Nara Kupu Jogja membawa harapan baru bagi revitalisasi ekonomi warga Sleman - WisataHits
Yogyakarta

Nara Kupu Jogja membawa harapan baru bagi revitalisasi ekonomi warga Sleman

KESEIMBANGAN

Sleman – Soft opening Kawasan Eduwisata Nara Kupu Jogja (NKJ) di kaki Gunung Merapi, lebih tepatnya di Pandanpuro, Hargobinangun, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), pada Sabtu (11/5) membawa harapan baru kebangkitan ekonomi. daripada pandemi COVID -19 melanda. .

Doni Darmawan, Field Manager Nara Kupu Jogja, mengatakan dengan menggelar pre-opening, pihaknya optimistis kedatangan wisatawan nusantara dan mancanegara di tempat-tempat dengan kawasan wisata yang berbeda akan mendukung sektor ekonomi masyarakat sekitar.

“Dengan soft opening Nara Kupu Jogja, kami optimis mulai saat ini masyarakat setempat memiliki harapan baru untuk meningkatkan kesejahteraan bersama melalui pengelolaan alam dan ekologis,” ujarnya.

Doni menjelaskan, pihaknya berkomitmen menjadikan NKJ sebagai kawasan pengelolaan yang berkelanjutan bagi usaha mikro, mulai dari pendidikan, produksi, pengelolaan, dan pemasaran. Misalnya, Doni mengatakan yang dilakukan pihaknya adalah mengedukasi warga tentang cara mengolah sampah organik.

Selain itu, NKJ juga mendukung upaya pemerintah mewujudkan ketahanan pangan dengan menjadikan pembangunan pertanian sebagai bagian dari perencanaan daerah.

“Tentunya kami terus membangun sinergi dengan masyarakat dan masyarakat sekitar dengan mendorong penggunaan material lokal. Kami juga akan menjadikan NKJ sebagai destinasi eco-cultural tourism dan agroedutourism yang terintegrasi dengan pemerintah daerah,” jelasnya.

Menurutnya, pihaknya akan terus melengkapi kawasan tersebut dengan fasilitas penunjang seperti perpustakaan, toko suvenir dengan produk hijau, klinik kesehatan, homestay dan kafe atau restoran, selain menjadi lokasi urban digital farming, peternakan rusa dan sapi.

“Kami juga memiliki prinsip mendukung gaya hidup sehat, termasuk mempromosikan makanan sehat berbahan sayuran organik, dan ini sudah kami mulai sejak lama bekerja sama dengan Wihrasa Group,” jelasnya.

Diketahui Nara Kupu Jogja juga memiliki kawasan wisata kuliner yang menyajikan berbagai makanan khas berbahan organik seperti Mie Jogja Mbah Walid, Pecel 57 dan lain-lain.

“Seperti yang telah disebutkan, kami ingin kolaborasi dan sinergi dengan semua pihak dari hulu hingga hilir. Dari penanaman hingga panen hingga produksi, semuanya disatukan untuk menciptakan lingkungan yang berorientasi masa depan dan digital,” kata Rayhan Christian, pemilik Wihrasa Group Sieg. (Mohar)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button