Pantai Bantul Baru - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Bantul Baru – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Tempat Wisata, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Baru adalah salah satu tempat wisata di Pantai Bantul Jogja yang menawarkan pemandangan sunset yang indah. Pantai yang dikelilingi pohon pinus ini cocok bagi wisatawan yang membutuhkan suasana tenang dan tentram.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 06:00-17:00, Alamat: Poncosari, Kec. Srandakan, Kab. Bantul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Kabupaten Bantul merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Provinsi Yogyakarta dengan sejuta pesona yang dimiliki alamnya. Oleh karena itu tempat ini memiliki beragam wisata alam, dimana wisata alam tersebut terus dieksplorasi hingga setiap tahun ada kunjungan baru. Salah satunya adalah Pantai Baru.

Pantai ini memiliki pesona yang sangat indah. Konon lokasi wisata ini tersembunyi karena minimnya wisatawan yang datang ke tempat ini. Hal itu mungkin terjadi karena kurangnya promosi, sehingga tidak diketahui oleh wisatawan. Padahal spotnya bagus banget dan instagrammable dan sayang untuk dilewatkan di Bantul.

Banyak sekali spot foto menarik yang bisa kamu temukan di pantai Baru ini. Diantaranya adalah pantai dengan laut biru disertai pasir hitam dan ombak yang menggulung berpadu dengan langit biru. Selain itu, ada juga kincir angin, hutan cemara, dll. Wisata ini sangat cocok untuk berlibur.

Tempat wisata pantai baru Bantul

Atraksi pantai baruKredit gambar: Saluran Kebebasan Google Maps

1. Pohon cemara

Pantai Baru memiliki banyak pohon pinus. Pohon ini sudah ditanam sejak 1999. Tujuannya untuk menghindari abrasi.

Pengunjung umumnya menggunakan pohon ini untuk berteduh, beristirahat bahkan untuk berfoto. Adapun orang-orang yang sedang piknik santai di bawah sambil memandangi keindahan alam yang mengelilinginya.

2. Menyenangkan di pantai

Pantai Bantul yang indah ini juga menawarkan berbagai hiburan. Tentu saja, Anda tidak akan bosan. Hiburan itu seperti penyanyi lokal yang membawakan lagu campuran sari atau band lokal.

Dengan ini, Anda juga akan membantu warga sekitar yang menyediakan jasa sewa karpet agar bisa menonton hiburan di kawasan Pantai Baru. Tentu saja, Anda juga bisa menikmati hiburan ini sambil duduk santai.

Hiburan lain di pantai yang menjadi daya tarik utama, Anda bisa menikmati wahana sepeda gunung. ATV merupakan kendaraan roda empat yang umumnya digunakan untuk beraktivitas di pantai dengan medan yang cukup sulit. Namun, untuk menikmati fasilitas ini, Anda harus membayar Rp 30.000.

3. Kuliner

Memasak memang menjadi salah satu hal wajib dalam daftar liburan. Nah, di Pantai Baru banyak terdapat warung yang menawarkan masakan seafood yang sangat lezat. Tentunya wajib dicoba.

Beberapa dari mereka memiliki kolam sendiri. Sehingga makanan yang dihasilkan masih segar. Produk olahan hasil laut juga cukup bervariasi, seperti cakalang, cumi, kerang, dll. Apalagi harga per porsinya juga relatif murah.

Namun jika Anda alergi makanan laut, tempat ini juga menawarkan menu lainnya. Diantaranya adalah tumis kangkung dan kacang tanah. Tak lupa minuman khas pantai sebagai pelengkapnya yaitu es krim kelapa. Tentu sangat menarik bukan?

Alamat dan rute menuju lokasi pantai baru

Alamat pantai baruKredit gambar: Google Maps Dewi Masruroh

Alamat Pantai Baru berada di Desa Poncari yang terletak di Kecamatan Srandakan yang terletak di Kabupaten Bantul Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tempat ini cukup mudah dijangkau karena terletak di pantai terkenal lainnya di Bantul. Jalanan tidak berlumpur atau penuh bebatuan tajam, namun jalan di lokasi ini sangat ramah kendaraan. Hal ini dikarenakan jalannya yang landai dan beraspal merata. Selain itu, ada beberapa rute untuk sampai ke tempat ini.

Rute pertama yang bisa Anda gunakan adalah GPS atau Google Maps untuk mengetahui lokasi ini. Selain itu, rambu-rambu lalu lintas juga dipasang di sisi-sisi jalan. Oleh karena itu, tempat ini cukup mudah ditemukan.

Kalau mau naik angkutan umum, boleh saja seperti bus atau angkutan umum. Namun, Anda tetap harus membayar jasa ojek karena Anda hanya bisa sampai ke terminal bus di kota Bantul. Sedangkan untuk menuju lokasi pantai Baru ini, Anda masih membutuhkan waktu sekitar 45 menit bahkan hingga satu jam perjalanan dari pusat kota.

Nah, jika Anda menggunakan kendaraan pribadi, roda empat atau dua, itu rutenya. Jika Anda memulai dari pusat kota Yogyakarta, Anda bisa menuju ke Jalan Bantul menuju ke selatan.

Kemudian Anda bisa melanjutkan ke Bundaran Srandakan yang merupakan tempat yang menghubungkan Kulonprogo dengan Bantul. Setelah itu, ambil jalan kiri dan lanjutkan ke selatan. Saat sampai di tempat ini Anda sudah bisa melihat petunjuk arah yang tertata dengan baik. Jadi Anda tidak perlu khawatir tersesat.

Harga tiket masuk baru untuk kunjungan ke pantai

Harga tiket masuk pantai baruKredit gambar: Google Maps Eko Darminto

Dibandingkan dengan pesona alamnya, Pantai Baru menarik tiket masuk yang cukup terjangkau. Anda hanya perlu membayar Rp 5000 per orang. Jadi murah, kan? Anda juga dapat menikmatinya dari jam 6 pagi hingga jam 5 sore.

Selain itu, tarif diterapkan untuk memarkir kendaraan Anda. Tamu yang menggunakan kendaraan pribadi akan dikenakan biaya Rp 5000 untuk mobil dan Rp 2000 untuk sepeda motor.

Tak hanya itu, tempat parkirnya yang luas juga bisa menampung bus atau minibus. Dengan demikian, Anda juga dikenakan biaya parkir bus atau minibus bagi Anda yang datang secara rombongan menggunakan sarana transportasi ini. Tarifnya Rp 10.000 untuk minibus dan Rp 15.000 untuk bus.

Semua harga yang ditampilkan dapat berubah sewaktu-waktu. Ini karena kebijakan manajer lokal.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di pantai Baru

Kegiatan baru yang menarik di pantaiKredit Gambar: Google Maps basuki ismail

1. Menerbangkan layang-layang dan berjemur

Untuk membuat liburan Anda lebih berkesan, terutama bersama keluarga, Anda bisa bermain layang-layang di tempat ini. Angin juga sangat menguntungkan bagi Anda untuk melakukan aktivitas ini.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan hangatnya sinar matahari pantai untuk berjemur. Inilah yang dilakukan sebagian besar turis asing.

2. Piknik di bawah pohon pinus dengan udang

Hutan cemara yang mencapai ratusan juga bisa digunakan untuk piknik kecil-kecilan. Dengan tikar dan beberapa makanan ringan yang bisa Anda bawa. Tentu saja hal ini bisa Anda lakukan saat lelah dengan aktivitas lain, jadi bersantai di bawah pohon pinus adalah hal yang paling tepat untuk dilakukan.

Apalagi dengan ditambah nikmatnya berkumpul bersama keluarga tercinta. Menceritakan hal-hal menarik bersama untuk menciptakan keakraban dan kedekatan dengan keluarga.

3. Berburu foto keren

Tempat ini memiliki banyak spot foto yang bagus. Salah satunya adalah kincir angin. Walaupun sebenarnya kincir angin di tempat ini digunakan sebagai tenaga angin yang diubah menjadi tenaga hybrid, namun tempat ini sangat sering dijadikan sebagai spot foto.

Sekadar informasi, listrik di lokasi ini digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik wilayah pesisir. Selain itu, kincir angin juga digunakan sebagai freezer yang menghasilkan es batu. Wisatawan juga bisa melihat bagaimana es batu dibuat.

4. Kunjungan Edukasi

Selain pesona pantainya, tempat ini juga memiliki pengetahuan baru yang dikembangkan oleh pemerintah. Selain kincir angin yang sudah disebutkan, adapun formasi lainnya bisa Anda dapatkan. Salah satunya adalah biogas.

Karena penduduk setempat memiliki banyak ternak, tempat ini memiliki potensi untuk pengembangan biogas. Biogas dihasilkan dari kotoran ternak, tetapi ketika menjadi energi biogas, kotoran tersebut tidak berbau. Selain itu, kotoran juga digunakan sebagai pupuk.

Penginapan murah terdekat dengan pantai Baru

Rohan Jogja yang HebatKredit gambar: Twitter Ini Budi

Bila rumah Anda jauh dari Kabupaten Bantul ini, lebih baik Anda menginap di tempat ini. Berikut beberapa referensi 3 hostel terdekat dengan Pantai Baru.

1. Rohan Jogja Yang Hebat

Hotel ini memiliki berbagai fasilitas dan cukup lengkap. Fasilitas tersebut antara lain wifi gratis, restoran, room and cleaning service, AC, TV, gym, dll.

Selain itu, sarapan di lokasi ini telah diverifikasi kehalalannya oleh MUI dan room stay hanya diperbolehkan bagi pasangan suami istri yang memiliki akta nikah asli.

Untuk harga sendiri cukup terjangkau, dibandingkan dengan fasilitas dan pelayanan yang diberikan ramah. Harga per kamar untuk satu malam mulai dari Rp 392.616 dan sudah termasuk pajak. Reviewnya cukup bagus, jadi hotel ini recommended banget buat kamu.

2. Heroine Hotel Inn

Tempat ini memiliki fasilitas penunjang yang cukup memadai seperti sarapan, wifi gratis dan kebersihan. Apalagi tempatnya juga terlihat rapi dan nyaman. Untuk harga relatif murah. Oleh karena itu cocok untuk anda yang berlibur di Pantai Baru dengan budget minim.

Untuk kamar, harganya hanya Rp 100.000 untuk satu malam. Lokasinya juga strategis dengan pelayanan yang ramah.

3. Hotel Desa Puri Syariah

Hotel ini memiliki 24 kamar dengan fasilitas yang memadai untuk memenuhi kebutuhan Anda. Fasilitas ini meliputi AC, TV layar datar, handuk, shower air panas atau dingin, dan Wi-Fi gratis yang dapat diakses di semua area.

Harga per kamar untuk satu malam sangat murah, mulai dari Rp 81.880. Harga juga sudah termasuk pajak. cocok untuk anda yang ingin menghabiskan liburan dengan biaya yang lebih murah.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Baru Bantul

Fasilitas Baru Pantai BantulKredit gambar: Google Maps Hafizh Izzuddin

Panti Baru masih tergolong baru sebagai tempat wisata, namun bukan berarti fasilitasnya tidak bisa memenuhi kebutuhan Anda. Padahal, tempat ini memiliki banyak fasilitas yang memadai. Baik berbayar atau gratis.

Pertama ada WC umum, dimana anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 2.000. Tempat parkir mobil cukup luas untuk menampung baik bus maupun minibus, jadi anda tidak perlu khawatir jika anda berlibur bersama keluarga besar menggunakan ini sarana transportasi.

Selain itu, ada juga olahraga sepeda gunung yang akan memudahkan Anda bersepeda di sepanjang pantai ini. Banyak ditemukan tempat sampah, sehingga tidak ada alasan untuk tidak menjaga kebersihan lingkungan.

Soal ibadah juga tidak perlu khawatir, karena wisata Pantai Baru di Bantul ini memiliki musholla untuk umat Islam. Tempat wisata ini juga memiliki warung-warung yang menawarkan menu khas seafood, sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk menyiapkan makan siang.

Berikut adalah beberapa informasi tentang Pantai Baru Bantul. Oleh karena itu Anda bisa menjadikannya sebagai referensi untuk persiapan Anda sebelum akhirnya memutuskan untuk berlibur di tempat ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button