Pahami kata kunci dalam bahasa Indonesia, pahami contoh dan ciri-cirinya - WisataHits
Yogyakarta

Pahami kata kunci dalam bahasa Indonesia, pahami contoh dan ciri-cirinya

Pahami kata kunci dalam bahasa Indonesia, pahami contoh dan ciri-cirinya

Pahami kata kunci dalam bahasa Indonesia, pahami contoh dan ciri-cirinya
ilustrasi buku. © 2022 Merdeka.com/pixabay

Merdeka.com – Pengertian kata kunci dalam bahasa Indonesia adalah kata khusus dalam sebuah kalimat atau paragraf. Kata kunci hari ini juga diartikan sebagai kode untuk mendapatkan informasi tertentu.

Kata kunci atau kata kunci memainkan peran yang sangat penting dalam menghubungkan informasi.Kata kunci juga merupakan kata atau frasa yang menonjol dalam judul, judul, topik, abstrak atau isi, serta catatan konten.

Artikel media taboola

Mempelajari arti kata kunci sangat penting bagi Anda untuk dapat menyusunnya secara efektif, karena menggunakan kata kunci yang tepat akan membuat informasi yang ingin Anda sampaikan lebih mudah dicerna.

Berikut ini penjelasan lengkap tentang apa arti kata kunci menurut para ahli dan sifat-sifatnya yang menarik untuk dijelajahi.

2 dari 4 halaman

memahami kata kunci

Kata kunci adalah kata-kata khusus karena berfungsi sebagai kunci atau kode yang digunakan untuk memahami atau merangkai informasi dalam sebuah kalimat atau paragraf.

Pengertian kata kunci dalam buku Kursus Pengembangan Kepribadian Indonesia (2007) karya Widjono Hs. adalah kata atau frase atau konsep yang digunakan sebagai kunci atau kode untuk menghubungkan informasi yang disampaikan.

Kamus Cambridge sekarang menjelaskan definisi kata kunci sebagai kata yang diketik ke komputer, misalnya ketika seseorang menggunakan Internet, agar komputer menemukan informasi yang mengandung kata tersebut.

Selain itu, menurut Irman Siswadi, majalah Mengetahui Konsep Penentuan Kata Kunci menemukan pada tahun 2013 bahwa definisi kata kunci adalah kata atau frasa yang menonjol pada judul, judul, subjek, abstrak, atau catatan isi.

Kata-kata atau frase ini digunakan sebagai istilah pencarian untuk menemukan susunan teks atau hal-hal penting lainnya yang terkandung dalam kata kunci tersebut. Selain itu, ada juga pengertian lain tentang kata kunci, yaitu kata atau frasa yang mengandung konsep, ide, atau hal penting yang digunakan untuk mencari sesuatu.

Dari sini dapat disimpulkan bahwa definisi kata kunci secara umum merupakan kata penting dalam sebuah kalimat untuk menjelaskan apa yang dicari seseorang.

3 dari 4 halaman

fungsi kata kunci

Sekarang setelah Anda mengetahui apa arti kata kunci, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah memeriksa properti dari kata kunci tersebut. Pada peluncuran website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), berikut ciri-ciri kata kunci tersebut:

1. Terdiri dari satu atau dua kata

Properti dari kata kunci pertama hanya satu atau dua kata. Ya, kata kunci tidak boleh berisi kata-kata yang panjang. Kata kunci harus pendek, ringkas, dan jelas sehingga orang lain dapat dengan mudah mengingatnya. Contohnya antara lain makanan lokal, wisata favorit, satwa liar, elektronik, dan lain-lain.

2. Berisi kata-kata yang unik

Kata kunci kedua ditandai dengan mengandung kata-kata yang unik. Kata kunci harus mudah diingat dan mengandung kata-kata yang memiliki arti tertentu atau tidak umum. Perjalanan misalnya jakartaMakanan Bali, anjing dan kursi bambu.

3. Komprehensif

Properti dari kata kunci ketiga bersifat komprehensif. Kata kunci harus berisi satu atau dua kata yang dapat digunakan untuk memperjelas konten secara keseluruhan. Misalnya, kata kunci Jakarta Food digunakan untuk mendeskripsikan makanan apa saja yang tersedia di Jakarta, mulai dari makanan tradisional hingga makanan favorit.

4 dari 4 halaman

contoh kata kunci

Untuk memperjelas pemahaman Anda tentang arti kata kunci dan sifat-sifatnya yang dijelaskan di atas, merdeka.com menyertakan contoh frasa dan kata kunci yang dikutip oleh Liputan6 di sini;

1. Ibu rakus makan gudeg, kata kuncinya ibu dan gudeg.

2. Kucing adalah hewan yang lucu dan manja, kata kuncinya adalah kucing, hewan dan manja.

3. Gunung Kidul adalah desa wisata yang asri dan asri, kata kuncinya adalah wonogiri, pariwisata dan asri.

4. Ayah saya pergi ke kebun sore ini, kata kuncinya adalah ayah dan kebun.

5. Adikku pergi ke sekolah pagi ini, kata kuncinya adalah kakak dan sekolah.

6. Anjing adalah hewan penjaga yang setia, kata kuncinya adalah anjing, hewan, setia.

7. Keluarga ini memesan nasi goreng, kata kuncinya keluarga dan nasi goreng.

[edl]

Source: www.merdeka.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button