Pagoda Avalokitesvara, mahakarya yang sangat menawan - WisataHits
Jawa Tengah

Pagoda Avalokitesvara, mahakarya yang sangat menawan

Pagoda Avalokitesvara terletak di kawasan Watu Gong Vihara Buddhagaya, tempat peribadatan umat Buddha di kota Semarang dan sekitarnya.

Meski merupakan tempat pemujaan, Pagoda Avalokitesvara juga bisa dikunjungi oleh mereka yang tertarik dan penasaran dengan kemegahan bangunan yang mempesona.

Pagoda AvalokitesvaraPagoda Avalokitesvara. Google Maps. Sumber: Riswandi Koedrat

Jadi apa perbedaan antara pagoda dan vihara?

Perbedaan antara pagoda dan vihara jika dilihat dari segi fungsional adalah vihara digunakan sebagai pusat kegiatan keagamaan. Sedangkan klenteng berfungsi sebagai bangunan untuk merumahkan jenazah pendiri agama Buddha pada awal keberadaannya.

Kemudian juga digunakan untuk menyimpan relik Buddha lainnya. Ini mengacu pada arti pagoda dalam bahasa Sansekerta, yang berarti makam.

Selain itu, dilihat dari bangunannya, pagoda identik dengan bangunan bertingkat dengan menara di puncaknya.

Lokasi Pagoda Avalokitesvara

  • Alamat Pagoda Avalokitesvara ada di Jl. Perintis Kemerdekaan, Pudakpayung, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang, Jawa Tengah.
  • Lokasi sangat dekat dengan Lawang Sewu

Rute menuju Klenteng Avalokitesvara bila berangkat dari Tugu Muda Semarang menuju Jl. DR.Sutomo tiba di Jl. Letnan Jenderal S. Parman. Lanjutkan ke Jl. Setia Budi 2, lalu belok kanan ke Jl. Semarang-Surakarta.

Estimasi waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit. Cara mudah menuju Pagoda Avalokitesvara adalah dengan menggunakan Google Maps.

sosok Buddhasosok Buddha. Google Maps. Sumber: Francisco Herdianto

Jam buka Pagoda Avalokitesvara

  • Jam buka Pagoda Avalokitesvara adalah dari pukul 08:00 hingga 21:00 waktu setempat
  • Bekerja setiap hari senin sampai minggu

Tiket masuk Pagoda Avalokitesvara

Tiket masuk Pagoda Avalokitesvara gratis, Anda hanya perlu membayar parkir.

Fasilitas pagoda Avalokitesvara

Fasilitas yang ada di area Pagoda Avalokitesvara antara lain:

  • parkir kendaraan,
  • Toilet,

baca juga : tempat wisata di semarang

Atraksi Pagoda Avalokitesvara

1. Gong batu

gong batugong batu. Google Maps. Sumber: Raymond Putra Arishta

Kehadiran Watu Gong menjadi daya tarik pembuka Pagoda Avalokitesvara karena terletak di depan gerbang masuk kawasan Buddhagaya Vihara.

Bentuk batu alam ini menyerupai gong, sehingga disebut Watu Gong. Lingkungannya dikelilingi pembatas sehingga keasliannya selalu terjaga.

Area Pagoda Avalokitesvara dihiasi pepohonan di kiri kanannya, suasananya sangat asri dan bikin sejuk. Semua tanaman yang ada tertata dengan baik dan selalu terlihat rapi.

2. Kuil Buddhagaya

Lokasi Pagoda Avalokitesvara bersebelahan dengan Vihara Buddhagaya, selain itu juga terdapat bangunan Dhammasala dan beberapa bangunan lainnya di kawasan ini.

Buddhagaya Vihara didirikan pada tahun 1955 di bawah kepemimpinan Bhikkhu Ashin Jinarakkhita. Di atas tanah yang merupakan pemberian dari Goei Thwan Ling, seorang pemilik tanah di Semarang yang dengan tulus menyumbangkan tanahnya untuk pengembangan ajaran Buddha Dhamma.

Inilah sejarah singkat berdirinya candi Budha Watu Gong ini yang masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat Buddha.

Kuil Buddha WatugongKuil Budha Watugong. Google Maps. Sumber: Galan Javasche

lihat juga: kota tua semarang

3. Pagoda tertinggi

Pagoda Avalokitesvara merupakan pagoda tertinggi dan tercatat dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) dengan ketinggian sekitar 45 meter yang terdiri dari 7 tingkatan.

Pagoda Avalokitesvara dibangun pada tahun 2004 yang menampung patung Dewi Kwan Im setinggi 5 meter.

Dengan arsitekturnya yang menawan dan sangat Instagramable, Pagoda Avalokitesvara menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang. Apalagi di malam hari dengan lampu hias di sekelilingnya yang sangat indah.

Di sekitar Pagoda Avalokitesvara terdapat banyak patung Buddha dengan berbagai ukuran. Bahkan ada posisi di samping pohon.

sangat cantiksangat cantik. Google Maps. Sumber: Eddy Yusuf

Menyimpulkan

Pagoda Avalokitesvara adalah salah satu tempat wisata religi paling populer di Semarang, Jawa Tengah. Jadi luangkan waktu untuk mengunjungi pagoda tertinggi di Indonesia!

Source: www.nativeindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button