Musim hujan tidak mengurangi minat wisatawan di Jogjakarta • Radar Jogja - WisataHits
Yogyakarta

Musim hujan tidak mengurangi minat wisatawan di Jogjakarta • Radar Jogja

RADAR JOGJA – Kepala Dinas Pariwisata DIJ Singgih Raharjo memastikan cuaca ekstrem tidak akan mempengaruhi kunjungan wisatawan ke Jogjakarta. Bahkan dalam cuaca hujan, berbagai acara wisata berlangsung.

Menurutnya, tingginya kunjungan wisatawan yang terus meningkat harus menjadi motivasi. Khususnya bagi pengelola destinasi wisata dan penyelenggara event wisata. Khususnya untuk menyiapkan langkah-langkah mitigasi.

“Misalnya, mengubah konsep acara yang semula diadakan di luar ruangan menjadi ruang dalam. Kalaupun harus dilakukan di luar ruangan, harus ada mitigasi, ada rencana. Utamakan keamanan dan kenyamanan bagi peserta dan pengunjung,” ujarnya saat ditemui di Digital Lounge Bank BPD DIJ, Jalan Malioboro Nomor 1, Rabu (10/12).

Singgih mengatakan jumlah kunjungan hampir pulih pada kuartal III 2022. Dia mencatat, kunjungan wisatawan mencapai 85 persen dibandingkan sebelum pandemi. Buktinya Jogjakarta masih menjadi salah satu destinasi wisata yang diminati wisatawan.

Singgih menargetkan kunjungan wisatawan ke Jogjakarta mencapai 90-95 persen hingga akhir tahun. Selain itu, situasi saat ini dinilai menguntungkan. Jumlah kasus Covid-19 tidak meningkat secara signifikan.

“Apalagi setelah menggelar event pariwisata di Jogjakarta. Artinya, masyarakat memiliki imunitas yang baik,” katanya.

Mereka juga memantau perkembangan kasus Covid-19. Akibatnya, ledakan perumahan tidak terjadi di seluruh wilayah Jogjakarta. Begitu juga setelah para wisatawan sudah kembali ke daerahnya masing-masing.

“Setiap kali ada peristiwa yang melibatkan banyak orang, tidak ada peningkatan Covid-19 yang signifikan. Ini menunjukkan bahwa masyarakat kita sudah kebal dan sudah bisa melakukan mitigasi melalui Prokes,” ujarnya. (isa/dwi)

Source: radarjogja.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button