Pada 1 Juni 2023, Provinsi Riau akan menggelar BBI Expo secara virtual - WisataHits
Yogyakarta

Pada 1 Juni 2023, Provinsi Riau akan menggelar BBI Expo secara virtual

Pada 1 Juni 2023, Provinsi Riau akan menggelar BBI Expo secara virtual

Riaubisa.com, Pekanbaru – Provinsi Riau dan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta telah ditunjuk sebagai tuan rumah Virtual Expo Proudly Made in Indonesia (BBI) pada Juni 2023 yang disponsori oleh Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia bekerja sama dengan PT Telekom Indonesia. Jumat, (20/01/2023).

Direncanakan sebanyak 25 UMKM dari Provinsi Riau akan mengikuti kegiatan virtual expo ini. Dimana masing-masing UMKM mempromosikan lima produk unggulannya.

Gerakan Nasional (Gernas) BBI adalah program pemerintah untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah Indonesia. Dengan adanya BBI Gernas diharapkan konsumen lebih menyukai barang-barang produksi dalam negeri, khususnya produk UMKM.

Termasuk pemerintah yang akan memprioritaskan produk UMKM dalam pengadaannya. UMKM dan perekonomian Indonesia akan berkembang di negaranya sendiri.

Untuk mengikuti Virtual Expo, pengunjung terlebih dahulu harus mengakses website metanesia.id.

Kemudian pengunjung diminta untuk memilih avatar yang akan digunakan, kemudian pengunjung dibawa ke dalam dunia metaverse.

Di dalamnya, pengunjung bisa mengeksplorasi sepatu UMKM yang menjual berbagai jenis produk dengan kearifan lokalnya, berinteraksi dengan penjual hingga melakukan transaksi online.

“Ini sedikit berbeda dari sebelumnya. Suatu bentuk interaksi sebenarnya hadir di sini nanti. Misalnya, teman-teman BPOM, bank, dan kementerian juga bisa ikut ambil bagian. Ini adalah bagaimana kami dapat berkomunikasi satu sama lain,” jelas Anton Pramono, Head of Emerging Technology Platform PT Telkom Indonesia.

Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan penjual dan melakukan transaksi secara online. Selain itu, terdapat pula beberapa ruang lain seperti ruang panggung virtual dan ruang konsultasi dalam Virtual Expo.

“Jadi di setiap daerah akan ada panggung yang menampilkan kesenian daerah,” kata Anton.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Riau SF Hariyanto menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini. Menurutnya, untuk mensukseskan program Gernas BBI diharapkan tidak hanya pemerintah tetapi juga partisipasi masyarakat. Salah satunya adalah berbelanja produk lokal dan berwisata di dalam negeri.

“Artinya dimulai dari diri kita sendiri. Berhati-hatilah untuk tidak meninggalkan negara itu. Dalam hal pariwisata, UMKM kita benar-benar meningkatkan standar. Kalau kita sudah punya produk, seperti yang asli buatan Pekanbaru, salah satu patennya akan kita daftarkan di Hak Kekayaan Intelektual (HAKI),” kata Sekda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button