Musim Libur, Pengunjung Telaga Kusuma Jumantono Karanganyar Perluas - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Musim Libur, Pengunjung Telaga Kusuma Jumantono Karanganyar Perluas – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Telaga Kusuma Agrowisata dan Water Park, Jumantono, Karanganyar. (Solopos.com/Indah Septiyaning Wardani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Tempat wisata di Kabupaten Karanganyar akan dibanjiri pengunjung saat liburan sekolah dan Natal 2022. Jumlah kunjungan wisatawan meningkat 100 persen dalam sepekan terakhir.

Salah satu tempat wisata yang ramai dikunjungi pengunjung yaitu Telaga Kusuma Agrowisata dan Water Park di Desa Tunggulrejo, Kecamatan Jumantono. Meski baru buka sebulan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke tempat itu sudah mencapai 2.000 orang per hari.

Green Tokopedia Promotion mengajak UMKM dan Pemda untuk mempromosikan produk ramah lingkungan

Kepala Desa Tunggulrejo Parno Karyo Sumarto mengatakan, jumlah pengunjung Telaga Kusuma meningkat signifikan sejak liburan sekolah. Pada hari biasa, jumlah pengunjung hanya 500 hingga 1.000 orang. Namun pekan lalu, pengunjung harian mencapai 2.000 orang dan 3.000 orang di akhir pekan.

“Ada peningkatan pengunjung karena sudah libur sekolah,” ujarnya Solopos.comMinggu (25/12/2022).

Saat libur Natal itu, ia mengaku objek wisata Telaga Kusuma terlihat sedikit sepi. Pasalnya, hujan yang mengguyur kawasan tersebut sejak Minggu pagi.

Baca juga: Dijamin Murah! Ada paket wisata jeep adventure di Bale Botram Karanganyar Resto

Kunjungan wisatawan masih didominasi oleh wilayah Soloraya. Sementara itu, tidak banyak pengunjung dari berbagai daerah di Indonesia yang mudik liburan Natal kali ini. Ia memperkirakan jumlah kunjungan wisatawan akan meningkat pada awal tahun.

“Kami telah menyiapkan hiburan musik untuk pengunjung Telaga Kusuma selama liburan Natal dan Tahun Baru. Jadi mereka bisa menikmati musik dangdut dan lainnya,” ujarnya.

Diakuinya, Telaga Kusama kini menjadi salah satu primadona pariwisata di Karanganyar. Wisatawan berwisata ke Telaga Kusuma karena jauh dari kemacetan lalu lintas.

Tidak demikian di Tawangmangu dan Ngargoyoso yang kini semakin ramai dan sering terjadi kemacetan. Di Telaga Kusuma, pengunjung juga disuguhi pesona alam Gunung Lawu.

Baca Juga: Musim Libur Nataru, Migran Jatipuro dan Jatiyoso Mulai Berdatangan

Di agrowisata ini pengunjung disuguhi taman-taman indah dengan aneka bunga. Lalu ada kafe dan restoran, serta paviliun di berbagai tempat.

Selain itu, akan dibangun empat kolam renang untuk anak-anak dan dewasa lengkap dengan perosotan. Tempat khusus snorkeling saat ini sedang dibangun (masih dalam pengembangan). Pengunjung dapat dengan senang hati snorkeling dengan pemandangan ikan yang indah.

Untuk masuk ke destinasi wisata tersebut, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 10.000 per orang dari Senin hingga Jumat. Sementara itu, pengunjung pada akhir pekan atau hari libur akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 15.000 per orang. Tiket masuk sudah termasuk wahana taman air.

“Namun, pada 25 Desember dan 1 Januari, tiket akan kami naikkan menjadi Rp 20.000 per orang,” imbuhnya.

Baca Juga: Jutaan Traveler Diprediksi Jalan-jalan ke Karanganyar Saat Liburan Nataru

Bupati Karanganyar, Juliyatmono mengatakan jutaan pemudik diperkirakan akan memasuki wilayah Kabupaten Karanganyar saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Peningkatan mobilisasi masyarakat ini akan memadati fasilitas wisata yang ada.

“Natal dan Tahun Baru ini akan terjadi ledakan wisatawan yang luar biasa. Mau tidak mau, Karanganyar yang merupakan daerah tujuan wisata perlu disiapkan,” ujarnya.

Berbagai persiapan liburan di Nataru ini telah dilakukan. Pemkab berkoordinasi dengan jajaran Polres dan Kodim untuk mengamankan Nataru di Bumi Intandingri (sebutan Kabupaten Karanganyar).

Keamanan juga mempengaruhi berbagai elemen masyarakat. Stakeholder pariwisata diminta ikut serta mempersiapkan kedatangan jutaan pemudik.

Baca Juga: Ada Pembukaan dan Penutupan Jalan Ke Kemuning Karanganyar, Ini Jalur Alternatifnya

Menurutnya, Kabupaten Karanganyar memiliki pesona alam yang luar biasa. Berada di kawasan lereng Gunung Lawu, Karanganyar menjadi tujuan wisata untuk berlibur.

“Ini momen yang luar biasa bagi semua orang. Jangan disia-siakan untuk kunjungan wisatawan,” katanya.

Kalau malam tahun baru kata bupati ada beberapa acara pemerintahan Karanganyar akan berlangsung. Selain peresmian Jembatan Kaca Sky Hills di Desa Kemuning Kecamatan Ngargoyoso, juga akan dilakukan doa bersama Gus Ali Gondrong di Lapangan Alun Alun setempat.

Pemerintah kabupaten mengajak masyarakat untuk beribadah pada malam tahun baru 2022-2023. Dengan harapan mencapai optimisme dan keyakinan untuk masa depan di tahun 2023.

Baca juga: Tawaran kerja Kepala Diskominfo dan Disparpora Karanganyar diam-diam diminati

Sebagai puncak acara, Pemkab akan menghadiahi warga dengan pesta kembang api paling dahsyat pada pukul 00:00 WIB.

“Kembang api bisa disaksikan warga sekitar. Kami akan menggunakan sistem jarak jauh untuk membuat kembang api benar-benar spektakuler,” katanya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button