Nuansa Bali Hadir pada Resepsi Diplomatik - Peringatan HUT RI ke-77 dan HUT TNI ke-77 yang digelar KBRI Beijing - WisataHits
Jawa Tengah

Nuansa Bali Hadir pada Resepsi Diplomatik – Peringatan HUT RI ke-77 dan HUT TNI ke-77 yang digelar KBRI Beijing

BEIJING – KBRI Beijing menggelar resepsi diplomatik dalam rangka HUT RI ke-77 dan HUT TNI ke-77 pada Selasa (25/10) lalu.

Sekitar 400 tamu menghadiri resepsi tahun ini, termasuk pejabat pemerintah dan militer China, perwakilan duta besar dan kalangan diplomatik, para pemimpin bisnis China dan Indonesia, serta diaspora Indonesia.

Dubes Djauhari Oratmangun berbincang di ruang rapat sebelum resepsi diplomatik.

Resepsi Diplomatik yang diselenggarakan KBRI Beijing ini mendapat dukungan penuh dari Kamar Dagang Indonesia di China (INACHAM) dan PPIT (Persatuan Pelajar Indonesia di China).

Dalam sambutannya, Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun memaparkan perkembangan hubungan Indonesia-China dan peran Indonesia sebagai Presiden G20 tahun ini.

Siswa Indonesia menyanyikan lagu-lagu daerah Indonesia.

“Selama 77 tahun Era Indonesia dan 77 tahun TNI, banyak prestasi yang telah dicapai dalam mewujudkan cita-cita bangsa yang diamanatkan oleh para pendiri bangsa Indonesia. Pada saat yang sama, masih banyak prestasi yang harus diwujudkan di masa depan,” kata Dubes Djauhari Oratmangun.

Dubes Djauhari menambahkan bahwa hubungan Indonesia-China telah meningkat secara signifikan dalam beberapa hal selama 72 tahun terakhir.

Volume perdagangan bilateral sejak Januari-Agustus 2022 mencapai US$95,7 miliar (setara dengan Rs1.490 triliun), bahkan melampaui angka US$74,2 miliar (setara dengan Rs1.150 triliun) pada periode yang sama tahun lalu.

Di sisi investasi, nilai investasi China di Indonesia telah mencapai US$5,2 miliar (setara dengan Rs.80 triliun) pada Januari-September 2022.

Penampilan seniman Tionghoa yang tergabung dalam kelompok seni musik pipa Tiongkok.

Dubes Djauhari juga menyinggung perkembangan kerja sama bilateral dalam hal hubungan kemanusiaan.

“Sebanyak 354 mahasiswa yang terbagi dalam tiga gelombang pemberangkatan, sudah bisa kembali melanjutkan studi di China. Kehadiran mahasiswa Indonesia ini dapat menjadi salah satu pelopor awal sinergi antara nilai dan budaya Indonesia dan China di masa mendatang,” ujarnya.

Menjelang KTT G20 di Bali pada November mendatang, KBRI Beijing juga membawa nuansa dan suasana Bali ke dalam ruang resepsi.

Beberapa sudut ruangan didekorasi dengan lukisan Indonesia dan pajangan bogan buah Bali.

Pengunjung juga meramaikan corner photo booth yang menampilkan spot-spot wisata unggulan di Bali, Raja Ampat dan Pink Beach di Lombok.

Dubes Djauhari Oratmangun dan Ibu Wiwik memimpin staf KBRI dan pengunjung tari poco-poco.

Sebagai ucapan terima kasih dan simbol dimulainya acara, prosesi tumpeng ekskavator juga berlangsung di awal acara. Pengunjung dimanjakan dengan makanan khas Indonesia seperti rendang, sate ayam, dan laksa betawi.

Resepsi kali ini juga diisi dengan penampilan grup kecapi Cina yang memainkan lagu “Bengawan Solo” dan nyanyian solo oleh mahasiswa Indonesia yang menyanyikan lagu “Kampuang Nan Jauah in Mato”.

Di penghujung acara, Dubes Djauhari dan Ibu Wiwik mengajak staf dan pengunjung KBRI untuk menari bersama mengikuti gerakan Tobelo dan Gemu Famire. Sayadn/din

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button