Museum Rudana Ubud, museum seni dengan koleksi lukisan terbaik di Gianyar Bali - WisataHits
wisatahits

Museum Rudana Ubud, museum seni dengan koleksi lukisan terbaik di Gianyar Bali

Museum Rudana Ubud, museum seni dengan koleksi lukisan terbaik di Gianyar Bali
Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 09.00-17.00 WITA, Alamat: Jl. Cok Rai Pudak, Peliatan, Kec. Ubud, Kab. Gianyar, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Berkunjung ke tempat wisata tidak harus dengan pemandangan yang bagus atau disediakan permainan. Bagi sebagian orang, mengunjungi museum juga dianggap menarik. Contohnya adalah Museum Rudana Ubud Gianyar yang tak pernah sepi pengunjung. Meski tidak terlalu banyak orang, setiap hari ada orang yang datang dari berbagai lapisan masyarakat.

Memang tidak banyak kegiatan yang bisa dilakukan di dalam museum. Namun setiap aktivitas yang Anda lakukan di sini berbasis pengetahuan, khususnya seni dan budaya Bali. Bagi siswa, kunjungan itu wajib, baik datang sendiri maupun bersama pihak sekolah secara berkelompok.

Ada banyak koleksi benda kuno yang tersimpan rapi di museum ini, kebanyakan berupa lukisan. Setidaknya ada 400 koleksi yang terdiri dari patung dan lukisan yang semuanya memiliki nilai seni yang tinggi. Tidak hanya di dalam, Anda juga akan menemukan keunikan eksterior dengan arsitektur bangunan museum yang tidak biasa.

Sejarah Museum Rudana Ubud

Sejarah Museum Rudana UbudKredit gambar: Google Maps vinca gatrallianz

Museum Rudana adalah museum seni yang terletak di Ubud, Bali, Indonesia. Museum ini didirikan pada tahun 1995 oleh Nyoman Rudana, seorang kolektor dan pengusaha seni lokal. Tujuan didirikannya museum ini adalah untuk melestarikan seni budaya Bali dan memperkenalkannya kepada dunia.

Wisata sejarah ini memiliki koleksi seni yang sangat lengkap terutama seni lukis tradisional Bali dan seni lukis modern. Koleksi lukisan tradisional Bali meliputi lukisan klasik Bali kuno seperti Kamasan, Wayang dan Batuan, serta lukisan Bali modern yang berkembang sejak pergantian abad ke-20.

Sejak didirikan pada tahun 1995, Museum Rudana Ubud telah menjadi salah satu museum seni terbesar dan terbaik di Bali. Museum ini tidak hanya memamerkan seni dan budaya Bali, tetapi juga merupakan pusat seni dan budaya internasional yang menghubungkan seniman dari berbagai negara dan budaya.

Koleksi Museum Rudana Ubud

Koleksi Museum Rudana UbudKredit gambar: Google Maps Natasa Matic

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, museum ini memiliki berbagai koleksi sebagai daya tarik. Koleksi yang dimaksud terutama berupa lukisan, patung, instalasi seni, dan lain-lain. Agar lebih jelas, silahkan simak penjelasan singkatnya di bawah ini!

1. Lukisan Tradisional Bali

Museum Rudana memiliki koleksi seni lukis tradisional Bali yang sangat lengkap yang dapat dijadikan pelajaran budaya Bali. Beberapa di antaranya adalah lukisan klasik Bali kuno, seperti Kamasan, Wayang, dan Batuan. Lukisan ini menggambarkan kisah-kisah dari kitab suci Hindu seperti Ramayana dan Mahabharata.

2. Lukisan Bali Modern

Selain lukisan tradisional, tempat ini juga memiliki koleksi lukisan Bali modern yang sangat beragam dan berkualitas. Seni lukis Bali modern berkembang sejak awal abad ke-20 dan mendapat pengaruh dari seni rupa Barat dan tradisional Bali. Beberapa seniman terkenal dari Bali terwakili dalam koleksi lukisan modern ini.

Salah satu pelukis yang terlibat dalam Museum Rudana Ubud adalah I Gusti Nyoman Lempad. Ia adalah seorang seniman Bali yang dikenal dengan karyanya yang menggabungkan seni tradisional Bali dengan teknik Barat modern. Ia dikenal dengan karya gambar dan ukiran kayu yang menggambarkan kehidupan dan budaya Bali.

3. Lukisan Indonesia modern

Wisata seni dan budaya ini juga memiliki koleksi seni lukis modern Indonesia yang didalamnya termasuk karya seniman ternama Indonesia. Artis yang dimaksud antara lain Affandi, Raden Saleh dan Basuki Abdullah. Pastinya Anda tahu bahwa para seniman yang disebutkan di atas cukup mahir dan banyak koleksi seni yang telah tercipta.

4. Lukisan modern internasional

Selain koleksi yang disebutkan di atas, Museum Rudana juga memiliki koleksi seni lukis modern berskala internasional yang meliputi karya seniman terkenal dari seluruh dunia. Marc Chagall, adalah salah satu pelukis yang karya-karyanya terinspirasi dari budaya Yahudi dan kehidupan pedesaan Eropa.

5. Ukiran

Patung juga menjadi koleksi yang menarik untuk dilihat di museum ini. Koleksi patung di sini terdiri dari berbagai figur indah dari kayu, batu, dan logam. Beberapa di antaranya merupakan karya seniman ternama Bali, yakni I Gusti Nyoman Lempad, I Nyoman Nuarta dan Made Wianta.

6. Seni instalasi

Museum Rudana Ubud juga memiliki koleksi seni instalasi yang sangat menarik. Kesenian ini memadukan berbagai jenis, seperti seni pahat, seni lukis, dan seni kriya. Seni instalasi ini menggunakan berbagai bahan dan teknik untuk menciptakan instalasi yang inovatif dan bermakna. Seperti sebelumnya, pelukis lokal dan internasional juga ikut serta dalam pembuatannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Museum Rudana UbudKredit gambar: Google Maps Natasa Matic

Untuk menuju wisata museum di Bali ini, Anda tidak perlu jauh-jauh jika sedang berada di Gianyar tengah. Alamatnya sendiri berada di Jalan Cok Rai Pudak, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar, Bali. Jarak dari pusat kota hanya sekitar 15 kilometer, Anda bisa berjalan kaki selama 30-40 menit.

Dari mana pun Anda berasal dan ingin mengunjungi Museum Rudana Ubud, silakan ke kawasan Ubud terlebih dahulu. Ambil Jalan Raya Ubud sebagai referensi utama Anda, lalu menuju ke Jalan Raya Andong. Belok kanan di pertigaan lalu lanjutkan perjalanan hingga menemukan perempatan Jalan Cok Rai Pudak.

Belok kiri di perempatan, lanjutkan perjalanan hingga menemukan destinasi wisata di kiri jalan. Jika Anda tidak membawa kendaraan, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti taksi atau ojek. Pastikan untuk menanyakan tempat wisata tujuan kepada sopir agar tidak tersesat di tengah perjalanan.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga tiket Museum Rudana Ubud cukup murah tentunya karena hanya merogoh kocek Rp20.000 untuk satu pengunjung. Untuk anak-anak, harganya dikurangi setengahnya, yaitu 10.000 rupee. Harga tersebut harus ditambah jika Anda datang dengan kendaraan bermotor, tentunya untuk biaya parkir.

Tidak juga, hanya 3.000 rupiah bagi yang membawa sepeda motor, sedangkan mobil 5.000 rupiah. Tempat wisata di Gianyar ini buka setiap hari, jadi datanglah kapan saja. Namun jangan datang pada hari libur nasional atau hari libur nasional, karena saat itu tidak masuk kerja. Dengan harga murah Anda mendapatkan banyak pengetahuan tentang seni dan budaya.

Aktivitas Menarik yang Dapat Dilakukan di Museum Rudana Ubud

Aktivitas Menarik di Museum Rudana UbudKredit gambar: Google Maps LC

Museum Rudana di Ubud, Bali adalah museum seni yang menampilkan karya seni kontemporer Indonesia dan Bali. Museum ini memiliki koleksi yang sangat kaya dan menarik yang terdiri dari lukisan, patung, dan karya seni lainnya. Inilah beberapa hal menyenangkan untuk dilakukan!

1. Nikmati karya seni yang dipamerkan

Anda dapat meluangkan waktu untuk menjelajahi ruang pameran dan menghargai karya seni yang dipamerkan. Ada banyak karya seni dari seniman ternama Indonesia seperti Nyoman Gunarsa, Made Wianta dan I Made Djirna. Semuanya indah dan memiliki pesan jika diperhatikan dengan seksama.

2. Ikut tur museum

Pengurus Museum Rudana Ubud sering mengatur tur museum yang dipimpin oleh pemandu yang berpengetahuan luas dalam seni kontemporer Indonesia dan Bali. Tur ini akan memberi Anda informasi tentang sejarah seni rupa Indonesia dan memberi Anda gambaran tentang karya-karya yang dipamerkan di museum.

3. Ambil kelas seni

Jika Anda ingin kegiatan yang lebih aktif, silakan bergabung dengan kelas seni yang sedang berlangsung. Museum bersejarah ini menyelenggarakan kelas seni yang berfokus pada lukisan, patung, dan seni lainnya. Kursus ini cocok untuk Anda yang ingin belajar dan meningkatkan keterampilan artistik Anda. Jika Anda tertarik, luangkan lebih banyak waktu karena dibutuhkan setidaknya 2 jam untuk pertemuan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Museum Rudana UbudKredit gambar: Google Maps Putu Marsellia Putri

Fasilitas Museum Rudana cukup lengkap untuk menjamin kenyamanan wisatawan. Parkir merupakan fasilitas pertama yang Anda dapatkan jika membawa kendaraan pribadi. Di sini juga tersedia toilet bagi yang membutuhkan, juga tersedia tempat duduk untuk beristirahat. Fasilitas lainnya termasuk pemandu dan pusat informasi.

Inilah yang bisa dikatakan salah satu wisata seni dan budaya Bali, tepatnya di Gianyar. Liburan tidak harus ke tempat yang indah atau tempat yang banyak wahananya. Dengan mengunjungi Museum Rudana Ubud, Anda akan mendapatkan banyak pengetahuan tentang seni dan budaya dari berbagai jenis.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button