NTB Perkuat Citra Mandalika Sebagai Destinasi Kelas Dunia - PEDULI COVID19 - WisataHits
Jawa Tengah

NTB Perkuat Citra Mandalika Sebagai Destinasi Kelas Dunia – PEDULI COVID19

NTB Perkuat Citra Mandalika Sebagai Destinasi Kelas Dunia – PEDULI COVID19

Antaranews.com/ Nur Imansyah/ 1 Des 2022 18:47 WIB

“Oleh karena itu, kegiatan ini tentunya harus berjalan lancar. Oleh karena itu, semua pihak, termasuk masyarakat, juga harus dilibatkan untuk memastikan hal tersebut. Itu salah satu cara kami menjaga dan memelihara citra Mandalika.”

MATARAM (ANTARA) – Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat akan mendongkrak citra Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah sebagai destinasi wisata unggulan karena kawasan itu menjadi pusat ekonomi baru di luar Pulau Jawa.

“NTB telah mendapatkan kepercayaan Presiden Jokowi bahwa Lombok dengan Mandalika dan sekitarnya akan dinyatakan sebagai pusat ekonomi baru pengembangan pariwisata nasional yang dapat mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Tentu menjadi tugas kita bersama untuk menjaga dan melestarikan semua ini,” kata Kepala Dinas Pariwisata NTB Yusron Hadi di Mataram, Kamis.

Ia mengatakan, penguatan citra Mandalika sebagai kawasan Destinasi Super Prioritas Nasional (DSPN) dilakukan dengan menjaga dan memupuk sejumlah agenda yang digelar di kawasan tersebut. Seperti gelaran World Superbike (WSBK) yang akan berlangsung pada Maret dan MotoGP pada Oktober 2023.

“Oleh karena itu, kegiatan ini tentunya harus berjalan lancar. Oleh karena itu, semua pihak, termasuk masyarakat, juga harus dilibatkan untuk memastikan hal tersebut. Itu salah satu cara kami menjaga dan memelihara citra Mandalika,” katanya.

Menurut Yusron, menjadikan Mandalika sebagai entitas DSPN merupakan bentuk apresiasi daerah menanggapi apa yang disampaikan Presiden Jokowi dalam rapat tahunan dengan Bank Indonesia.

“Kita harus berterima kasih untuk itu. Gubernur NTB juga menyampaikan bahwa pembangunan skala besar seperti Mandalika pasti berdampak luas. Tidak mungkin kita membangun jalan yang baik, telekomunikasi dan listrik yang baik, dan memperkuat sumber daya manusia kecuali daerah ini ditetapkan sebagai daerah DSPN bersama empat target lainnya (Borobudur, Toba, Labuan Bajo, dan Likupang),” ujar Yusron Hadi.

Ia menambahkan, perkembangan kawasan Mandalika saat ini sama dengan saat NTB dan NTT menjadi tuan rumah Pekan Olahraga Nasional (PON) 2028, dimana infrastruktur akan dibangun dengan dana pemerintah pusat.

“Tentu kita harus bersyukur karena NTB dipercaya sebagai daerah tujuan wisata. Dimana konsep Mandalika menjadi pusat dan harapan baru bagi kemajuan ekonomi di tanah air,” ujarnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi mengatakan Mandalika berhasil memperluas daftar titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa dan diharapkan nantinya menjadi bagian dari salah satu titik pertumbuhan ekonomi negara.

Dimana nantinya pada saat normal, pariwisata diharapkan menjadi pertumbuhan ekonomi baru dan titik pertumbuhan ekonomi bagi negara.

“Infrastruktur yang kita bangun menambah titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa, ada Mandalika, itu titik pertumbuhan ekonomi baru untuk pariwisata,” kata Jokowi dalam Pertemuan Tahunan Bank Indonesia 2022 di Jakarta.

Penerbit : Ahmad Buchori

Artikel asli:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button