Operator seluler sukses mengantisipasi peningkatan trafik di tahun baru 2023 - WisataHits
Jawa Tengah

Operator seluler sukses mengantisipasi peningkatan trafik di tahun baru 2023

Operator seluler sukses mengantisipasi peningkatan trafik di tahun baru 2023

Techbiz.id – Natal dan Tahun Baru sering ditandai dengan puncak lalu lintas ponsel. Menghadapi momen tahun baru 2023, operator seluler melaporkan berhasil mengantisipasi lonjakan trafik yang terjadi.

Indosat Ooredoo Hutchison (IOH), sebagaimana disebutkan SVP-Head of Network Operations Indosat Ooredoo Hutchison, Agus Sulistio, mengalami peningkatan trafik pelanggan terkuat pada 1 Januari 2023 yang mencapai 16% dibandingkan hari biasa.

“IOH melihat peningkatan lalu lintas Data tersebut disebabkan oleh penggunaan aplikasi berbasis video seperti WhatsApp, YouTube, Instagram, TitTok dan Facebook yang paling banyak digunakan saat liburan Natal dan Tahun Baru,” jelasnya.

Beberapa kota di Jawa seperti Bodetabek, Sukabumi, Serang, dan Lamongan mengalami peningkatan lalu lintas yang signifikan. Lalu lintas juga terlihat peningkatan signifikan di beberapa kota lain di luar Jawa, antara lain Gowa, Bone Gorontalo dan juga Binjai Kabanjahe.

Pada periode Natal dan Tahun Baru (NARU) 2022/2023, trafik akses broadband Telkomsel meningkat 11,6 persen dibandingkan rata-rata harian normal 2022 dan sebesar 13 persen dibandingkan periode NARU tahun sebelumnya.

Telkomsel melihat peningkatan signifikan pada akses layanan media sosial mencapai 11,9 persen, layanan komunikasi (instant messaging dan video conferencing) mencapai 35,7 persen, video streaming selama periode NARU 2022/2023 6,1 persen, di mobile game naik menjadi 23,9 persen, akses browsing meningkat 79,8 persen, dan layanan e-commerce turun 0,3 persen.

Menurut Saki Hamsat Bramono, Vice President Corporate Communications Telkomsel, seluruh aktivitas pelanggan digital ini memberikan kontribusi di sejumlah wilayah dibandingkan hari biasa, seperti wilayah Kabupaten Bogor (Provinsi Jawa Barat) tumbuh sekitar 15,7 persen, Kabupaten Simalungun (Sumatera Utara). provinsi) tumbuh sebesar 41,7 persen, Kabupaten Bandung (Provinsi Jawa Barat) sebesar 15,3 persen, Kabupaten Deli Serdang (Provinsi Sumatera Utara) tumbuh sekitar 15,22 persen dan Kota Bekasi (Jawa) Barat) tumbuh sebesar 11,06 persen.

“Sejalan dengan kebijakan pemerintah untuk memudahkan masyarakat mudik atau berlibur jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2022, Telkomsel melihat pergerakan pelanggan yang signifikan dari wilayah Jabodetabek ke sejumlah daerah tujuan mudik. seperti Jawa Tengah & DI Yogyakarta (tumbuh 2,9 persen), Jawa Barat (naik 2 persen) dan Sumut & Aceh (naik 1,5 persen),” katanya.

Sementara itu, XL Axiata melaporkan trafik meningkat hingga 29% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya dan 8% dibandingkan hari biasa.

Dari pantauan antara 24 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023, rata-rata traffic bisnis selama periode Natal dan Tahun Baru meningkat sebesar 8% dibandingkan hari biasa dan sebesar 29% dibandingkan periode Natal dan Tahun Baru sebelumnya. Lalu lintas memuncak pada Malam Tahun Baru sebesar 50% dibandingkan kondisi siang hari normal.

“Seperti yang diperkirakan, layanan streaming mendominasi peningkatan trafik layanan. Di sisi lain, trafik untuk layanan legacy yaitu nelpon (voice) hanya meningkat 2% dan SMS 5% dibandingkan hari biasa,” ujar Director & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa.

Data XL Axiata juga menunjukkan aktivitas digital pelanggan yang tinggi selama liburan Nataru. Meski tidak diberlakukan pembatasan perjalanan, lalu lintas di kawasan pemukiman di Jabodetabek dan kota-kota besar lainnya masih menunjukkan peningkatan sekitar 8% dibandingkan hari biasa. Kota dengan pertumbuhan lalu lintas tertinggi adalah Kabupaten Garut dengan kenaikan 29%, kemudian Kabupaten Cianjur dengan kenaikan 26% dan Kabupaten Bogor dengan kenaikan 24%.

Berdasarkan provinsi, provinsi Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DIY mencatat pertumbuhan lalu lintas tertinggi dengan peningkatan hingga 22%, kemudian provinsi Bali, NTT, NTB sebesar 21%, dan terakhir provinsi Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah sebesar 19%. Tujuan wisata populer juga mengalami peningkatan lalu lintas yang signifikan. Lalu lintas di Bali meningkat hingga 21% dibandingkan hari biasa. Naik menjadi 90% di jalur solo dan 25% di Lombok.

Baca juga:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button