Museum Wayang Jakarta, pelajari sejarah dan pengalaman dunia wayang - WisataHits
wisatahits

Museum Wayang Jakarta, pelajari sejarah dan pengalaman dunia wayang

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 09.00-15.00 WIB, Alamat: Jl.Pintu Besar Utara No.27 Pinangsia, Kota Tua, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta; Kasus: Cek lokasi

Ketika kita berbicara tentang Jakarta, tentu yang terlintas di benak kita adalah sebuah gedung tinggi berwarna putih bernama Monumen Nasional. Bagaikan kota yang menyimpan jutaan kenangan masa lalu. Namun, bukan hanya monumen nasional yang sering dilirik wisatawan, Jakarta juga memiliki objek wisata yang kaya akan ilmu budaya, yaitu Museum Wayang.

Museum ini dikenal sebagai salah satu museum favorit para wisatawan karena berbagai koleksi wayang yang tersimpan di sana. Museum di Jakarta ini dibuat sebagai wadah untuk melestarikan dan mempresentasikan dunia pewayangan di Indonesia. Bangunan yang memiliki gaya klasik dan sejarah sejarah ini, patut dijadikan sebagai tempat pendidikan.

Wisatawan yang datang berkunjung bisa memperdalam ilmunya dengan berbagai wayang yang dihadirkan di sini. Lokasinya yang bergaya klasik juga cocok sebagai sumber inspirasi atau sekadar mengagumi kemegahan museum. Tidak hanya itu, sejarah sejarah yang masih kental dari bangunan museum juga menjadi salah satu daya tarik museum ini.

Daya Tarik Museum Wayang

Daya Tarik Museum Wayang JakartaKredit gambar: Google Maps Eko Budi Utomo

Wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya wisatawan domestik, namun berbagai pengunjung asing juga mengunjungi museum ini karena berbagai atraksi yang dimilikinya. Oleh karena itu tidak heran jika museum ini terkenal di luar negeri.

1. Memiliki berbagai jenis boneka

Tempat wisata bertema sejarah ini difungsikan sebagai gereja dengan nama De Oude Hollandsche Kerk. Gereja ini dibangun pada tahun 1640 dan kemudian berubah nama menjadi Gereja De Nieuwe Holladse Kerk pada tahun 1732. Setelah itu bangunan tersebut hancur karena gempa pada tahun 1808. Kemudian dibangun kembali dan diresmikan sebagai museum 13 Agustus 1975.

Museum Wayang memiliki berbagai jenis wayang, baik wayang dari Indonesia maupun wayang dan wayang dari luar negeri. Bahkan jika Anda menambahkan jumlah boneka yang tersedia di sini, koleksinya lebih dari 5.000 boneka, itu fantastis, bukan. Wayang yang dipamerkan di museum ini sangat menarik, misalnya wayang kulit Betawi yang legendaris.

Saat pengunjung berada di pintu masuk museum, pengunjung langsung disambut oleh dua pasang boneka besar. Wayang-wayang tersebut adalah wayang golek Ghatotkacha dan istri primanya bernama Periwa. Tidak hanya wayang yang dipamerkan, beberapa koleksi gamelan dan lukisan wayang juga tersedia di museum yang indah ini.

2. Teater boneka yang luar biasa

Daya tarik museum ini selanjutnya adalah teater boneka. Tidak seperti kebanyakan museum yang hanya menampilkan berbagai jenis peninggalan sejarah, museum ini juga menampilkan pertunjukan wayang kulit yang tentunya mendidik. Dengan adanya teater boneka disini berdampak baik untuk menarik pengunjung untuk datang.

Teater boneka yang disajikan di sini secara teratur dilakukan oleh sel eksekusi museum. Bahkan pertunjukan wayang yang dihadirkan disini dihadirkan untuk memperkenalkan budaya dan seni wayang Indonesia kepada para delegasi dan atlet Asian Games 2018. Wow, kita orang Indonesia patut bangga dengan teater ini bukan?

Pada Asian Games 2018, Museum Wayang tidak hanya memamerkan teater boneka. Museum ini juga menyelenggarakan pameran wayang dari dalam dan luar negeri. Wayang yang dihadirkan dari luar negeri berasal dari India, Malaysia dan Kamboja. Ternyata selain memamerkan wayang khas Indonesia, museum ini juga memamerkan wayang asing.

3. Tampilan Bengkel Wayang

Atraksi Museum WayangKredit gambar: Twitter Michel Gronert

Di era milenial seperti sekarang ini, budaya tradisional tanah air sendiri sangat perlu dilestarikan agar tidak mati tergerus oleh waktu. Berbagai budaya seperti batik, tarian tradisional, makanan khas daerah dan seni wayang merupakan kekayaan negara kita yang harus dilestarikan dari kemajuan zaman.

Berbagai upaya juga telah dilakukan untuk menjaga eksistensi budaya tersebut. Seperti kegiatan workshop seni wayang di museum yang indah ini. Kegiatan ini menampilkan step by step pembuatan wayang yang tentunya sangat bermanfaat dalam melestarikan seni wayang di negeri kita tercinta, Indonesia.

Adanya bengkel wayang yang tersedia di sini juga dapat memberikan dampak yang baik bagi pengunjung yang datang untuk mencoba seni pewayangan. Yang, di era bisnis ini, adalah sesuatu yang terus dibicarakan. Dengan mencoba bisnis wayang, kami juga secara langsung melestarikan seni wayang khas Indonesia kepada masyarakat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat museum bonekaKredit gambar: Twitter Clara Morales Lopez

Museum Wayang Jakarta merupakan tempat wisata bertema sejarah yang sangat diminati wisatawan, buktinya pada tahun 2019 ini jumlah pengunjung yang berkunjung ke museum ini berjumlah 341.805 orang. Lokasi museum megah ini berjarak 7,5 km dari Monumen Nasional. Akses jalan menuju lokasi sangat mudah dan memadai, mengingat lokasinya berada di pusat ibu kota.

Waktu tempuh untuk mengunjungi objek wisata edukasi ini kurang lebih 30 menit dari Monumen Nasional. Namun, saat tanggal merah atau libur sekolah, akses menuju venue biasanya agak ramai. Saking ramainya pengunjung, museum ini juga menambahkan loket masuk untuk mengantisipasi masuknya pengunjung.

Pengunjung dapat memulai perjalanan dari monumen nasional di Jalan Merdeka Barat. Kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Majapahit dan kemudian ke Jalan Gajah Mada. Setelah sampai di Jalan Gajah Mada, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Pintu Besar Selatan kemudian ke Jalan Pintu Besar Utara dan dilanjutkan menuju Kota Tua hingga bertemu dengan tempat wisata yang dituju.

Harga tiket masuk objek wisata

Tiket Museum Wayang JakartaKredit gambar: Google Maps Putri Nurfitriani

Seperti objek wisata lainnya, Museum Wayang Jakarta yang bergaya klasik juga membebankan biaya pada wisatawan yang ingin mengunjunginya. Anda tidak perlu khawatir dengan biaya yang mahal, karena harga tiket masuk yang ditawarkan museum ini sangat terjangkau. Untuk setiap kelompok umur, harga tiketnya berbeda.

Wisatawan yang berkunjung ke museum ini akan dikenakan biaya pelajar sebesar Rp 2.000. Sedangkan untuk tingkat pelajar, museum ini memiliki tiket masuk sebesar Rp 3.000. dan untuk level dewasa, wisatawan perlu menyiapkan dana sebesar Rp 5.000 sebagai tiket masuk. Dengan biaya yang terjangkau, menjadikan museum ini sebagai favorit.

Betapa tidak, dengan tiket masuk di bawah Rp 10.000, wisatawan sudah bisa menikmati berbagai manfaat museum ini. Dari manfaat pendidikan hiburan. Sangat direkomendasikan bagi wisatawan yang ingin menghabiskan liburan bersama keluarga tercinta di sini. Dijamin jadi pengalaman liburan paling berkesan.

Kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Museum Wayang

Atraksi milik Museum WayangKredit gambar: Twitter Michel Gronert

1. Tambah edukasi dengan berbagai wayang

Tidak diragukan lagi bahwa museum ini memiliki jumlah wayang yang sangat beragam. Bahkan dihitung, jumlahnya bisa mencapai 5.500 wayang. Dengan banyaknya wayang, pengunjung bisa menikmati melihat berbagai jenis wayang yang dipajang dan menambah pengetahuan tentang deskripsi masing-masing wayang.

2. Menonton teater boneka

Teater boneka yang ditampilkan di museum ini dilayani secara berkala oleh unit penegak museum. Wisatawan bisa menyaksikan teater wayang yang tentunya tidak hanya menghibur tapi juga sarat makna edukatif. Untuk menyajikan pertunjukan teater boneka ini, pihak pengelola museum telah menyediakan venue tersendiri yang dikenal bersih dan luas.

3. Ikut serta dalam lokakarya boneka

Museum Wayang dikenal masyarakat luas sebagai museum cantik yang menawarkan berbagai hal menarik untuk dilakukan di sana. Seperti kegiatan workshop wayang yang bisa diikuti pengunjung di sini. Dengan mengikuti workshop ini, pengunjung akan mendapatkan pengalaman membuat wayang yang tentunya sangat berkesan.

Fasilitas yang ada di Museum Wayang Jakarta

Fasilitas Museum Wayang JakartaKredit gambar: Google Maps Denias Susanto

Lokasinya yang berada di Jakarta Pusat, Jakarta Barat, membuat fasilitas yang tersedia di tempat wisata bersejarah ini cukup lengkap. Selain menyuguhkan wisata yang sarat manfaat pendidikan, museum ini juga memperhatikan fasilitas yang harus ada sebagai museum terkenal. Fasilitas yang lengkap di sini juga menjadi salah satu daya tarik bagi pengunjung yang ingin mengunjunginya.

Museum Wayang buka dari hari Selasa hingga Minggu dari pukul 09:00 hingga 17:00 WIB dan menawarkan fasilitas umum dan paviliun seperti objek wisata lainnya. Misalnya, area parkir, toilet umum, WiFi. Meski nama museum biasanya identik dengan benda-benda kuno, berbeda dengan museum yang memiliki WiFi sebagai bukti bahwa museum ini tidak kuno.

Tidak hanya fasilitas umum saja yang tersedia di sini, berbagai fasilitas menarik juga disediakan untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Sebagai toko oleh-oleh bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh. Ada juga pusat dokumentasi yang bisa digunakan pengunjung sebagai tempat berfoto. Pusat dokumentasi juga sering digunakan oleh para jurnalis dalam kegiatan pemberitaannya.

Itulah beberapa hal tentang Museum Wayang Jakarta yang telah dirangkum di atas. Seolah tidak ada habisnya membahas keunggulan museum ini. Dengan adanya museum ini, pelestarian seni wayang akan selalu ada. Sebagai warga negara Indonesia, kita patut bangga dengan museum ini. Bagaimana, tertarik untuk mengunjunginya?

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button