Nikmati Festival Tasik Baseuh dan Wisata Raise River di kota Tasikmalaya - WisataHits
Jawa Barat

Nikmati Festival Tasik Baseuh dan Wisata Raise River di kota Tasikmalaya

TIMESINDONESIA, TASIKMALAYA – Tasik Baseuh Enjoy 7 Festival digelar di kota Tasikmalaya pada Minggu (16/10/2022).

Ratusan kasau tampak sibuk membawa perlengkapan, beberapa pemandu sungai membantu metode dan teknik menggunakan pelampung, sementara beberapa yang membawa dayung berbaris untuk berfoto selfie di photo booth untuk mengabadikan momen tersebut.

Ke 356 peserta yang berasal dari berbagai kota di wilayah Priangan Timur dan Jakarta ini akan terpacu adrenalinnya dengan mencoba serunya jeram Sungai Ciwulan di Kota Tasikmalaya.

Tepat pukul 11.00 WIB, acara Tasik Baseuh Enjoy 7 (TBE#7) yang merupakan bagian dari HUT Kota Tasikmalaya ke-21 dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Olahraga Pemuda Kota Tasikmalaya.

Di titik start Desa Leuwibudah, Desa Tanjung, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, puluhan perahu dan nakhoda berdiri siap mengawal dan memandu peserta TBE#7 menelusuri pesona alam Ciwulan – bisa menikmati sungai.

C-Sundara.jpgSundara, Kepala Bidang Tantangan dan Pariwisata, Olahraga Petualangan, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Foto: Harniwan Obech/TIMES Indonesia)

Sejak tahun 2020, TBE telah ditambahkan ke kalender acara Jawa Barat (CEO). TBE ini diselenggarakan oleh para aktivis lingkungan dan atlet amatir yang tergabung dalam Republik Aer Tasikmalaya dan Pimpinan Cabang Federasi Arung Jeram Indonesia (FAJI).

Ketua Pelaksana TBE#7 Asep Maksum CHPT mengatakan dalam side meeting bahwa acara TBE#7 baru saja diadakan kembali setelah dua tahun absen karena pandemi Covid-19.

Menurutnya, Festival Sungai Tasik Baseuh ke-7 merupakan agenda wisata arung jeram, kalender kegiatan se-Jawa Barat, yang dijadikan sebagai media Kampanye Pelestarian Sungai Ciwulan.

“Harapannya kita bisa mengurangi sampah plastik secara bertahap untuk mendorong pengembangan destinasi wisata yang berdampak pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Sungai Ciwulan,” harapnya.

Asep Maksum CHPT yang biasa disapa Copet mengatakan, arung jeram di TBE#7 berlangsung sekitar 2,5 jam dan jarang menempuh 14 km melintasi empat desa di kecamatan Kawalu kota Tasikmalaya.

“Kondisi air Ciwulan lumayan bagus, tapi untungnya agak besar, tapi untuk fun rafting sangat cocok dan aman untuk dilalui oleh keluarga dan anak-anak,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya, Hadian, mengatakan kawasan di sepanjang Sungai Ciwulan memiliki potensi besar untuk dimanfaatkan sebagai destinasi wisata alam.

“Mengenai kelayakan: Menurut FAJI sudah layak. Sejak digunakan untuk kejuaraan arung jeram nasional, bahkan beberapa pegiat arus deras dari berbagai kota di Indonesia dengan berbagai jenis permainan sering melakukan aktivitas di sungai ini,” katanya.

Menurut Hadian, Pemkot Tasikmalaya akan terus mendukung keberadaan Sungai Ciwulan sebagai destinasi wisata air dengan penataan alur sungai dan fasilitas pendukungnya.

Rafting-Sungai-Ciwulan-a.jpg

“Bentuk dukungan kami adalah desain Sungai Ciwulan, terutama untuk membuat kualitas air lebih jernih. Tapi tergantung masyarakatnya agar tidak membuang sampah ke sungai Ciwulan,” pungkasnya

Di tempat yang sama, seusai mengikuti kegiatan arung jeram, Kepala Dinas Olahraga, Petualangan, Tantangan, dan Pariwisata Kementerian Pemuda dan Olahraga, C. Sundara, mengatakan bahwa program Tasik Baseuh Enjoy di Kota Tasikmalaya merupakan program yang harmonis dengan program pemerintah pusat.

“Insya Allah ke depan kami akan mendukung tidak hanya kegiatan ini (TBE) tetapi juga yang terkait dengan wisata air seperti kegiatan arung jeram,” ujarnya.

C. Sundara menyampaikan bahwa pada tahun 2023, Kementerian Pemuda dan Olahraga memiliki program untuk menggali dan mengembangkan potensi pariwisata melalui bimbingan teknis agar pariwisata olahraga khususnya dapat berkembang di kota Tasikmalaya.

**)

Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button