Muslim Life Fest & Muslim Life Trade, Momentum Produk Halal Indonesia ke Dunia - WisataHits
Yogyakarta

Muslim Life Fest & Muslim Life Trade, Momentum Produk Halal Indonesia ke Dunia

WAKTU INDONESIA, JAKARTA – Setelah dua tahun absen karena pandemi, acara bisnis produk halal dan industri Syariah Indonesia Muslim Lifestyle Festival (Muslim Life Fest), siap digelar di Indonesia Convention Exhibition BSD (ICE BSD) pada 26 – 28 Agustus. , 2022.

Dengan motto #mutualsupport, Muslim Life Fest akan diikuti oleh 298 eksibitor dari 12 kategori baik dari Jabodetabek maupun daerah lainnya. Dengan luas 10.000 m2, ratusan tenant ini siap menampilkan berbagai kebutuhan produk Halal dan Islami mulai dari Fashion Sederhana, Edukasi Islami, Hobi dan Komunitas, Buku dan Penerbitan Islami, Wisata Halal, Herbal Thibbun Nabawi dan Beauty Rich & Farmasi di Kawasan Kuliner Halal Aman & Sehat (KHAS).

Berbeda dari acara sebelumnya, acara Muslim Life Fest kali ini menghadirkan Muslim Life Trade, kawasan khusus perdagangan ekspor produk halal ke sejumlah negara. Pada konferensi pers hari ini, Rachmat Marpaung, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI), mengatakan telah dikonfirmasi bahwa hingga 650 pembeli dari berbagai negara termasuk Bahrain, Pakistan, Jepang dan Malaysia bersedia bekerja sama dengan pelaku bisnis. untuk produk halal yang akan dihadirkan di Muslim Life Fest.

“Mereka sangat menyukai produk pertanian Indonesia seperti kopi, lada, cengkeh dan produk pertanian lainnya. Karena masih dalam suasana pandemi, perjodohan bisnis lebih dinamis, bisa dilakukan secara online dan offline. Kami terus mengumpulkan data kebutuhan pembeli dan kesiapan produsen kami serta memenuhi kebutuhan pembeli,” kata Rachmat.

Penyelenggara memungkinkan “perjodohan bisnis” antara penjual dan pembeli untuk bertemu, berjejaring, bernegosiasi, dan menutup kesepakatan. Oleh karena itu, dua hari pertama Muslim Life Trade tidak dibuka untuk umum sedangkan hari ketiga pameran terbuka untuk umum.

“Peluang produk halal di luar negeri sangat besar. KPMI berusaha menghubungkan seluruh anggota untuk mewujudkan potensi pasar ekspor produk halal dan meningkatkan kapasitas pelaku usaha agar siap memenuhi kebutuhan pasar luar negeri,” kata Rachmat Sutarnas Marpaung, Ketua Umum Kewirausahaan Muslim Indonesia. Asosiasi (KPMI).

IMG-20220812-WA0050.jpg

Rachmat Marpaung optimistis acara Muslim Life Trade ini dapat membuka jalan bagi terwujudnya Indonesia sebagai produsen produk halal terbesar di dunia. Untuk itu, pada acara ini kami akan menawarkan sejumlah buyer yang akan hadir untuk melihat secara langsung potensi industri pengolahan limbah, perkebunan kopi dan pertanian di Bali. Pada saat yang sama, juga harus merevitalisasi pariwisata di Bali, katanya.

“KPMI terus memberikan dukungan dan pelatihan terkait kualitas produk dan pemasaran ekspor, salah satunya dengan membangun common halal product house dimana semua potensi produk halal dapat diproduksi dalam satu kawasan pabrik yang terintegrasi dengan kualitas yang terjamin, tidak hanya halal tetapi juga sertifikasi yang terstandarisasi. seperti ISO 20200. Dalam waktu dekat akan kami coba terapkan di Kawasan Industri Halal Modern (KIH) di Cikande, Banten,” ujar Rachmat Marpaung.

Muslim Life Fest dan Muslim Life Trade mendapat dukungan dari berbagai pihak antara lain Komite Nasional Ekonomi dan Keuangan Syariah (KNEKS), Kementerian Koordinator Perekonomian, Bank Indonesia (BI) dan Badan Penjaminan Produk Halal (BPJPH). Pameran ini juga merupakan bagian dari acara Road to Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 2022.

“KNEKS mendukung inisiatif KPMI untuk menyelenggarakan acara ini. Selain membantu menggerakkan roda usaha para pelaku usaha industri halal, juga dapat mendukung upaya peningkatan ekspor produk halal Indonesia ke luar negeri sebagai bagian dari upaya menjadi Indonesia pada tahun 2024 sebagai pusat produsen produk halal,” kata Putu Rahwidhiyasa, Direktur Utama Bisnis dan Kewirausahaan Syariah, Manajemen Eksekutif KNEKS.

Achmad Iqbal, Deputi Direktur Percepatan Usaha Syariah dan Kemitraan Deputi Direktur Percepatan dan Kemitraan Usaha Syariah, KNEKS, menegaskan dalam keterangannya pada konferensi pers hari ini bahwa Indonesia telah membuat banyak langkah yang meningkatkan peringkat Indonesia di pasar dunia untuk produk halal.

Data State of the Global Islamic Economy Report 2020-2021 merilis posisi Indonesia yang terus membaik. Indonesia menempati urutan ke-4 dalam indikator keislaman global. “Indonesia memiliki potensi besar bahan baku halal. Pemerintah juga memiliki komitmen yang tinggi dan serius untuk mewujudkan Indonesia sebagai pusat produksi produk halal dunia. Muslim Life Fest dan Muslim Life Trade merupakan salah satu upaya sinergi dan kolaborasi antara pelaku bisnis produk Halal dengan industri Syariah dan pemerintah, yang harus didukung penuh,” ujar Achmad Iqbal.

target 40 ribu pengunjung

Direktur PT Lima Events Indonesia (Lima Events) Deddy Andu mengatakan acara ini diharapkan mampu merevitalisasi perekonomian rakyat sekaligus mengajak peserta untuk bangkit, berkarya, berproduksi dan melalui kegiatan pameran untuk berdoa offline kembali. “Khususnya sebelumnya kami pernah mengadakan pameran Muslim LifeFair di Jakarta dan Yogyakarta menyusul pameran Muslim Life Fest yang antusias pengunjungnya Alhamdulillah luar biasa. Kami berharap semangat gotong royong ini terus berlanjut di Muslim Life Fest,” ujar Deddy Andu, Direktur PT Lima Events Indonesia (Lima Events) selaku penyelenggara.

Melihat antusiasme pengunjung pameran sebelumnya, Andu optimistis kegiatan Muslim Life Fest 2022 bisa menarik perhatian 40.000 pengunjung.

Karena Muslim Life Fest juga dimeriahkan dengan berbagai kegiatan dan kegiatan yang menarik, sehingga pengunjung yang datang dapat belajar mengenal bisnis syariah dan perkembangan trendnya sekaligus, dan menjadi salah satu family time tour. Diantaranya adalah Parenting Workshop, Job Fair, Kids MTQ Competitions, Kids Programming Competitions, Talaqqi Bersanad, Kids Corner, Storytelling, Pony Riding, Wahana Andong, Robot Lessons dan masih banyak lagi kegiatan family fun yang bisa ditemukan di pameran ini.

Xendit, perusahaan teknologi keuangan yang menyediakan solusi pembayaran dan menyederhanakan proses pembayaran untuk bisnis di Indonesia, Filipina, dan Asia Tenggara, digunakan oleh UMKM, start-up, e-commerce untuk perusahaan besar.

Muslim Life Fest merupakan acara puncak sekaligus acara muslim terbesar yang diselenggarakan bersama oleh Lima Acara bersama Komunitas Pengusaha Muslim Indonesia (KPMI). Pada Agustus 2019, Indonesia Muslim Life Fest sukses menyedot perhatian 60.000 pengunjung pada acara pertamanya di Jakarta Convention Center (JCC).

Pada 2022, Muslim LifeFair yang akan diselenggarakan di tingkat regional di Jakarta pada 25-27 Maret 2022 di Istora GBK, Senayan, Jakarta berhasil menarik perhatian 30.000 pengunjung dan mencatatkan transaksi sekitar Rp 20 miliar. Pameran Life Fair Yogyakarta di Jogja Expo Center Yogyakarta pada 3-5 Juni 2022 berhasil menarik perhatian sekitar 21.000 pengunjung. Usai Muslim Life Fest di ICE BSD, KPMI dan Lima Events juga bersiap menggelar Indonesia Muslim LifeFair 2022 di Bandung pada awal Desember 2022.

Tiket masuk Muslim Life Fest kini bisa dipesan melalui https://muslimlifeshop.com.
Calon pembeli Muslim Life Trade dapat mendaftar di www.muslimlifetrade.com.

Apakah Anda memerlukan informasi tentang program ini?
Hubungi News Commerce Room TIMES Indonesia di 08-822-2850-8611 KLIK (WA only)

**) Dapatkan update informasi pilihan harian dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: www.timesindonesia.co.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button