membawa bekal yang cukup, seperti minuman dan makanan ringan. Juga, jika Anda merencanakan piknik di Batu Tampih.

Pantai Batu Tampih adalah surga tersembunyi di Kabupaten Tabanan, Bali. Dengan sedikit polesan dan perawatan, pantai eksotis ini bisa disulap menjadi destinasi wisata yang keren. Bahkan namanya bisa melegenda seperti pantai-pantai terkenal lainnya di Bali.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button