Napak Tilas Padepokan Coral Rock menjaga keberadaan pencak silat di KBB - WisataHits
Jawa Barat

Napak Tilas Padepokan Coral Rock menjaga keberadaan pencak silat di KBB

BANDUNG BARAT, iNews.id – Kabupaten Bandung Barat (KBB) tidak hanya kaya akan potensi wisata, tetapi juga kaya akan keanekaragaman seni dan budaya. Salah satunya adalah pencak silat yang terus dilestarikan dan dikembangkan di berbagai kecamatan dan desa.

Seperti keberadaan Perguruan Pencak Silat Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka Nusantara yang berlokasi di Padepokan Batu Karang, Desa Citra Baplang, RT 01/09, Desa Giri Asih, Kecamatan Batujajar. Aktivitas di padepokan terus berlanjut karena regenerasi terus berlanjut.

“Kegiatan pencak silat Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka Nusantara di Padepokan Batu Karang masih berlangsung karena setiap generasi ada penerusnya,” kata Ketua Bidang Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka Nusantara Giri Asih Padepokan Batu Karang Dadi Suryadi, Sabtu (10/9/2022).

Dadi Suryadi menjelaskan, sejarah asli Pertapaan Batu Karang berdiri pada Juli 2013. Ada 45-60 mahasiswa aktif Perguruan Tinggi Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka Nusantara di Batu Karang Padepokan. Mereka datang dari berbagai kelompok umur, tua dan muda.

Universitas Gadjah Putih Mega Paksi Pusaka Nusantara di Padepokan Batu Karang, kata Dadi Suryadi, didirikan dari sebuah filosofi. Berawal dari jejak yang ditinggalkan oleh gajah batu, yang kemudian menjadi inspirasi penamaan padepokan ini Padepokan Batu Karang. “Penggagas Batu Karang Padepokan adalah Mama Adji Djaenudin atau sering disapa Abah,” kata Dadi Suryadi.

Penerbit : Agus Warsudi

Bagikan artikel:

Tombol berbagi baris

Source: jabar.inews.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button