Night Zoo hadir untuk menjawab rasa penasaran masyarakat - WisataHits
Berita Wisata

Night Zoo hadir untuk menjawab rasa penasaran masyarakat

Night Zoo hadir untuk menjawab rasa penasaran masyarakat

TAMAN Safari Bogor punya kebun binatang malam atau Night Safari, yang telah berjalan selama beberapa tahun. Meski tujuan utama program ini bukan untuk meningkatkan jumlah kunjungan, safari malam memang meningkatkan jumlah wisatawan. Hingga saat ini, safari malam hanya bisa dinikmati pada akhir pekan atau hari libur nasional.

“Rata-rata 300 sampai 600 orang semalam selama tiga bulan terakhir,” kata Emeraldo Parengkuan, General Manager Taman Safari Bogor saat dihubungi. Jawa Pos pada hari Jumat (3.2.). Lonjakan kunjungan selalu terjadi pada saat peak season seperti Lebaran, Akhir Tahun dan Tahun Baru atau Imlek. Ini karena Night Safari buka lebih dari sekali dalam seminggu.

“Akhir tahun (libur) kami buka dari tanggal 24 Desember sampai malam tahun baru,” jelasnya.

Pada dasarnya safari malam dan safari siang tidak jauh berbeda. Alat transportasi tidak sama. Sementara pengunjung diperbolehkan mengendarai kendaraan pribadi mereka melalui zona binatang pada siang hari, tidak demikian halnya pada malam hari.

Taman Safari Bogor menawarkan kereta khusus yang memiliki desain terbuka. Semua jendela tanpa kaca. “Karena melalui alam terbuka, sebaiknya memakai pakaian hangat,” perintah Emeraldo.

Night Safari juga menghadirkan pertunjukan bertema khusus. Temanya berbeda-beda tergantung momennya. Ada yang bertemakan Halloween, Imlek, Tarzan dan sebagainya. Emeraldo menegaskan, safari malam sengaja dihadirkan untuk melengkapi fasilitas yang ditawarkan Taman Safari Bogor kepada masyarakat.

Safari malam bukan sekadar upaya untuk menarik kunjungan wisatawan. Pasalnya, jumlah pengunjung di Taman Safari Bogor relatif stabil pada level yang baik. Yaitu sampai ribuan dalam sehari.

“Itu hanya tambahan. Tidak ada misi khusus untuk mendorong kunjungan,” katanya.

Melalui safari malam, Taman Safari Bogor mengajak masyarakat untuk merasakan kehidupan malam satwa di alam liar. Semuanya alami, tanpa pengaturan apapun. Hewannya tetap sama, tetapi perilakunya berbeda. Menikmati alam dan satwanya di malam hari juga menjadi pengalaman tersendiri bagi pengunjung.

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button