Pameran Pulau Emas memperingati 22 tahun karya seniman Ropih - WisataHits
Jawa Tengah

Pameran Pulau Emas memperingati 22 tahun karya seniman Ropih

Pameran Pulau Emas yang digelar dalam rangka memperingati 22 tahun karir Ropih dan peringatan 100 tahun wafatnya seniman ternama asal Kota Bandung ini menampilkan sekitar 30 lukisan karya Ropih Amantubillah dari tahun 2002 hingga 2017.

Kurator pameran Pulau Emas, Rahmat Jabaril, mengatakan tema Pulau Emas diambil dari konsep Pulau Emas yang menjadi acuan ideologis Ropi Amantubillah dalam seni rupa.

“Isle of Gold tidak diartikan secara harfiah, tapi Isle of Gold adalah bagaimana kita menjaga pemahaman tentang jati diri manusia,” ujarnya saat berbicara pada pembukaan pameran pada Minggu, 7 Agustus 2022, oleh Humas Kota Bandung itu. memukul.

Dikatakannya, pameran Pulau Emas bukan hanya pameran lukisan, tetapi juga pesan tentang cara hidup manusia untuk mencapai kedamaian dan ketenangan dalam hidup.

“Abah (Ropih Amantubillah) menyampaikan sesuatu tentang cara hidup umat manusia. Penting bagi generasi muda untuk melihat karya ini tentang bagaimana mencapai kedamaian dan ketenangan dalam hidup, “katanya.

Selain itu, kata Rahmat, di antara 30 lukisan yang dipamerkan, terdapat gaya lukisan yang berbeda-beda.

“Kami memilih beberapa gaya, ada yang realistis, ada yang abstrak, ada yang simbolis, menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang kreatif yang tidak berpegang pada gaya tertentu,” katanya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung (Disbudpar), Nuzrul Irwan Irawan mengapresiasi pameran tunggal Abah Ropih Pulau Emas.

“Kami sangat mengapresiasi pameran ini dalam memperingati 22 tahun karyanya. Perlu meninggalkan semangat budaya untuk mewujudkan cita-cita bangsa, membangun insan yang kreatif dan berakhlak mulia,” ujarnya saat mengunjungi pameran.

Ia berharap pameran ini dapat mendongkrak pariwisata di Kota Bandung khususnya di kawasan Braga

“Kami sangat mengapresiasi pameran lukisan ini. Pameran ini bisa menjadi daya tarik wisata di kota Bandung, khususnya di kawasan Braga,” ujarnya.

Irwan juga mengajak seluruh warga Bandung untuk mengikuti Pameran Pulau Emas yang akan berlangsung hingga 28 Agustus mendatang.

“Oleh karena itu, ini adalah pameran yang luar biasa. Oleh karena itu, saya mengajak seluruh masyarakat untuk menikmati karya monumental seniman Bandung Abah Ropih,” ujarnya. (rampok)**

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Bandung

Yayan A. Brilyana

Source: www.bandung.go.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button