Natal, 32.426 wisatawan berkunjung ke Gunungkidul - WisataHits
Yogyakarta

Natal, 32.426 wisatawan berkunjung ke Gunungkidul

REPUBLIKA.CO.ID, WONOSARI – Dinas Pariwisata Kabupaten Gunungkidul Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat jumlah kunjungan wisatawan selama liburan Natal 2022 pada Sabtu dan Minggu (24-25/12/2022) mencapai 32.426 orang.

Kepala Dinas Pariwisata Gunungkidul Mohammad Arif Aldian mengatakan ada 13.062 pengunjung pada Sabtu dan 19.364 pada Minggu. “Wisatawan itu berasal dari Jawa Timur, Jawa Tengah, dan DIY,” kata Arif.

Dikatakannya objek wisata pantai masih menjadi incaran utama di Gunungkidul. Pantai yang membentang dari timur ke barat dan memiliki pasir putih yang sangat bagus menjadi daya tarik tersendiri.

Selain itu, wisatawan bisa menikmati aneka hidangan dari ikan laut. Juga tempat menginap yang unik. “Mayoritas wisatawan yang berkunjung ke pantai berkisar antara 85 hingga 90 persen dari total kunjungan wisatawan,” ujarnya.

Arif mengatakan, saat liburan Natal, Pantai Kukup-Mesra, Pantai Pulang Syawal, dan Pantai Sepanjang paling banyak dikunjungi. “Pantai ini memiliki tempat parkir yang luas, mudah diakses dan pantainya sangat indah,” jelasnya.

Arif mengimbau para wisatawan untuk menjaga keamanan dan mengatur diri sendiri serta mematuhi rambu-rambu peringatan yang ada dan anjuran dari petugas.

“Saat ini cuaca tidak mendukung akibat hujan dan angin kencang di pesisir selatan. Himbauan kepada pengunjung atau wisatawan untuk menjaga keamanan dan ketertiban diri, memperhatikan rambu-rambu peringatan yang ada dan himbauan petugas,” katanya.

Sebelumnya, Dishub Gunungkidul menyiapkan 10 posko pelayanan di jalur wisata dan objek wisata bagi pemudik dan wisatawan selama liburan Natal dan Tahun Baru 2022.

Kepala Dinas Perhubungan Gunungkidul Rakhmadian Wijayanto mengatakan, 10 posko pelayanan itu terletak di Hargodumilah, Patuk, Bundaran Siyono, Terminal Semin dan lima posko di jalur wisata pantai. Titik pemantauan akan berlangsung mulai 24 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023.

“Di depan Pasar Argosari Wonosari dan Pantai Pulang Sawal juga sudah dipasang posko untuk memantau parkir. Data dan pos pengaduan juga sudah kami siapkan. Area sistem kontrol lalu lintas (ATCS) dan fasilitas jalan juga sudah disiapkan,” kata Rakhmadian.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button