Pada bulan Februari, KA Ekspres Bandung-Purwokerto Baturraden beroperasi setiap hari - WisataHits
Jawa Barat

Pada bulan Februari, KA Ekspres Bandung-Purwokerto Baturraden beroperasi setiap hari

Pada bulan Februari, KA Ekspres Bandung-Purwokerto Baturraden beroperasi setiap hari

TEMPO.CO, jakarta – Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan melalui Purwokerto dari Bandung dapat menggunakan jasa KA Baturraden Ekspres. Kereta api rute Purwokerto-Kroya-Bandung (PP) akan beroperasi setiap hari pada Februari 2023.

Kepala KAI Daop 5 Purwokerto Daniel Johannes Hutabarat mengatakan animo masyarakat untuk menggunakan layanan tersebut sangat tinggi karena KA Baturraden Ekspres beroperasi kembali pada 21 Desember 2022 untuk mendukung lalu lintas Natal dan Tahun Baru. Utilisasi kereta api berkembang positif pada masa liburan panjang dengan utilisasi sebanyak 6.655 penumpang atau 70,24 persen.

“Tingkat okupansi lebih dari 50 persen tentu menjadi rekor karena KA Baturraden Ekspres sangat diminati masyarakat,” kata Daniel dalam keterangannya, Rabu, 1 Februari 2023.

Beroperasi pada bulan Februari

Selama beroperasi di bulan Februari, Daniel mengatakan telah terjadi penyesuaian berdasarkan kajian dan masukan dari penumpang. Jadwal keberangkatan KA Baturraden Ekspres dari stasiun Purwokerto diubah dari semula pukul 19.40 WIB menjadi pukul 21.45 WIB.

Selain itu, KAI memberlakukan tarif khusus KA Baturraden Ekspres berdasarkan pemakaian kursi kosong (bank kosong) ke relasi tertentu. “Ini kami lakukan untuk mengoptimalkan pemanfaatan angkutan penumpang,” kata Daniel.

Tarif khusus ini sudah termasuk relasi Purwokerto-Kroya dan sebaliknya mulai dari Rp 35.000 untuk kelas Eksekutif dan Rp 30.000 untuk kelas Bisnis. Untuk relasi Kroya-Tasikmalaya dan sebaliknya dikenakan biaya Rp 90.000 untuk kelas Eksekutif dan Rp 70.000 untuk kelas Bisnis.

KA Baturraden Ekspres pertama kali dioperasikan pada 25 Juni 2021 melayani relasi PP Purwokerto-Cikampek-Bandung. Operasi tersebut tidak berlangsung lama akibat kebijakan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) terkait pandemi Covid-19.

Daniel berharap KA Baturraden Ekspres yang terdiri dari kelas eksekutif dan bisnis bisa menjadi layanan lain, karena selama ini jalur ke Bandung hanya dilayani oleh KA Serayu Purwokerto-Kiaracondong-Pasarsenen PP dengan jumlah KA kelas ekonomi. melayani. Jadi, jika pelanggan dari Purwokerto ingin menikmati perjalanan ke Bandung dengan kelas pelayanan yang lebih tinggi, bisa ke stasiun Kroya terlebih dahulu agar bisa naik kereta api sesuai dengan kelas yang diharapkan.

Baca juga: Dulu Purwokerto-Bandung hanya dilayani KA Serayu, kini ada KA Baturade Ekspres

Selalu update informasi terbaru. Lihat berita terkini dan berita unggulan dari Tempo.co di kanal Telegram Tempo.co Update. Klik Pembaruan Tempo.co untuk bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button