Nikmati Pecel Pakis Colo, kuliner lezat khas kudu - WisataHits
Yogyakarta

Nikmati Pecel Pakis Colo, kuliner lezat khas kudu

LANGIT7.ID, KUDUS – Desa Colo merupakan salah satu desa di kawasan pegunungan Muria, desa ini menawarkan destinasi wisata kuliner yang khas.

Salah satu kuliner tersebut adalah Pecel Pakis Colo yang bisa dijadikan menu sarapan hingga malam hari.

Desa Colo terletak di Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah Sahabat Langit7 dapat mencapai desa ini dalam waktu sekitar 30 menit dari pusat kota Kudus. Di kawasan ini, Sahabat Langit7 juga bisa menikmati pemandangan alam yang menakjubkan berupa pemandangan pegunungan yang sejuk dan asri.

Sepintas masakan Pecel Pakis ini sama dengan Pecel pada umumnya, namun sayur yang digunakan adalah daun pakis yang tumbuh secara alami di desa yaitu di tebing.

Baca juga: 6 Makanan Khas Kota Pahlawan yang Dijamin Bikin ketagihan

Biasanya potongan ini disajikan dengan nasi putih hangat, sayuran hijau dan saus kacang.

Tak hanya itu, penjaja pecel pakis kerap menawarkan berbagai lauk tambahan, mulai dari telur dadar atau mata sapi, tempe goreng, perkedel, dan udang gimbal.

Amir salah satu penjual pakis pecel mengatakan pakis ini merupakan tanaman yang tumbuh secara alami dan tidak ada perkebunan.

“Bunga pakis ini, yang berwarna hijau, tumbuh secara alami di tebing. Untuk bumbu pecelnya kamu siapkan kacang gorengnya sendiri, lalu ditambah bawang bombay, kencur dan terasi,” kata Amir, seperti dikutip Minggu (13/11/2022).

Baca Juga: Pesona Pantai Siung, Destinasi Wisata Unggulan di Gunungkidul

Menurut dia, dalam pemaparannya, pakis direbus atau disiram air panas, namun tidak terlalu panas. Alasan untuk ini adalah bahwa ini mempengaruhi rasa dari potongan pakis.

Pecel pakis memiliki rasa yang gurih dengan bumbu kacang yang dicampur dengan daun pakis segar. Perpaduan ini cocok disantap dengan nasi hangat, tak heran sajian ini sangat digemari wisatawan.

(Lembut)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button