Pameran Foto Bangkit Menuju Endemik dengan Jawimagination • Radar Jogja - WisataHits
Jawa Tengah

Pameran Foto Bangkit Menuju Endemik dengan Jawimagination • Radar Jogja


RADAR JOGJA
– Sebanyak 85 foto karya 38 fotografer Kantor Berita Antara dan 64 foto cerita budaya dan destinasi wisata di Tanah Jawa oleh 17 fotografer yang tergabung dalam Jurnal Foto Indonesia Yogyakarta dipresentasikan pada Pameran Foto Jawimajinasi Menuju Rising Endemik.

Pameran yang berlangsung di Benteng Vredeburg Jogja ini diprakarsai oleh Badan Otorita Borobudur (BOB) bekerja sama dengan Galeri Foto Jurnalistik Antara dan Wartawan Foto Indonesia (PFI). Pameran berlangsung dari 23 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

Jawiimajinasi adalah gambaran kehidupan di Jawa yang ditangkap melalui fotografi. Konten visual yang diabadikan berasal dari 15 kabupaten dan kota di wilayah koordinasi yang termasuk dalam unit kerja BOB.

Jawimajinasi berisi beragam cerita dari berbagai destinasi wisata, kondisi lingkungan dan kehidupan sosial budaya, seni dan kondisi perekonomian daerah.

Wakil Gubernur DIJ Paku Alam X menyambut baik pameran foto yang memuat berbagai cerita mendalam dari masing-masing fotografer. Pada pembukaan pameran, Paku Alam bahkan mengutip pernyataan fotografer legendaris Amerika, Aaron Siskind.

“Fotografi adalah tentang merasakan, menyentuh, dan mencintai. Apa yang tertangkap kamera akan terekam selamanya,” ujarnya dalam sambutan yang dibacakan Direktur Biro Kebudayaan DIJ Dian Laksmi Pratiwi, Jumat (23/12).

Menurutnya, fotografi adalah media yang memperingati setiap peristiwa, sekecil apapun. Fotografi adalah upaya untuk mengabadikan momen. Bahkan setelah sekian lama dan bisa saja dilupakan. Selain itu, fotografi bukan lagi sekadar media dokumentasi. Dalam perkembangannya, fotografi menjadi saksi sebuah peradaban.

“Fotografi telah menjadi media perwujudan seni, media ekspresi, ekspresi pendapat tanpa suara dan kata-kata. Sekaligus menjadi sarana sosialisasi, seperti sekolah seni lukis mulai dari klasik hingga surealisme,” jelasnya.

Di sisi lain, Paku Alam berharap pameran ini menjadi sarana edukasi dan salah satu cikal bakal boomingnya sektor pariwisata di DIJ. Pada saat yang sama, kita menyambut baik fase endemik Covid-19 yang melumpuhkan banyak sektor selama dua tahun terakhir.

Direktur Pemasaran Badan Otorita Borobudur Agus Rochiyardi mengatakan, kegiatan bertajuk “Menuju Jawiimaginasi Endemik” itu memaparkan kegiatan yang terangkum dalam karya fotografi di tiga destinasi pariwisata nasional.

“Jogja, Borobudur dan sekitarnya, Solo Sangiran dan sekitarnya, Semarang Karimunjawa dan sekitarnya. Harapannya, foto-foto tersebut dapat dilihat oleh masyarakat luas. Mereka menyadari bahwa Jogja bukan hanya Kraton dan Prambanan saja, tetapi ada tempat lain yang tidak kalah menariknya,” terangnya.

Dengan begitu, Agus berharap kunjungan wisatawan khususnya di wilayah hukum BOB bisa menyebar ke berbagai tempat. Wisatawan tidak hanya mengunjungi objek wisata populer, namun juga bisa melihat objek wisata lain yang tak kalah menarik. (lan/kus)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button