Panitia A DPRD DIY meminta Pemda memfasilitasi pemberian vitamin dan vaksinasi bagi penyelenggara TPS di TPS - WisataHits
Yogyakarta

Panitia A DPRD DIY meminta Pemda memfasilitasi pemberian vitamin dan vaksinasi bagi penyelenggara TPS di TPS

Panitia A DPRD DIY meminta Pemda memfasilitasi pemberian vitamin dan vaksinasi bagi penyelenggara TPS di TPS

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA – Tindakan vaksinasi untuk kelompok sasaran remaja di sektor do-it-yourself harus dipromosikan.

Pemerintah negara bagian DIY diimbau segera melakukan vaksinasi untuk mencegah penyakit menular.

Selain itu, pada awal tahun politik menjelang penyelenggaraan pemilihan umum pada 14 Februari 2024, fasilitasi kesehatan bagi PNS menjadi penting untuk menarik perhatian pemerintah daerah.

Eko Suwanto, Ketua Panitia A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan, menegaskan hal itu saat berdialog dengan awak media di DPRD Yogyakarta, Jumat (13/1/2023).

“Kami ada anggaran untuk beberapa instansi, kami mendesak Pemda DIY untuk tetap memberikan vaksinasi. Mengapa? Karena vaksinasi kelompok remaja terbilang lambat, jumlahnya kecil, hanya 11 persen. Proses belajar mengajar tatap muka sekarang sedang berlangsung, BTT bisa, uang cukup. Tiap suntikan harganya Rp 50-60.000, kalau vaksinnya gratis biayanya,” kata Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY Fraksi PDI Perjuangan.

Eko Suwanto yang juga Ketua DPC PDI Perjuangan Kota Yogyakarta menjelaskan, cakupan pemantauan imunisasi remaja yang memiliki target angka 311.569 hanya 11,13 persen atau mencapai 13.066 remaja.

Komisi A DPRD DIY meminta pemerintah daerah membuat komitmen percepatan vaksinasi, ternyata belum dilakukan pada Desember 2022, namun komitmen harus dilakukan pada 2023.

“Laporan terakhir menunjukkan 11 kasus dengan zero death. Saran dari DPRD DIY, Percepatan dapat dilaksanakan di sekolah atau sekolah gabungan pada jam yang tidak mengganggu proses pembelajaran di sekolah, pada saat istirahat atau sepulang sekolah. Dari segi teknis yaitu view Dari Vaksinasi bisa dipercepat,” kata Eko Suwanto, Ketua Panitia A DPRD DIY dari Fraksi PDI Perjuangan.

Selain itu, koordinasi antara KPU dan Bawaslu agar PPK, Panwascam, PPS, Pantarlih hingga KPPKPPS dapat memfasilitasi kesehatan baik vaksinasi maupun vitamin.

Terkait hal itu, DPRD DIY akan segera mengajak KPU dan Bawaslu serta pihak terkait untuk menjaga kebugaran penyelenggara pemilu.

Dalam menjalankan tugasnya pada tanggal 14 Februari 2024, seluruh prasarana penyelenggara pemilu harus mendapat tambahan vaksinasi dan vitamin, termasuk Satlinmas yang bertugas di TPS.

“Dalam rangka merevitalisasi perekonomian, perlu di tingkat pemerintah kabupaten mengkaji kembali sarana dan prasarana di tempat-tempat keramaian, penginapan, pusat perbelanjaan, pasar, tempat wisata. Sarana dan prasarana wastafel harus ada, ditunjang dengan ketersediaan air mengalir, pengecekan suhu tetap relevan, penggunaan masker di tengah keramaian, termasuk di tempat umum,” ujar Eko Suwanto.

Komisi A DPRD mencatat pada saat munculnya pandemi Covid-19 sebanyak 232202, jumlah kematian sejak awal pandemi sebanyak 6076 hingga saat ini.

Ada saatnya pelayanan kesehatan masyarakat terganggu, mengingat semoga hal ini tidak terjadi lagi, jangan terlena dengan mengabaikan protokol kesehatan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button