Ngapain ke puncak macet, wisata di Sentul juga asyik - WisataHits
Jawa Barat

Ngapain ke puncak macet, wisata di Sentul juga asyik

Ngapain ke puncak macet, wisata di Sentul juga asyik

jakarta

Setiap akhir pekan jalan menuju Puncak Bogor selalu macet. Untuk merasakan dingin dan indahnya Bogor, Anda juga bisa pergi ke Sentul.

Sentul merupakan salah satu kawasan di Bogor yang menyuguhkan pemandangan pegunungan hijau dan udara segar. Tujuan Wisata Sentul umumnya di Kecamatan Babakan Madang Kabupaten Bogor.

Tempatnya tidak jauh dari Puncak dan sering dipilih wisatawan sebagai destinasi alternatif. Selain itu, jenis wisata di Sentul juga beragam, mulai dari curug atau air terjun hingga taman air dan kafe modern.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Berikut rekomendasi tempat wisata di Sentul yang asyik untuk dikunjungi:

1. Hutan Hujan Sentul

Sentul Rainforest menjadi salah satu alternatif warga untuk mengisi akhir pekan.  Anda akan diajak trekking dengan pemandangan sawah dan hutan pinus yang hijau.Hutan Hujan Sentul. Foto: Grandyos Zafna

Sentul Rainforest terletak di Desa Cigobang, Desa Karang Tengah, Bogor. CO Founder Sentul Rainforest, Erry menjelaskan, konsep wisata di sana mengajak pengunjung untuk menikmati alam dan berinteraksi dengan masyarakat setempat.

Hal ini juga terkait dengan pengelolaan tempat wisata bekerjasama dengan Perhutani sebagai pemilik hutan dan masyarakat desa yang mendiami dan mengelola Hutan Hujan Sentul. Disana traveler akan ditemani guide lokal untuk menjelajahi hutan Sentul.

Di hutan hujan Sentul, traveler bisa menikmati forest walk, trekking ke Gua Garunggang, menikmati kuliner khas Desa Cigobang, minum kopi di Under the Coffee Tree Shop, piknik, bersepeda, dan berkemah.

2. Pendeta Leuwi Kunten

Curug Leuwi Kunten di Sentul, BogorCurug Leuwi Kunten di Sentul, Bogor. Foto: Azril Shiva untuk detikcom

Curug Leuwi Kunten Sentul Bogor terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Sentul, Bogor. Curug Leuwi Kunten memiliki air yang jernih dengan aliran yang tidak deras.

Jika ingin basah tapi masih takut, Anda bisa menyewa ban, jaket pelampung, dan helm di area air terjun. Bagi yang tidak ingin berenang, traveler bisa berfoto di atas jembatan bambu. Atau duduk santai di gubuk-gubuk bambu di tepi sungai.

Biaya masuknya adalah Rp 20.000 (akhir pekan) dan Rp 15.000 (hari kerja). Curug Leuwi Kunten buka setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB.

3. Resor Mandapa Kirana

Resor Mandapa Kirana di SentulResor Mandapa Kirana di Sentul. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Tak jauh dari Jakarta, Mandapa Kirana Resort menawarkan pemandangan unik Pura Lempuyang Luhur di Bali. Lokasinya berada di Jalan Raya Bojong Koneng Babakan Madanag, Sentul dan dapat ditempuh dengan mobil sekitar 90 menit dari Jakarta.

Meski tidak semegah yang ada di Bali, gapura batu berukir ini cukup menggugah rasa penasaran pengunjung untuk foto serupa. Di belakang adalah pemandangan hijau Gunung Pancar.

Selain berfoto, traveler juga bisa bersantap di restoran. Beragam menu ditawarkan, mulai dari menu khas nusantara hingga mancanegara. Untuk masuk ke sini, pengunjung harus membayar tiket Rp 50.000 per orang, yang nantinya bisa ditukarkan dengan minuman atau makanan.

4. Kopi Koneng

Kopi Koneng di SentulKopi Koneng di Sentul. Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom

Kopi Koneng menjadi kafe hits yang banyak diulas netizen di media sosial. Keunggulan kafe ini terlihat pada desain dan atraksi khas pedesaan yang menghadirkan kenyamanan bagi penduduk kota.

Kopi Koneng terletak di Jalan Gunung Batu, Desa Bojong Koneng, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Ada ruang indoor dan outdoor berupa gubuk. Lalu ada juga danau dan kebun binatang mini, di mana terdapat kelinci hingga domba Marino.

Datang ke Kopi Koneng, belum lengkap rasanya tanpa menyantap aneka makanan dan minuman. Makanan di sini bervariasi dari makanan berat hingga makanan ringan. Lalu ada hidangan Barat, Asia, hingga lokal untuk jenisnya.

Karena harganya bervariasi. Harga sembako mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 100.000. Sedangkan minuman harganya mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 35.000.

5. Gaya hutan Resto Alam

Resto bergaya hutan alami di Sentul, BogorResto bergaya hutan alami di Sentul, Bogor. Foto: Andhika Prasetia/detikcom

Gaya Rimba Resto Alam berada di Jalan Curug Bidadari, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Restoran ini mengusung tema seperti bersantap di rumah pohon.

Yang lebih lucu lagi, pengunjung yang makan di sana bisa melihat Gunung Pancar dan Gunung Ciung secara langsung. Kuliner yang ditawarkan berupa menu tradisional seperti Nasi Liwet yang diolah langsung oleh masyarakat setempat.

Di Gaya Rimba Resto Alam, selain bisa makan dan jalan-jalan, pengunjung juga bisa menikmati berbagai permainan. Pengunjung bisa bermain panahan, paintball, menunggang kuda, dan berkemah. Ada juga live music untuk pecinta musik.

Simak video “Hanya 1 jam dari Jakarta, kini Anda bisa menikmati indahnya Bali di Sentul”.
[Gambas:Video 20detik]
(pin/soket)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button