Nikmati perjalanan dengan moda transportasi yang unik, hanya di Kota Solo - WisataHits
Jawa Tengah

Nikmati perjalanan dengan moda transportasi yang unik, hanya di Kota Solo

TRIBUNJATIM.COM – Kota Solo memiliki berbagai fasilitas wisata yang lengkap. Tidak hanya tempat wisata, kuliner, batik, atau sejenisnya keahlianSolo juga memiliki fasilitas pariwisata yang tidak dimiliki daerah lain.

Fasilitas wisata yang dimaksud adalah kereta uap Jaladara, bus Werkudara dan kendaraan listrik wisata.

Kereta Uap Jaladara memiliki jalur kereta api yang melintasi jalan utama Slamet Riyadi, menjadikannya pilihan tepat bagi wisatawan yang ingin merasakan seperti sedang menaiki kereta uap tua.

Dikenal sebagai Sepur Kluthuk Jaladara, kereta uap kuno ini telah ada sejak zaman kolonial hingga ribuan tahun.

Sepur Kluthuk Jaladara beroperasi pada lokomotif uap C1218 atau lokomotif uap D1410 dan beroperasi pada jalur kereta api dari Stasiun Purwosari menuju Stasiun Solo Kota.

Kereta api ini diresmikan pada Minggu (27/9/2009) oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Jusman Syafi’I Djamal bersama Wali Kota (Walkot) Solo Joko Widodo dengan pemberangkatan perdana dari Balai Pelayanan Walkot Kota Solo, Loji Gandrung.

Kereta Uap Jaladara berhenti di beberapa tempat wisata yaitu Loji Gandrung, Museum Batik Danar Hadi, Museum Radya Pustaka, Persimpangan Pasar Pon Koridor Gatsu-Ngarsopuro, Kampung Batik Kauman, Beteng Trade Center, Gladag Langen Bogan, Stasiun Solo Kota.

Tak hanya kereta uap, Kota Solo juga menghadirkan sejumlah sarana transportasi wisata lainnya yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah bus Werkudara yang siap mengantar wisatawan keliling kota Solo.

Rute bus Werkudara melewati beberapa tempat wisata legendaris di kota Solo, seperti Stadion Manahan, Stasiun Kereta Api Purwosari, Jalan Slamet Riyadi, Balai Kota Solo, Pasar Gede, Taman Satwa Taru Jurug dan Makam Pahlawan.

Tarif bus Werkudara bun cukup terjangkau yaitu Rp 20.000 per orang. Bus ini juga bisa disewa dengan harga Rp 800.000 per unit.

Namun, Bus Werkudara hanya memiliki jam operasional setiap akhir pekan, yaitu Sabtu dan Minggu.

Kendaraan unik lainnya di kota Solo adalah kendaraan listrik untuk wisatawan. Selain ramah lingkungan, bentuk kendaraan listrik ini cukup unik.

Ada tiga itinerary yang bisa dipilih wisatawan untuk menikmati kendaraan listrik saat berkeliling kota Solo.

Selanjutnya ada becak. Becak digunakan untuk mengantar wisatawan ke berbagai tempat menyenangkan. Para pengemudi becak juga sangat memahami tempat-tempat wisata yang instagramable dan sayang untuk dilewatkan.

Jadi tunggu apa lagi? Datanglah ke Solo dan jelajahi kota dengan moda transportasi wisata unik yang bisa Anda pilih.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button