OPOP Kota Probolinggo sukses menorehkan prestasi di Jawa Timur - WisataHits
Jawa Timur

OPOP Kota Probolinggo sukses menorehkan prestasi di Jawa Timur

Probolinggo, Jawa Timur hari ini – One Pesantren One Product (OPOP) karya Ponpes Azidan Barokatu Zainil Hasan asal Kota Probolinggo berhasil mengharumkan nama di acara OPOP Camp di Taman Candra Wilwatikta Pandaan, Pasuruan, yang diadakan pada 1 hingga 3 November 2022 tutup.

OPOP milik Ponpe Azidan Barokatu Zainil Hasan berhasil menjadi yang terbaik pertama dalam kategori Digital Broadcasting Title.

Mereka adalah Muhammad Abu Bakar Siddiq sebagai juru kamera, Nur Afifah Aminah Hasanah sebagai moderator, dan Silvi Andriani sebagai editor. Ketiganya berkumpul dengan 106 pesantren se-Jawa Timur yang pernah tergabung dalam OPOP Jatim.

Acara dikemas dalam bentuk pelatihan dan pembekalan materi terkait penyiaran digital. Kemudian siswa harus membuat karya video Soft News. Mereka membuat video pengenalan Taman Candra Wilwatikta dengan durasi 2 menit 40 detik.

Menggunakan kamera dan perlengkapan seadanya, perwakilan kota Probolinggo berhasil menjadi yang terbaik I.

“Kami juga tidak menyangka akan menjadi yang terbaik karena tim lain sudah sangat siap, dilengkapi dengan peralatan terbaru dan dengan aplikasi permesinan yang paling canggih. Saat diumumkan, tidak langsung diumumkan, hanya 3 pondok pesantren yang dipanggil. Kita kepikiran yang ketiga, tapi ternyata disuruh ke kanan untuk mendapatkan Ijazah terbaik,” jelas Muhammad Abu Bakar Siddiq saat tiba di kantor DKUPP di Jalan Mastrip, Jumat (4/11/2022).

Selain kamp OPOP, OPOP Kota Probolinggo juga bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Olahraga setempat pada acara Dewi Cemara di Anjungan Tugu Trenggalek dengan membawa keripik pisang GedangKoe dan produk UMKM lainnya. Selain itu di Trenggalek, OPOP Kota Probolinggo juga memperkenalkan wisata religi berbasis pesantren yang diintegrasikan ke dalam WISPERNAK (Wisata Pesantren Anak) sebagai wisata religi unggulan di Kota Probolinggo.

Awal November lalu, OPOP Kota Probolinggo menghadiri rapat koordinasi pondok pesantren se-Jawa Timur dengan undangan khusus. Selain itu, OPOP Kota Probolinggo menjadi 10 pesantren terpilih dari 336 pondok pesantren se-Jawa Timur yang produknya dipamerkan pada Hari Santri Nasional di Gedung Grhadi Surabaya yang diselenggarakan Pemprov Jatim.

Pengurus Pondok Pesantren Azidan BZH Dyah Retno mengatakan, banyak pondok pesantren di Kota Probolinggo yang mulai bergabung dengan OPOP.

“Ada 31 pondok pesantren terdaftar yang sudah mulai aktif memperkenalkan produknya sendiri,” kata Dyah Retno yang juga diakui Wali Kota Probolinggo sebagai pelopor OPOP Kota Probolinggo kemarin saat perayaan Hari Santri 2022.

Fitriawati, Ketua DKUPP, juga mengumumkan bahwa pemerintah akan selalu mendukung semua program OPOP.

“Apalagi sudah ada Perpres yang mewajibkan pemerintah daerah untuk mendukung pesantren di daerahnya. Tujuannya agar para lulusan pondok pesantren ini memiliki kemampuan berwirausaha dan memiliki usaha sendiri,” kata Fitri saat mendampingi tim OPOP di ruang kerjanya. (gih/hms)

Spanduk 468x60

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button