Pantai Baros, pantai indah dengan panorama hutan bakau di Bantul - WisataHits
wisatahits

Pantai Baros, pantai indah dengan panorama hutan bakau di Bantul

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pantai, Tirtohargo, Kec. Kretek, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Bagi masyarakat Bantul, Pantai Baros merupakan destinasi wisata kebanggaan. Setiap hari banyak warga lokal yang berkunjung, bahkan ada yang datang dari luar Yogyakarta. Bukan tanpa alasan, karena berbagai atraksi yang dimilikinya. Saat liburan, pantai indah ini semakin ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai kalangan.

Objek wisata berupa pantai selalu banyak diminati untuk mengisi kekosongan liburan. Pasalnya, ada banyak keindahan yang dimiliki. Meski banyak pantai di nusantara, mengunjunginya satu per satu tidaklah membosankan. Memang masing-masing memiliki ciri khas tersendiri yang juga membuat daya tarik tersendiri.

Sebagai contoh yang kita bahas kali ini yaitu Pantai Baros. Kekhususannya berasal dari hutan bakau yang hampir mengelilingi garis pantainya. Dengan berbagai semak yang menghiasinya, suasana asri dan nyaman sering dijadikan alasan pengunjung untuk datang ke tempat ini. Mengajak keluarga atau pasangan berlibur ke sini dijamin tidak akan mengecewakan.

Daya Tarik Pantai Baros

Daya Tarik Pantai Baros BantulKredit gambar: Google Maps Tyo Koconegoro

Ketika kita berbicara tentang tempat wisata, kita tidak dapat memisahkannya dari daya tarik yang kita miliki. Mungkin ada yang menganggap daya pikat sebuah pantai hanyalah hamparan laut dengan ombak yang bergulung-gulung. Lumayan memang, tapi masih banyak lagi yang perlu dibahas.

1. Hutan bakau yang rimbun

Mangrove merupakan tanaman khas pesisir, namun biawak di Indonesia jarang yang memilikinya. Sebagian besar hanya dihiasi pasir putih, koral dan tentunya air laut yang berombak. Tidak demikian halnya dengan Pantai Baros, semua keindahan ini dilengkapi dengan keberadaan hutan bakau yang rimbun dan terlihat sangat hijau.

Fungsi mangrove sendiri adalah untuk menahan abrasi pantai atau daratan akibat air laut, selain itu tumbuhan berakar serabut ini juga menghasilkan oksigen yang sangat baik. Dengan demikian, ekosistem biota laut menjadi lebih baik dan terjaga kelestariannya. Tanaman ini sengaja ditanam warga sekitar dan bekerja sama dengan pecinta alam.

Pengunjung yang datang ke sini tidak hanya disuguhkan dengan keindahan dan pemandangan alam yang hijau, tetapi juga dengan berbagai burung yang kerap hinggap di dahan-dahan mangrove. Dari waktu ke waktu mereka berkicau sambil berteriak, suasana Pantai Baros pun semakin ramai. Selain itu, suasana riuh pengunjung yang datang tentu sangat menyenangkan.

2. Indahnya pemandangan Pantai Baros

Secara keseluruhan pantai Jogja ini sangat indah dengan pemandangan yang nyaris sempurna. Meski garis pantainya tidak seperti pantai lain yang biasanya memanjang, namun bentuk melengkungnya tetap terlihat eksotik. Batuannya tidak terlalu banyak, sebagian besar tertutup rerumputan hijau.

Pantai ini tergolong memiliki karakter ombak yang tenang, gulungan ombak perlahan mendekati bibir pantai. Melihatnya membuat hati tenang, pikiran menjadi lebih damai. Pantai Baros memang cocok dijadikan destinasi utama untuk mengisi ulang tenaga atau menyegarkan semangat. Selain itu, angin berangin yang datang terkadang melelahkan.

3. Suasana asri dan nyaman

Daya tarik berikutnya yang tak kalah penting adalah suasananya yang nyaman dan asri. Suasana ini didapat dari keberadaan hutan bakau yang mengelilingi setiap sudut garis pantai. Apalagi penambahan tanaman perdu juga cukup penting untuk memberikan suasana nyaman. Udaranya murni, meski pantai Baros tak pernah sepi pengunjung.

Berbeda dengan pantai di tempat lain tentunya karena sebagian besar gersang tanpa ada tanaman hijau yang menghiasinya. Kalaupun ada, mungkin hanya pohon kelapa yang merupakan pohon khas pantai. Bisa dibilang objek wisata ini adalah yang utama, karena jarang ditemukan pantai yang indah dan menenangkan.

4. Tersedia spot foto yang cantik

Hampir semua kegiatan saat ini tidak lepas dari fotografi. Pihak pengelola Pantai Baros sangat memahami kebutuhan wisatawan, sehingga mereka menawarkan spot foto khusus bagi yang menyukai fotografi. Tidak banyak, karena hanya beberapa spot melihat postingan. Tapi jangan salah, pemandangannya sangat indah dan layak dijadikan backdrop.

Kalau kurang puas, masih banyak spot foto lain yang juga cocok untuk dekorasi background foto. Sebut saja hamparan laut lepas yang indah dengan airnya yang jernih kehijauan. Ada kalanya air berubah warna menjadi kebiruan, tergantung arus dan pasang surut. Dengan ombak yang tidak begitu besar, hasil foto dijamin tidak akan mengecewakan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Baros, BantulKredit gambar: Google Maps Yudha F

Mengunjungi Pantai Baros tidaklah sulit karena letaknya yang strategis. Kawasan wisata ini dekat dengan beberapa pantai di Bantul, seperti Pantai Samas, Pantai Parangkusumo, dan Pantai Parangtritis. Alamat lengkapnya di Tirtohargo, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Jarak dari Bantul hanya sekitar 20 kilometer, cukup dekat tentunya.

Kondisi jalan aman, hampir tidak ada kemacetan kecuali saat mendekati pantai. Karena itu, Anda dapat meminumnya dalam waktu kurang dari 30 menit. Anda harus melewati Jalan Parangtritis untuk rute terbaik. Kemudian menuju ke Pasar Ngangkruksari dan belok kanan ke Jalan Samas Kretek.

Lanjutkan perjalanan hingga melewati SMP Cimpon dan Pasar Petung. Sekitar 1 kilometer dari pasar Anda akan menemukan perempatan, silakan belok kanan ke Jalan Tirtohargo. Rute selanjutnya melalui Jalan Gegunung, lalu naik ke Jalan Utama Baros. Ikuti petunjuk arah yang tersedia, kurang lebih 1 kilometer Anda akan tiba di lokasi.

Harga tiket masuk Pantai Baros

Tiket Masuk Pantai Baros BantulKredit gambar: Mangga Google Maps

Pantai ini dikelola dengan baik oleh penduduk setempat, sehingga wisatawan yang masuk harus membeli tiket jauh-jauh hari. Dana yang terkumpul dari tiket masuk ini kemudian akan digunakan untuk menjaga, melestarikan dan mempromosikan kawasan wisata tersebut. Murah tentunya sebagai pengunjung hanya membayar ongkos sebesar 10.000 rupiah saja.

Untuk biaya tambahan hanya berupa parkir, biayanya juga murah. Bagi yang membawa sepeda motor dikenakan tiket sebesar Rp 3.000, sedangkan untuk mobil dikenakan biaya sebesar Rp 5.000. Selain kedua biaya tersebut, tidak ada biaya wajib yang harus dibayar. Obyek wisata bahari ini buka setiap hari selama 24 jam.

Aktivitas menarik yang dapat dilakukan di pantai Baros

Aktivitas di Pantai Baros, BantulKredit Gambar: Google Maps Nurlaila Kurnia

Apa yang bisa kamu lakukan di pantai Baros? Mungkin pertanyaan ini sempat terlintas di benak Anda karena masih belum tahu harus membeli apa. Karena ini adalah pantai, kebanyakan aktivitas tidak jauh dari air. Namun karena ada hutan bakau, kegiatannya lebih bervariasi dan semuanya tergolong menarik.

1. Berjalan di hutan bakau

Belum tentu pemandangan hutan mangrove yang asri dan hijau akan Anda dapatkan saat berkunjung ke pantai lain. Manfaatkan kesempatan ini sebaik-baiknya jika Anda berkunjung ke pantai Jogja yang indah ini. Menyusuri hutan bakau memang menyenangkan, apalagi ada burung-burung yang hinggap di dahan dengan kicauannya yang merdu.

2. Memancing

Pantai Baros relatif landai jika dilihat dari pantai. Di pinggirnya terdapat banyak bebatuan kecil tempat berkumpulnya ikan-ikan untuk mencari makan. Kesempatan ini tidak hilang bagi mereka yang suka memancing. Berbekal alat pancing dan umpan dari rumah, Anda bisa mempraktekkan kegiatan ini sambil berwisata.

3. Kamp

Berbeda dengan pantai lain yang biasanya harus meninggalkan lokasi saat senja, di sini Anda bisa menginap selama 24 jam. Pada umumnya wisatawan yang bermalam akan mendirikan tenda untuk berkemah. Pilihan aktivitas ini tergolong anti-mainstream, karena camping biasanya dilakukan di pegunungan atau di perbukitan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Baros, BantulKredit gambar: Twitter @gembel_motret

Fasilitas Pantai Baros cukup lengkap karena dikelola dengan baik. Tidak perlu khawatir membutuhkan bantuan saat Anda berada di sana. Tersedia tempat parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi. Selain itu juga terdapat toilet dan warung makan, silahkan pilih menu yang diinginkan. Fasilitas lainnya adalah gazebo, spot foto dan tentunya mushola.

Sangat penting untuk mengetahui objek wisata, harga tiket dan alamat sebelum mengunjungi objek wisata. Tujuannya adalah untuk mendapatkan wawasan sebagai pengetahuan awal. Dari poin-poin penting yang telah disampaikan, ternyata pantai Baros memiliki banyak daya tarik yang mungkin tidak dapat ditemukan di tempat lain, sehingga cocok untuk menjadi tujuan wisata utama anda.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button