Panorama Gunung Artapela yang indah cocok untuk pemula - WisataHits
wisatahits

Panorama Gunung Artapela yang indah cocok untuk pemula

Harga tiket masuk Gunung Artapela: Rp 15.000. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Desa Sukapura, Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Indonesia, 40378.

Bandung tergolong tidak terlalu populer untuk wisata panjat tebing. Padahal ada beberapa gunung yang sangat menarik untuk didaki di wilayah Kabupaten Bandung. salah satunya adalah Gunung Artapela yang berada di selatan kota bunga. Menjulang setinggi 2.194 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Berbagai pesona unik menjadi daya tarik gunung ini.

Gunung Artapela memiliki ciri puncak berupa dataran yang luas. Datarannya penuh dengan semak dan gulma yang khas. Situs seperti ini sangat jarang ditemukan di tempat lain. Kemudian di bawah puncaknya terdapat danau yang menjadi daya tarik tambahan. Selain itu, jalurnya cukup bersahabat sehingga cocok untuk pendaki pemula.

Harga tiket masuk Gunung Artapela

Saat mendaki gunung ini, tersedia base camp yang memudahkan wisatawan. Sebelum mendaki, Anda akan dikenakan biaya masuk yang sangat murah. Selain itu, siapkan pula biaya parkir kendaraan.

Harga tiket masuk Gunung Artapela
Lihat Tiket Rp 15.000
Tempat parkir mobil
Sepeda motor Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Wahana Mini Town Lembang

Jam buka Gunung Artapela

Base camp untuk pendakian gunung selalu buka setiap hari selama 24 jam. Oleh karena itu, wisatawan dapat datang kapan saja. Namun untuk memulai pendakian idealnya pada pagi atau sore hari. Meski jalurnya mudah didaki pada malam hari, akan lebih berisiko.

Jam buka
Setiap hari 24 jam

Pegunungan untuk pemula dengan pemandangan yang mempesona

Pemandangan pagi hari puncak Gunung ArtapelaPuncaknya berupa tanah datar luas yang mampu menampung banyak tenda. Foto: Gmaps/Bayu Sapto Aji

Memiliki ketinggian 2.194 mdpl, gunung ini bisa menjadi alternatif wisata pendakian di Jawa Barat. Namanya memang tidak sepopuler Gunung Gede atau Gunung Papandayan. Namun jangan salah, Gunung Artapela memiliki pesona keindahan alam yang memukau. Dari atas, wisatawan bisa melihat gagahnya pegunungan Bandung dan sekitarnya. Apalagi gunung ini juga ditumbuhi bunga Edelweiss.

Meski terbilang baru, jalur pendakian gunung ini sudah sangat bagus. Puncaknya tidak terlalu tinggi sehingga cocok untuk pemula. Wisatawan akan benar-benar merasakan pengalaman mendaki yang luar biasa. Perkebunan teh dan sayuran, padang rumput hingga keindahan danau semuanya bisa dilihat di gunung ini.

Baca: Harga Tiket Masuk TRANS STUDIO Bandung dan 11 Wahana

Hamparan perkebunan yang indah

Hamparan perkebunan di kaki Gunung ArtapelaUntuk mendaki gunung ini, Anda harus terlebih dahulu melewati perkebunan milik penduduk. Foto: Gmaps/Ktira Kharisma

Wisatawan akan memulai pendakian dari base camp desa Sukapura. Di awal pendakian, jalurnya selalu menyenangkan dengan pemandangan desa di kaki gunung. Wisatawan akan menjumpai banyak penduduk lokal yang lewat. Mereka biasanya mengangkut kayu atau sayuran dari perkebunan.

Di awal pendakian, pemandangan indah siap menemani Anda. Perkebunan milik warga tertata rapi. Warna hijau mendominasi sejauh mata memandang. Udara pegunungan yang segar menambah keasyikan mendaki.

Baca: 7 Gunung Populer di Bandung yang Cocok untuk Trekking

Menguras jalan terbuka

Puncak Gunung Artapela merupakan lapangan terbukaCiri khas dari gunung ini adalah jalurnya yang terbuka sehingga Anda dapat melihat dengan jelas pemandangan indah yang mengelilinginya. Foto: Gmaps/Farhan Apriliansyah

Setelah melewati perkebunan penduduk setempat, wisatawan akan disambut jalur perbukitan yang mulai menanjak. Tentu saja, Anda membutuhkan fisik yang prima untuk melewati jalur ini. Jalur perbukitan ini merupakan jalur terbuka dengan dominasi rerumputan. Pohon-pohon besar sangat jarang di wilayah ini. itu akan menjadi tantangan tersendiri, terutama pada siang hari.

Dengan melintasi zona ini pada siang hari, energi akan cepat terkuras. Tidak adanya pepohonan membuat wisatawan akan langsung terpapar terik matahari. Tapi meski begitu, pemandangan di sana begitu menawan. Menengok ke belakang, wisatawan bisa mengagumi keindahan alam lereng Gunung Artapela.

Sawah, perkebunan dan rumah penduduk begitu jelas terlihat. Di area lapangan terbuka ini terdapat kabin yang bisa digunakan untuk istirahat. Wisatawan dapat mengisi ulang baterainya sambil menikmati pemandangan.

Baca: Gunung Geulis Bandung Tetap Indah Meski Tak Besar

Mencapai puncak Gunung Artapela

Estimasi pendakian di gunung ini tidak terlalu lama. hanya membutuhkan waktu sekitar 4 jam untuk mencapai puncak. Sebelum mencapai puncak wisatawan akan melewati rerumputan namun lebih tertutup. Pepohonannya lebih banyak dan terkesan lebih rindang.

Puncak gunung ini merupakan padang rumput luas yang ditumbuhi ilalang. Saat ilalang tumbuh, pemandangan yang luar biasa terbentang. Gulma yang bergoyang tertiup angin menciptakan momen yang luar biasa. Wisatawan juga bisa melihat bunga Edelweis di puncak gunung ini.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas MOUNT PRINCESS Lembang

Malam di puncak gunung

Lampu kota berkelap-kelip dari puncak gunungSaat malam hari, wisatawan akan disuguhi pemandangan romantis kerlap-kerlip lampu kota. Foto: Gmaps/Depri Yatna

Daerah puncak gunung ini memiliki permukaan datar yang luas. Begitu banyak tempat yang bisa digunakan untuk mendirikan tenda. Kawasannya yang sangat terbuka memungkinkan wisatawan untuk melihat pemandangan indah di malam hari. Kelap-kelip lampu di bawah gunung menciptakan momen romantis. Kabut tipis yang menyelimuti dan dinginnya udara pegunungan sangat cocok untuk menikmati minuman hangat.

Matahari terbit dan terbenam

Keindahan yang ditawarkan Gunung Artapela di pagi hariDi pagi hari, saat cuaca sedang cerah, wisatawan bisa melihat pesona pegunungan menjulang yang begitu indah. Foto: Gmaps/Kushendra Taswana

Wisatawan tidak boleh terlambat untuk bangun. Saat pagi pesona megah siap menyambut. Waktu matahari terbit begitu indah dari tempat ini. Dari kejauhan pegunungan Jawa Barat terlihat begitu gagah. Di bawah awan berkelana dan ciptakan momen seperti di atas Surga.

Selain sunrise, sunset di puncak gunung ini juga sangat memukau. Jadi pastikan untuk sampai ke puncak sebelum senja.

Pesona Lac d’Aul

Di kaki Gunung Artapela terdapat sebuah danau yang eksotis. Namanya adalah Lac d’Aul. Danau ini terlihat jelas dari puncak gunung. Wisatawan juga bisa mengunjungi danau tersebut. Wisatawan juga dapat mengunjungi danau dengan menuruni gunung. Hanya berjarak sekitar 30 meter dari kaki gunung.

Memasang Gunung Artapela

Meski tergolong baru, fasilitas yang ada sudah sangat memadai. Di base camp terdapat tempat parkir, toilet dan kamar mandi, mushola, terminal listrik dan warung. Pendaftaran juga dapat dilakukan secara online, yang membuat segalanya lebih mudah.

Lokasi Gunung Artapela

Base camp pendakian gunung ini terletak di Desa Sukapura, Kecamatan Kertasari, Kabupaten Bandung, Jawa Barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button