Nelayan Pantai Baron gelar Labuhan - WisataHits
Yogyakarta

Nelayan Pantai Baron gelar Labuhan

GUNUNGKIDUL, (KH), – Nelayan dan masyarakat di kawasan Pantai Baron, Kalurahan Kemadang, Kapanewon Tanjungsari, Gunungkidul yang tergabung dalam Kelompok Nelayan Mina Samudera menggelar ritual Sedekah Laut pada Rabu (10/05/2022).

Tak pelak, ritual tersebut menarik perhatian ribuan warga dan wisatawan. Mereka yang datang menyaksikan prosesi pelabuhan atau padang rumput laut.

Panewu Tanjungsari, Edi Sedono mengatakan, ritual Sedekah Laut sudah menjadi tradisi turun temurun bagi warga sekitar. Ritual ini diadakan setiap tahun sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan atas ikan yang ditangkap.

“Alhamdulillah atas karunia panen atau penangkapan ikan dan keamanan mencari nafkah,” katanya.

Acara amal laut dimulai dengan pesta. Ratusan warga yang datang membawa beragam makanan olahan khas dari bumi, Jalan Uba ritual pengorbanan. Warga membawa berbagai makanan di pundak mereka ke atas panggung di Pantai Baron. Ritualnya diawali dengan doa lalu ada pula yang dituntun ke pantai.

Uba landai dengan bunga aneka warna kemudian ditaburkan di tepi pantai. Sedangkan sesaji dipikul di bahu perahu nelayan setempat untuk dibuang ke laut.

Panewu berharap kearifan lokal warga dapat dilestarikan setiap tahunnya. Bahkan menggarap objek wisata.

Menurut Edi, meski setahun sekali, tradisi tersebut sedikit banyak mampu meningkatkan kesejahteraan warga setempat. Karena bila dikemas sebagai daya tarik wisata, tradisi tersebut dapat menarik lebih banyak wisatawan.

Wakil Bupati Gunungkidul, Heri Susanto, turut menyaksikan prosesi sedekah ini dari awal hingga akhir. Itu juga mengapung atau melepaskan Jalan Uba dan persembahan yang disiapkan.

Wakil Bupati berharap ada sinergi lintas industri untuk melestarikan tradisi ini dan mengangkatnya sebagai objek wisata. Tradisi Labuhan merupakan bagian dari keistimewaan yang harus dilestarikan.

“Semoga juga membuat masyarakat Gunungkidul lebih tenang, semangat gotong royong semakin kuat, selalu menjaga soliditas, solidaritas dan kekeluargaan.

Selain itu, hadir pula Wakil Bupati Gunungkidul, Kepala Bidang Perikanan Tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Gunungkidul, Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Dinas Pariwisata dan sejumlah tokoh masyarakat. juga hadir. (perjalanan)

komentar

komentar

Source: kabarhandayani.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button