Mulai dari kota pelajar dan kota wisata, inilah arti dari julukan Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Mulai dari kota pelajar dan kota wisata, inilah arti dari julukan Yogyakarta

Mulai dari kota pelajar dan kota wisata, inilah arti dari julukan Yogyakarta

tanpa judul

Krjogja.com – YOGYA – Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta memang menjadi salah satu daerah di Indonesia yang populer dengan berbagai ciri khasnya. Predikat khusus yang diberikan kepada Yogyakarta dimulai pada masa pendudukan oleh pemerintah Belanda.

Saat itu, Yogyakarta berperan penting dalam perjuangan Indonesia. Selain disebut sebagai kota istimewa, berikut sejumlah julukan untuk kota Yogyakarta.

1. Kota Pelajar

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar. Julukan itu diberikan karena banyaknya pusat pendidikan di kawasan ini.

Hal ini membangkitkan minat banyak pelajar untuk belajar di Yogyakarta. Salah satu pusat pendidikan di Yogyakarta adalah Universitas Gadjah Mada (UGM) yang pada awal berdirinya ditetapkan sebagai Pusat Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan Nasional.

Lebih lanjut, pentingnya julukan kota Yogyakarta sebagai kota pelajar juga dapat dilihat dari simbol fisik dan sosial Yogyakarta. Institusi pendidikan di Yogyakarta terbilang cukup lengkap.

2. Kota wisata

Tidak diragukan lagi bahwa Yogyakarta adalah salah satu tujuan wisata yang paling banyak dikunjungi saat musim liburan. Padahal, kota ini banyak diminati bahkan di hari-hari biasa.

Pasalnya, banyak tempat wisata di kota ini yang bisa dikunjungi. Anda bisa menikmati berbagai destinasi wisata mulai dari wisata sejarah, wisata alam, wisata seni, wisata edukasi dan lainnya.

3. Kota Gudeg

Yogyakarta terkenal dengan ragam kuliner khasnya, salah satunya adalah pedas. Gudeg adalah makanan olahan yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan.

Saat berkunjung ke Yogyakarta, Gudeg menjadi salah satu menu yang wajib dicoba. Karena itulah Yogyakarta akhirnya disebut sebagai kota Gudeg.

4. Kota Seniman

Kesenian dan Yogyakarta adalah dua hal yang sulit dipisahkan. Berbagai pertunjukan seni rutin diadakan di sini. Selain itu, kota ini juga kerap melahirkan seniman-seniman besar Indonesia, yakni Nyi Tjondrolukito, Bagong Kussudiardja, Hendra Cipta, Linus Suryadi AG, Butet Kertaradjasa, Djaduk Ferianto, Garin Nugroho, Pongki Barata, Sheila on 7, Letto, Kunto Aji, dan lain-lain. . .

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button