Nasi Pecel-Sruntul Bu Saudah Bubur Mbak Toety - WisataHits
Jawa Timur

Nasi Pecel-Sruntul Bu Saudah Bubur Mbak Toety

Nasi Pecel-Sruntul Bu Saudah Bubur Mbak Toety

Surabaya

Suatu daerah biasanya memiliki kuliner yang ikonik atau menggugah rasa penasaran. Misalnya orang yang baru pertama kali jalan-jalan ke Surabaya pasti penasaran dengan Rawon Devil.

Contoh lain: banyak orang yang lalu lalang di pesisir utara Situbondo penasaran dengan sate merpati. Mereka yang merasa dikenal tidak pernah mengingkari janji.

Sama halnya dengan Mojokerto. Di Bumi Majapahit terdapat beberapa kuliner yang namanya sudah dikenal luas dan menggugah rasa penasaran banyak orang.

Pengikut detik Jawa Timur merangkum empat diantaranya, dikutip dari website resmi Himpunan Mahasiswa Akuntansi Unimus. Paling sering, nama koki menyertakan nama pemiliknya. Jadi mudah diingat.

Kuliner Ikonik di Mojokerto:

1. Nasi Pecel Mbak Toetys

Di Jawa Timur, nasi pecel identik dengan menu sarapan.  Tapi tidak dengan Nasi Pecel Mbak Toety.  Karena nasi pecel ini hanya buka saat senja.Ilustrasi nasi pecel/foto: detikFood

Di Jawa Timur, nasi pecel identik dengan menu sarapan. Tapi tidak dengan Nasi Pecel Mbak Toety. Karena nasi pecel ini hanya buka saat senja.

Nasi Pecel Mbak Toety adalah salah satu tempat kuliner paling terkenal di Mojokerto. Seperti nasi pecel pada umumnya, sajian kuliner ini menyajikan nasi dan aneka sayuran mulai dari kacang panjang, taoge hingga kangkung.

Nasi dan sayuran tersebut kemudian diberi bumbu pecel yang terbuat dari kacang dengan tambahan sambal. Rempeyek kacang yang renyah ditambahkan di atasnya.

Anda bisa memilih lauk pauk sesuai dengan selera Anda. Ada ayam goreng, tahu, tempe, telur bahkan sate ayam.

  • Alamat: Jalan Bhayangkara No. 12, Miji, Kecamatan Prajurit Kulon, Kota Mojokerto
  • Jam buka: 17.00-24.00 WIB.

2. Stand Cak Muk

Warung Cak Muk mengusung konsep duduk di lantai.  Stand ini cocok untuk makan bersama dengan keluarga atau teman.Olahan Ikan di Warung Cak Muk / Foto: Istimewa (dok.Instagram @warungcakmuk)

Warung Cak Muk mengusung konsep duduk di lantai. Stand ini cocok untuk makan bersama dengan keluarga atau teman.

Warung Cak Muk terkenal dengan nasi sambalnya. Menu yang ditawarkan sangat beragam. Mulai dari tempe penyet, ayam goreng, aneka olahan ikan, bebek bakar hingga nasi babat.

Warung cak muk juga dikenal dengan tahu gejrotnya yang menggoyang lidah. Tahu telur plus lontong diberi sambal pedas di atasnya.

  • Alamat: Jalan Taman Siswa No. 49, Purwotengah, Kecamatan Magersari, Kota Mojokerto
  • Jam buka: 09-00-22.00 WIB

3. Soto Daging Sapi H Sukron Mahmud

Berharga!  10 resep soto daging dan jeroan yang enakIlustrasi sup daging sapi/foto: detikfood/iStock

H Sukron biasa berjualan keliling dengan gerobak. Kini ia memiliki stand permanen yang sering dikunjungi banyak orang. Tempat ini juga menjadi tujuan wisata kuliner di Mojokerto.

Soto yang ditawarkan adalah soto daging khas Madura. Selain daging, soto dilengkapi dengan jeroan dan telur ayam. Lalu tuang kuah bening. Potongan dagingnya besar tapi empuk.

  • Alamat: Jalan Mojopahit No. 555, Prajurit Kulon, Mojokerto
  • Jam buka: 07.00 – 21.00 WIB

4. Bubur Sruntul Bu Saudah

Bubur Biji Kulit Kayu Candil ala kreasi SasaBubur Sruntul Ilustrasi/Foto: detikfood/Odilia

Bubur Sruntul Bu Saudah merupakan wisata kuliner legendaris di Mojokerto. Bubur Sruntul sudah ada sejak puluhan tahun lalu. Bisnis kuliner saat ini dijalankan oleh generasi kedua.

Bubur sruntul terbuat dari tepung sagu yang kemudian direbus hingga menjadi sruntul. Bubur ini memiliki tekstur yang kenyal dan rasa yang manis.

Dalam penyajiannya, Bubur Sruntul Bu Saudah ditambahkan santan. Sehingga rasa manis bercampur dengan rasa gurih.

  • Alamat: Jalan Mayjen Sungrono, Wates, Mojokerto
  • Jam buka: 08.00-18.00 WIB

Tonton videonya Tempe Botok Enak dan Enak Khas Mojokerto
[Gambas:Video 20detik]
(matahari/iwd)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button