Nikmati ketinggian bukit ajaib sampai ke bawah - WisataHits
Jawa Barat

Nikmati ketinggian bukit ajaib sampai ke bawah

Lubuklinggau, Detiksumsel.com — Semilir angin pagi yang begitu rindang terasa sejuk menerpa pepohonan hijau di Bukit Sulap, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Udaranya yang segar, tidak tercemar oleh berbagai polusi, membuat kota yang satu ini seolah menjadi kawasan yang tidak diinjak-injak oleh manusia.

Itu sendiri disebut Bukit Ajaib karena ketika malam menghilang, itu tidak tampak ajaib di mata. Banyak penduduk setempat yang mengasosiasikan bukit ini dengan berbagai hal mistis dan sering digunakan untuk ritual dan bertapa.

Banyak orang beranggapan bahwa kota Lubuklinggau masih merupakan bagian kecil dari kota, dibiarkan seperti dusun di pedalaman. Namun persepsi tersebut akan berubah jika mereka segera mengunjungi kota Bukit Ajaib.

Lubuk Linggau menjadi hidden gem bagi para traveller di Sumatera Selatan karena kota yang luasnya kurang dari 400km ini memiliki banyak tempat wisata alam yang masih asri dan paling banyak dicari oleh wisatawan. Yang terpenting, harga tiket wisata di sini sangat terjangkau dibandingkan dengan wisata tamasya lainnya, bahkan jika diperhitungkan rata-rata nominalnya relatif murah dan pas dengan kantong pelajar.

Ada banyak wisata yang bisa dikunjungi di sini, mulai dari dataran tinggi seperti Bukit Ajaib, air terjun Temam yang rindang, desa tepi sungai warna warni, taman bunga di tepi sungai Kelingi dan yang paling ramai adalah pemandian air panas Suban. Dan masih banyak lagi keindahan yang bisa di explore disini.

Rasanya belum cukup menjelajahi semua wisata di sini dalam tiga hari. Bukit Sulap yang terletak di Jalan Bengawan Solo, Kecamatan Ulak Surung, Kecamatan Lubuk Linggau Utara II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan ini menawarkan wisatawan akses jalan yang nyaman serta berbagai food court dan balkon untuk menikmati foto terbaik untuk dijadikan spot. Tak hanya itu, untuk mengakses puncak gunung, walikota telah membangun Kereta Miring yang bisa digunakan wisatawan secara gratis.

Harga tiket masuk sekitar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.

Untuk wisata air, Anda bisa mencoba Air Terjun Temam atau Pemandian Air Panas Suban dengan tiket masuk Rp 10.000 per orang. Di sini pengunjung diperbolehkan berenang di sungai dan di dekat air terjun. Jika wisatawan menginginkan sesuatu yang lebih menantang, mereka juga menawarkan arung jeram di sini di sepanjang sungai di sekitar Watervang.

Wali Kota Lubuk Linggau, Prana Putra Sohe, terus berupaya meningkatkan daya tarik wisata kota ini agar wisatawan dari luar provinsi bisa melihatnya, bahkan Gubernur Sumsel, Herman Deru mengatakan, dana anggaran untuk pariwisata sangat besar. perlu dimaksimalkan hasilnya sangat terasa. “Dan menjelang akhir tahun, manfaat dari program pembangunan ini harus dirasakan langsung oleh warga. Oleh karena itu, konsepnya juga harus dijelaskan, apakah Lubuklinggau akan fokus pada pengembangan wisata modern atau wisata alam atau juga wisata olahraga,” tambah Herman Deru. Selain yang tak kalah pentingnya, kata Herman Deru, dalam mengakomodir kebutuhan tersebut, Pemkot juga harus mampu mengidentifikasi apa yang diinginkan warga dan apa yang bisa dibanggakan. Ia menggunakan istilah “nujah mato” atau mencolok dan bisa membuat warga senang dan heboh. Sektor pariwisata yang maju dan kreatif akan meningkatkan taraf ekonomi dan pendapatan daerah masyarakat setempat.

Pemerintah Kota (Pemkot) Lubuklinggau, Sumatera Selatan dan Kota Padang, Sumatera Barat mengapresiasi perkembangan pariwisata Kota Bandung. Oleh karena itu, kedua pemerintah kota ingin belajar tentang pengembangan pariwisata dari Kota Bandung.

“Kami ingin bisa saling berbagi informasi dan belajar bagaimana mengelola sektor pariwisata kota Bandung,” kata Wali Kota Lubuklinggau SN Prana Putra Sohe saat ditemui Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana di pertemuan Balai Kota Jalan Wastukancana.

Prana mengungkapkan, Kota Lubuklinggau sedang giat mengembangkan industri pariwisata. Melihat potensi pariwisata dan pemerintahan di Kota Bandung, Prana optimis dapat meraih hasil positif dalam upaya mengembangkan industri pariwisata di Lubuklinggau. Kunjungan Walikota Lubuklinggau ini juga bertepatan dengan kunjungan Pemerintah Kota Padang yang diwakili dalam hal ini Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang Arifin beserta jajarannya.

Kota Bandung dikenal luas sebagai tujuan wisata populer bagi wisatawan domestik dan mancanegara. Menurut Disbudpar Kota Bandung, hingga 7,2 juta wisatawan lokal mengunjungi Kota Bandung pada tahun 2018. Angka tersebut ditambah dengan 351.000 wisman yang singgah di Kota Bandung.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button