Pantai Ambyar Pandansari Diterjang Abrasi - WisataHits
Yogyakarta

Pantai Ambyar Pandansari Diterjang Abrasi

Pantai Ambyar Pandansari Diterjang Abrasi

tanpa judul

BANTUL – Sejumlah pantai di kawasan selatan menghadapi masalah serius terkait abrasi. Salah satunya adalah Pantai Pandansari Sanden, Bantul.

Kawasan itu kini porak poranda setelah diterjang ombak. Ombak yang biasanya dinikmati banyak orang, kini berubah menjadi kekuatan dahsyat yang menghancurkan kawasan tersebut.

Penasihat Kelompok Sadar Wisata Pandansari Kapanewon Sanden Bantul Ngadiyo MPd mengatakan, Minggu (8/1/2023) peristiwa itu terjadi beberapa waktu lalu. Namun jejak kerusakannya masih terlihat jelas hingga saat ini. Meski ada kerusakan di sana-sini, tetap saja banyak wisatawan yang datang berkunjung. “Masih banyak yang datang ke Pandansari, tapi tidak sebanyak dulu,” ujarnya.

Dampak dari pemusnahan tersebut dirasakan oleh masyarakat. Pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata rusak total, termasuk paviliun di selatan jalan aspal. Bahkan jalan aspal di sisi timur pun ambruk akibat fenomena alam tersebut. Hasil pantauan KR, abrasi juga melanda jalan aspal sisi timur dan tidak bisa digunakan sebagai akses kendaraan.

Sedangkan Rujito, warga Sanden Sama, Bantul, juga diliputi rasa khawatir berlebihan.

Pria yang fokus pada bidang lingkungan, khususnya perlindungan penyu ini, mengkhawatirkan risiko penyusutan. Dikhawatirkan gelombang pasang yang akan datang tidak hanya menggerus Pantai Pandansari tapi juga menerjang Pantai Samas.

“Penangkaran penyu saat ini hanya berjarak 50 meter dari bibir pantai. Makanya saya khawatir kalau kena ombak,” ujarnya.

Secara terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bantul Agus Yuli Herwanto ST MEng mengungkapkan, erosi dipicu berkurangnya pasokan pasir Merapi akibat berbagai aktivitas, menurut kajian.

Sudah lama seperti ini. Selain itu, abrasi pantai selatan Bantul tidak sama di setiap pantai. Menurutnya, langkah paling realistis saat ini adalah menanam pohon cemara di pantai. (Roy)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button