Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep - Erina Gudono, Erick Thohir: Jaga kebersihan setelah solo event - WisataHits
Yogyakarta

Ngunduh Mantu Kaesang Pangarep – Erina Gudono, Erick Thohir: Jaga kebersihan setelah solo event

TEMPO.CO, Surakarta – Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Eric Thohir diatur agar acara Nunduh Mantu bertepatan dengan pernikahan putra bungsu Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, dan calon istrinya, Erina Gudono, di kantor Wali Kota Solo Loji Gandrung. Pura Mangkunegaran untuk resepsi.

Erick berperan sebagai Kepala Pelaksana Kaesang – Pernikahan Erina. Namun saat ditanyai wartawan saat gladi bersih yang digelar di Pura Mangkunegaran Solo pada Minggu, 27 November 2022, Erick ragu untuk langsung menjawab.

Erick Thohir mengatakan tentang Solo

“Saya akan bantu. Yang penting acara berjalan lancar. Perlu dukungan media dan masyarakat. Harapannya setelah acara Solo tetap bersih, keamanan tetap terjaga dan kita Solo lagi.” salah satu destinasi wisata nasional dan dunia,” ujar Erick.

Menurut Erick, dia membantu Kaesang karena sudah dianggap bagian dari keluarganya. “Mas Kaesang sudah seperti keluarga saya, keponakan,” jawabnya.

Simulasi prosesi Ngunduh Mantu dilakukan di Loji Gandrung dilanjutkan dengan kirab dengan arak-arakan emas dari Loji Gandrung menuju Pura Mangkunegaran. Namun, baik Kaesang maupun Erina tidak menghadiri gladi resik sebagai pengantin. Hanya Erick Thohir dan dua menteri lainnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, yang menghadiri gladi bersih tersebut.

Dari Loji Gandrung ke Pura Mangkunegaran

“Jadi alhamdulillah hari ini (sample) Mantu ada di Loji Gandrung untuk download. Semua acara disana hanya naik kereta disini (Pura Mangkunegaran). Dan tentu saja kebiasaan kami juga dihormati di sini. Jadi akan ada lebih banyak belasungkawa di sini, bukan? sesuatu yang mengubah adat istiadat yang sudah kita pahami dan hormati,” kata Erick usai gladi bersih.

Erick mengatakan, akad nikah akan digelar di Yogyakarta pada 11 Desember 2022 atau sehari setelah akad nikah. Ngunduh Mantu akan menggunakan 9 hingga 10 gerbong emas yang dikendarai pengantin baru untuk keluarga dan mertua Presiden.

“Ya tentu saja para menteri keluarga Presiden tidak ikut,” ujarnya.

Gladi bersih pernikahan pada Minggu ini, lanjut Erick, dilakukan dengan tujuan agar masyarakat tidak terganggu dengan digelarnya rangkaian acara pernikahan.

“Aktivitas masyarakat tetap berjalan. Nanti pengantin baru kita sapa dan kemudian masyarakat beraktifitas seperti biasa, tapi disana juga kita persiapkan bagaimana ada pesta rakyat, ada 9 titik ya 8 titik kegiatan dan komunitas musisi, seni komunitas” ujarnya. .

Pada gladi bersih ipar Nunduh, Erick juga didampingi oleh Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo, adik KGPAA Mangkunegara X yang lebih banyak mengucapkan syukur. Prosesi inti mertua Nunduh berlangsung di Loji Gandrung, seperti yang dikatakan Pak Erick,” kata Sura, sapaan akrab Gusti Raden Ajeng Ancillasura Marina Sudjiwo.

SEPTIA RIANTHIA

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button