Panduan Perjalanan, Perkiraan dan Rekomendasi Tempat Wisata - WisataHits
Yogyakarta

Panduan Perjalanan, Perkiraan dan Rekomendasi Tempat Wisata

Liburan ke Bali harus mahal? Tidak terlalu. Kamu tetap bisa menikmati keindahan pulau dewata ini dengan backpacking murah dan boros! Berikut ini panduan lengkap liburan ala backpacker dan rekomendasi dari detikBali, khusus untuk kamu para detics.

Panduan backpacker yang menyenangkan ke Bali

Ada banyak jenis wisatawan yang datang ke Bali, tidak hanya yang bermodal uang saja. Meski budget terbatas, Anda tetap bisa menikmati liburan di Bali dengan maksimal. Asalkan Anda mengikuti panduan di bawah ini, yang dirangkum dari catatan detikTravel dan detikBali.

1. Manfaatkan promonya

Sebagai destinasi wisata populer, mencari penawaran liburan di Bali tidaklah sulit. Segala macam promosi bisa kamu dapatkan mulai dari promosi tiket pesawat, promosi hotel, promosi sewa mobil hingga promosi tempat wisata!

2. Rencanakan pengeluaran dengan hati-hati

Tantangan backpacking adalah dompet tipis dan dana terbatas. Rencanakan pengeluaran Anda dengan sebaik-baiknya untuk akomodasi, makan, sewa mobil dan tiket tempat wisata. Jika di luar anggaran Anda, Anda dapat melewati dan mencari alternatif perjalanan yang lebih murah.

3. Kunjungi wisata murah dan gratis

Melanjutkan tips sebelumnya, kamu bisa memilih tempat wisata yang murah bahkan gratis! Kok banyak tempat wisata menarik yang ramah kantong? Coba cek rekomendasinya di detikBali.

4. Menginap di hotel dengan sarapan

Makan itu penting. Namun, jika ingin menghemat biaya makan, carilah hotel atau penginapan yang menawarkan sarapan dan sudah termasuk dalam harga sewa. Atau cari hotel dengan sarapan gratis. Kurang enak, atau mau jalan-jalan tapi perut kosong?

5. Pilih restoran murah

Banyak kafe dan restoran lucu untuk dikunjungi di Bali. Masalahnya, makan di restoran dan kafe seperti itu biasanya mahal. Jika memang berencana backpacking, pilihlah tempat makan yang lebih murah tapi tidak murahan. Ada banyak warung nasi yang tersebar di berbagai tempat yang menawarkan makanan sehat dan sehat. Dijamin gak kalah enak dari kafe modern!

6. Sewa kendaraan

Harus diakui, tidak semua tempat wisata di Bali mudah dijangkau dengan transportasi umum. Jika ingin mengunjungi banyak tempat, sebaiknya sewa motor atau mobil saja agar bisa lebih leluasa bergerak. Turunnya juga lebih murah daripada harus naik taksi.

7. Bayar bersama

Pergi backpacking bersama teman memungkinkan Anda untuk berbagi “beban” membayar kebutuhan liburan Anda. Lebih mudah kan, kalau bisa bayar joint venture?

Estimasi biaya liburan ala backpacker di Bali

1. Estimasi biaya penerbangan dari Jakarta ke Bali

Cara termudah untuk mencapai pulau Bali dari Jakarta adalah dengan pesawat. Harga tiket Jakarta-Bali yang dihimpun oleh berbagai situs penjualan tiket pesawat online berkisar antara Rp 900.000 hingga Rp 6 juta. Pilih tiket yang sesuai dengan anggaran Anda.

2. Perkiraan biaya perjalanan dengan kereta api Jakarta-Bali

Nah, apakah itu benar-benar mungkin? Nah, sayangnya belum ada kereta api yang mencapai pulau Bali secara langsung, Detikers. Tidak ada jalur kereta api di pulau Bali. Namun, Anda masih bisa naik kereta api ke kota terdekat ke Bali, yaitu Banyuwangi.

Menurut CNN Indonesia, kereta termurah dari Jakarta ke Banyuwangi adalah kereta Bengawan ke Stasiun Lempuyangan di Yogyakarta. Kemudian dilanjutkan dari Yogyakarta dengan naik kereta api Sri Tanjung menuju Banyuwangi. Berikut harganya.

  • Kereta Api Bengawan (Pasar Senen-Lempuyangan) Rp 74.000
  • Kereta Api Sri Tanjung (Lempuyangan-Ketapang) Rp 94.000

Jadi totalnya hanya Rp 168.000! Sangat murah bukan? Namun, Anda harus buru-buru membeli tiket 30 hari sebelum keberangkatan, karena tiket kereta murah seperti itu cepat habis.

Dari Stasiun Ketapang Banyuwangi, Anda bisa naik angkot atau jalan kaki menuju Pelabuhan Ketapang. Kemudian menyeberangi kapal feri dengan harga tiket Rp 9.650. Setibanya di Pelabuhan Gilimanuk, Anda tinggal mencari angkutan umum berupa bus ke Denpasar atau tujuan lainnya.

3. Perkiraan biaya menginap di Bali

Backpacker biasanya mencari akomodasi termurah. Apakah di Bali? Tentu saja ada dan banyak! Menurut catatan detikBali, ada beberapa hotel di sekitar Kuta, harga sewa per malamnya hanya sekitar Rp100.000!

Jangan khawatir, semua penginapan layak huni dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai seperti AC, kolam renang, dan WiFi. Berikut adalah daftarnya.

– Kuta Timur

Alamat: Jalan Kartika Gang Nusa Indah No. 3, Kuta

– OYO 91112 Makanan Tara

Alamat: Jalan Majapahit No. 82, Kuta

– Pesona Beach Inn Hotel

Alamat : Jalan Poppies I No. 31, Kuta

– OYO 1654 Maha Bharata Kuta Inn

Alamat: Jalan Legian No. 96, Legian, Kuta

– OYO 4003 Ceria Guesthouse Seminyak

Alamat: Jalan Seminyak Gang Bima No.8 BA, Seminyak, Kuta

Tips backpacker aman ke Bali

Nah, terkadang backpacker pemula melupakan satu hal: keamanan. Pokoknya murah, cicipi saja! Bagaimanapun, keselamatan adalah yang utama. Berikut tips backpacking ke Bali agar tetap aman.

1. Bagikan rencana perjalanan dengan orang-orang di daerah Anda

Beritahu orang-orang terdekat Anda seperti keluarga atau teman ketika Anda berencana untuk pergi backpacking ke Bali. Jadi jika terjadi kesalahan, mereka langsung tahu dan dapat membantu Anda segera.

2. Tuliskan angka-angka penting

Misalnya nomor kantor polisi, nomor pemadam kebakaran atau nomor yang akan berguna bagi Anda selama liburan di sana. Misalnya, nomor hotel tempat Anda menginap dan nomor kantor perusahaan rental mobil.

3. Menjaga sikap yang sesuai dengan masyarakat setempat

Namanya Wisatawan Yang Datang Ke Tempat Baru, tentunya ada aturan masyarakat setempat yang harus dipatuhi oleh wisatawan asing. Jika ada aturan A atau B, kita sebagai wisatawan harus mematuhinya sebagai bentuk penghormatan dan penghormatan kepada warga sekitar.

4. Jaga barang-barang Anda dengan baik

Awasi barang bawaan Anda ke mana pun Anda pergi. Jangan sampai kehilangan dirimu di tangan pencuri. Anda tidak perlu membawa terlalu banyak barang yang tidak penting, sehingga Anda dapat membawa lebih sedikit beban dan berjalan lebih bebas.

Tempat wisata gratis ala backpacker di Bali

Salah satu tips yang sudah dibahas sebelumnya adalah mencari tempat wisata yang murah dan gratis. Nah, berikut ini daftar tempat wisata gratis yang bisa dikunjungi dengan backpacking, mengutip dari website Wonderful Indonesia.

pantai pertama

Rata-rata pantai di Bali tidak memiliki tiket. Artinya, wisatawan bisa leluasa memasuki kawasan pantai dan menikmati keindahan laut hingga ke cakrawala. Anda bisa mengunjungi banyak pantai seperti Pantai Kuta, Pantai Jimbaran, Pantai Suluban dan lain-lain. Dari ujung selatan hingga ujung utara, semua pantai di Bali sangat bagus!

bukit ke-2

Selain pantai, objek wisata perbukitan biasanya gratis. Kebanyakan wisatawan hanya membayar sewa mobil untuk sampai ke sana. Salah satu bukit terkenal yang cocok sebagai tujuan backpacking adalah Bukit Campuhan. Pemandangan matahari terbit di bukit ini sangat direkomendasikan!

3. Kuil

Bali dikenal sebagai pulau seribu pura. Jadi tidak baik jika Anda berlibur ke sana tanpa mengunjungi setidaknya satu pura di sana. Masuk ke candi biasanya dikenakan biaya tiket, tapi itu benar-benar sangat terjangkau. Ada juga pura yang tidak memerlukan tiket masuk, seperti Pura Taman Saraswati Ubud.

4. Jalan Ikonik

Banyak jalan ikonik yang sering dikunjungi wisatawan di Bali, seperti Jalan Legian. Jika Anda hanya berjalan, Anda tidak perlu membayar apa pun atau gratis! Jika Anda tidak mampir ke salah satu toko di sepanjang jalan, belanja dan belanja saja.

Apa yang harus dibawa backpacker ke Bali?

Setiap backpacker memiliki daftar barang yang mereka inginkan dan perlu dibawa. Namun jika Anda belum pernah backpacking sebelumnya, berikut daftar barang yang harus dibawa saat liburan ala backpacker.

  • sandal atau sandal
  • sepatu trekking
  • Tabir surya / Tabir surya
  • Pakaian yang cukup untuk diganti
  • Pakaian khusus untuk berenang
  • topi
  • Tas belanja, lebih disukai kain
  • Tas khusus untuk cucian kotor
  • Pengobatan pribadi dan pertolongan pertama
  • lotion anti nyamuk
  • Botol Air/Tumblr
  • Ponsel dengan paket internet yang memadai
  • Kamera (atau kamera ponsel bisa)
  • Uang tunai yang cukup

Ini dia panduan dan rekomendasi liburan backpacker di Bali. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di setiap tempat wisata yang kamu kunjungi ya Detikers. Semoga bermanfaat dan biarkan petualangan dimulai!

Tonton video Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Keraton Cimahi
[Gambas:Video 20detik]
(des/fds)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button