Nikmati wisata sejarah anti mainstream, kunjungi diorama arsip Jogja! - WisataHits
Yogyakarta

Nikmati wisata sejarah anti mainstream, kunjungi diorama arsip Jogja!

Indonesia – Yogyakarta terkenal dengan ragam wisata yang tiada habisnya mulai dari hamparan wisata alam, berbagai pertunjukan budaya tradisional hingga wisata sejarah berupa peninggalan bangunan candi dan melalui pameran diorama.

Salah satu tempat baru yang seru untuk belajar sejarah di Indonesia adalah Diorama Arsip Yogyakarta. Tempat wisata sejarah ini bertempat di Gedung Depo Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah DIY, yang berada di belakang Grahatama Pustaka.

Diorama Arsip Yogyakarta diresmikan pada tanggal 24 Februari 2022 dengan memberikan pengalaman belajar sejarah yang lebih menyenangkan dengan berbagai teknologi dan seni.

Diorama ini bercerita tentang perjalanan kuno kota Yogyakarta selama 400 tahun. Salah satu teknologi yang digunakan untuk menjelaskan sejarah kota pelajar adalah Fox Lattice.

Baca juga: Hati-hati Mempekerjakan Pasangan Manipulatif, Kenali Ciri-cirinya

Fox Screen menciptakan ilustrasi yang lebih realistis bagi pemirsa. Di Indonesia, teknologi ini juga pertama kali digunakan dalam diorama.

Kesan modern dan cozy langsung terasa saat mengunjungi diorama. Juga, ruang di sekitar AC terpasang dan bersih.

Pengunjung tidak diperkenankan membawa makanan atau minuman dan harus melepas sepatu sebelum memasuki diorama.

Terdiri dari 18 kamar yang berbeda

Untuk menggambarkan rangkaian peristiwa sejarah Yogyakarta dari zaman Majapahit hingga saat ini, diorama Arsip Jogja menyajikannya melalui 18 ruangan yang saling berhubungan.

Baca Juga: Roundup of Lookism, Serial Animasi Webtoon Korea, Resmi Tayang di Netflix November 2022

Untuk lebih memahami plot sejarah, pengunjung tidak boleh hanya masuk, tetapi masuk ke setiap ruangan secara bergantian dari awal hingga akhir.

Diorama Arsip Jogja tidak hanya dihadirkan dengan diorama yang disajikan dengan teknologi yang lebih modern, tetapi juga dilengkapi dengan replika batu dan pohon yang dapat memberikan kesan magis.

Dari 18 ruangan diorama tersebut, tidak semuanya diisi dengan animasi atau pertunjukan sejarah, ada juga ruangan yang hanya berisi rekreasi peninggalan sejarah. Misalnya, di kamar 4 ada dokumen kuno yang dipalsukan.

Syarat mengunjungi diorama arsip jogja

Bagi Anda yang tertarik mengunjungi diorama Arsip Jogja, Anda bisa melakukan reservasi tiket langsung di halaman archivejogja.id untuk mengatur waktu dan tanggal kunjungan Anda.

Oleh karena itu, Anda harus datang tepat waktu, maksimal 10 menit sebelum jadwal reservasi, agar tidak ketinggalan sesi pemanduan dari alur cerita di ruang diorama.

Pengunjung yang terlambat lebih dari 15 menit dari jadwal reservasi tidak akan diterima dan harus membuat reservasi baru.

Berkunjung hingga akhir Oktober 2022 masih gratis. Sedangkan pengunjung mulai 1 November 2022 akan dikenakan biaya kunjungan sebagai berikut:

1. Pelajar/Mahasiswa Rp 20.000/orang

2. Umum Rp 30.000/orang

3. Orang Asing Rp 100.000/orang

4. Membuat liputan/vlog/konten YouTube Rp250.000/orang/sesi

Diorama Arsip Jogja buka setiap hari Selasa – Minggu mulai pukul 09.00 – 16.00 WIB dan tutup setiap hari Senin dan hari libur nasional.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button