naik kereta Ayo coba tour dekat stasiun kereta, bisa jalan kaki - WisataHits
Jawa Tengah

naik kereta Ayo coba tour dekat stasiun kereta, bisa jalan kaki

INDOZONE.ID – Liburan di berbagai kota kini semakin mudah dengan sarana transportasi yang berbeda. Pilihan transportasi yang menyenangkan untuk dipilih adalah kereta api. Ada banyak kota dengan banyak peluang wisata seru dan menarik yang bisa Anda kunjungi saat berlibur. Anda bisa menggunakan kereta cepat dan nyaman untuk mengunjungi berbagai tempat wisata tersebut.

Bahkan, ada juga tempat wisata keren yang letaknya sangat dekat dengan stasiun kereta. Jadi Anda hanya perlu berjalan kaki singkat untuk menikmati liburan seru sendirian atau rombongan! Di sini kamu akan menemukan 6 rekomendasi tempat wisata di dekat stasiun kereta yang wajib kamu kunjungi!

Baca juga: Kisah heroik Kapten Kasihin, seorang guru asal Tulungagung yang diabadikan sebagai nama jalan

1. Galeri Nasional Indonesia, Jakarta

Bagi Anda yang menyukai dunia seni, tempat wisata yang satu ini wajib Anda kunjungi di dekat stasiun kereta api. Anda hanya perlu naik kereta dengan tujuan Stasiun Gambir, Jakarta. Museum Galeri Nasional Indonesia terletak tepat di seberang Stasiun Kereta Api Gambir.

Tempat wisata ini menjadi wahana pameran seni dan budaya, dari yang kuno, kontemporer hingga modern. Tak hanya pameran, Anda juga bisa menikmati seminar, fasilitas perpustakaan dan laboratorium di dalamnya.

2. Kampoeng Plered, Purwakarta

Jika Anda sedang berkunjung dan jalan-jalan di sekitar Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, sempatkanlah untuk mampir sejenak ke tempat yang satu ini.

Adalah Kampung Maranggi, rumah makan khusus yang menyajikan Sate Maranggi, makanan khas Purwakarta. Surga wisata kuliner di Alun-alun Kabupaten Plered, tepatnya di samping pelataran Stasiun Plered, bisa menjadi tempat pelepas lapar selama berwisata ke Purwakarta. Untuk menuju Stasiun Plered, Anda bisa menggunakan kereta Serayu, Garut Cibatuan, dan Bandung Raya Ekonomi.

3. Benteng Pendem-Cilacap

Berada di Dusun Kebonjati, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Benteng Pendem merupakan situs peninggalan Belanda di pesisir Pantai Teluk Penyu. Benteng ini dibangun pada tahun 1861 dan dulunya merupakan markas pertahanan Tentara Hindia Timur Belanda. Di dalamnya ada gudang senjata, benteng pengintaian, benteng pertahanan, depot amunisi, penjara, tempat tinggal perwira, dan dapur.

Benteng Pendem Cilacap berjarak sekitar 3 kilometer dari stasiun kereta Cilacap dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 10 menit. Anda bisa menggunakan kereta api Kamandaka, Wijayakusuma, dan Joglosemarkerto untuk menuju Stasiun Cilacap.

4. Dodol Pantai Watu Besar Banyuwangi

Jika Anda memutuskan untuk turun ke stasiun terakhir di Banyuwangi yaitu Stasiun Ketapang, Anda bisa mencoba mengunjungi Pantai Grand Watu Dodol (GWD). Jarak yang perlu ditempuh dari stasiun kereta api menuju Pantai Grand Watu Dodol (GWD) kurang lebih 6,8 kilometer atau berkendara kurang lebih 11 menit. Pantai GWD menawarkan wisata snorkeling, menyelam, dan perahu ke Pulau Tabuhan.

Bagi Anda yang ingin pergi dari Semarang ke Stasiun Ketapang, Anda bisa menggunakan kereta api yang baru saja beroperasi saat libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yaitu kereta api Blambangan Ekspres Semarang Tawang – Ketapang (Banyuwangi) hal. masih banyak lagi Kereta Api dari berbagai daerah yang bisa anda gunakan untuk menuju ke Stasiun Ketapang. Cek detail lengkapnya di aplikasi KAI Access!

5. Wisata Kampung Warna-Warni Jodipan Malang

Kampung Warna Warni Jodipan juga menjadi salah satu tempat wisata Malang yang terletak di dekat Stasiun Kereta Api Malang. Buat kamu yang suka foto selfie, ada ratusan rumah yang dicat warna-warni membuat desa ini terlihat Instagramable untuk dijadikan background foto. Lokasinya ada di Jalan Ir. H. Juanda 6, Jodipan, Kota Malang, Jawa Timur. Jarak tempuh dari stasiun kereta api Malang sekitar 1,5 kilometer. Anda dapat berkendara sekitar 5 menit atau berjalan kaki sekitar 17 menit.

Baca juga: Sempat Viral! Pohon palem tumbuh subur di Pasuruan mirip dengan yang ada di Timur Tengah

6. Kampung Kuliner Binjai

Tempat wisata di Binjai yang dekat dengan stasiun kereta api adalah Kampung Kuliner. Tempat wisata populer ini hanya berjarak sekitar 100 meter dari Stasiun Kereta Api Binjai. Di tempat ini, Anda bisa mencicipi berbagai kuliner khas Binjai hingga kuliner khas Sumatera Utara lainnya. Tempat ini menawarkan konsep unik seperti food court dengan pilihan indoor dan outdoor.

Di sini kamu bisa menikmati makan di luar ruangan dimana terdapat banyak tenda dengan kursi berkonsep keren. Bagi Anda yang menginginkan privasi lebih, Anda bisa makan di dalam (inside) agar tidak terganggu dengan keramaian.

Ini dia enam rekomendasi tempat wisata di dekat stasiun kereta yang bisa kamu jangkau dengan kereta! Tidak perlu jauh-jauh, Anda cukup berjalan kaki sekitar 5-17 menit untuk mendapatkan pengalaman seru selama berlibur.

Selain enam tempat wisata tersebut, masih banyak tempat wisata lainnya, baik wisata sejarah, seni, alam, maupun wisata kuliner di sekitar stasiun kereta api di berbagai daerah. Cukup beli tiket kereta api dan bersiaplah berpetualang menjelajahi lingkungan sekitar stasiun kereta api di berbagai daerah.

“Stasiun kereta berada di tempat yang strategis sehingga masyarakat bisa berjalan kaki tanpa harus menempuh jarak jauh. KAI juga menawarkan berbagai jenis kereta api yang bisa digunakan. Mulai dari kelas ekonomi, bisnis, eksekutif dan luxury untuk mempelajari rute dan jadwal serta untuk membeli tiket kereta api, masyarakat dapat mengakses website kai.id dan aplikasi KAI Accesss, sehingga tidak perlu repot merencanakan perjalanan liburannya. berjibaku dengan kereta api karena protokol kesehatan sudah diterapkan secara maksimal,” pungkas Joni.

Artikel menarik lainnya:

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button