Nikmati kesegaran Ciblon di 9 Mata Air Alami Sendang Senjoyo Semarang - WisataHits
Jawa Tengah

Nikmati kesegaran Ciblon di 9 Mata Air Alami Sendang Senjoyo Semarang

Kabupaten Semarang

Kabupaten Semarang memiliki wisata air yang selalu ramai dikunjungi wisatawan, namanya Sendang Senjoyo. Sumber ini tepatnya berada di Jalan Senjoyo IV, Boto, Tegalwaton, Kecamatan Tengaran, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Pengelolaan Wisata Senjoyo diambil alih oleh Pemdes setempat.

Sendang Senjoyo memiliki sembilan mata air. Air di setiap mata air sangat jernih sehingga dasar mata air dapat terlihat dengan jelas.

Mata air ini diapit oleh rerimbunan pohon tua yang besar, terdapat petilasan di tengah mata air yang ramai dikunjungi orang pada hari-hari tertentu. Suasana alam sangat terasa ketika sesekali terdengar suara jangkrik dari rimbunnya pepohonan.

Tak hanya kolam dengan air jernih dan dingin yang menyambut pengunjung. Ada juga kolam dengan ratusan ikan warna-warni. Ikan-ikan tersebut sengaja dirawat guna menambah daya tarik bagi wisatawan.

Pengunjung Sendang Senjoyo tidak hanya warga lokal. Namun banyak juga yang berasal dari daerah sekitarnya, seperti kota Salatiga, Boyolali dan Semarang. Mereka berduyun-duyun menikmati kejernihan mata air.

Dari pengawasan detikJateng pengunjung terlihat datang dan pergi di situs. Dari pagi hingga malam, pemandian Senjoyo tidak pernah sepi. Meski hujan, pengunjung tetap berdatangan. Pengunjung yang datang pun sangat beragam, mulai dari anak-anak hingga lansia.

Mata Air Senjoyo, Tegalwaton, Kabupaten Semarang.Mata Air Senjoyo, Tegalwaton, Kabupaten Semarang. Foto: Ria Aldila Putri/ detikJawa Tengah

Pihak pengelola pemandian juga menyediakan berbagai fasilitas yang dapat menunjang pemulihan. Mulai dari ban karet, ruang ganti dan kamar kecil hingga warung yang menawarkan aneka jajanan dan makanan.

Sendang Senjoyo sendiri terdiri dari 3 kolam besar. Kolam pertama berukuran kurang lebih 5 meter kali 10 meter dengan kedalaman 1,5 meter.

Lalu ada kolam seluas sekitar 30 meter persegi dengan kedalaman 1 meter yang berisi ratusan ikan. Pengunjung bisa berenang di kolam dan bermain dengan ikan.

Selanjutnya ada kolam seluas 50 meter persegi yang bisa digunakan untuk perahu kano dan bebek.

Menariknya, pengunjung bisa menikmati jajanan dan duduk-duduk di tengah sungai yang membelah Umbul Senjoyo.

Baca selengkapnya di halaman selanjutnya….

Saksikan video Kisah Korban Banjir Bandang di Semarang, Properti Habis Terjual
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button