Mulai 17 Agustus 2022 perjalanan KRL Solo Jogja sudah bisa mencapai stasiun Palur - WisataHits
wisatahits

Mulai 17 Agustus 2022 perjalanan KRL Solo Jogja sudah bisa mencapai stasiun Palur

Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan melalui Balai Teknik Perkeretaapian (BTP) Kelas I Wilayah Jawa Tengah dan KAI Commuter, mulai 17 Agustus 2022 akan melakukan uji coba layanan pengguna dengan rute KRL. melalui Solo Balapan – Palu.

Pada tahap uji coba ini, KAI Commuter akan melakukan perjalanan KRL sebanyak 6 kali per hari yang melayani stasiun Palur dan stasiun Solojebres.

KRL Trip Cross Solo Stasiun Jebres – PalurPerjalanan KRL Solo Jebres – Stasiun Palur, foto: KRL.co.id

Terdapat penyesuaian jadwal KRL PP Yogyakarta – Solo untuk memenuhi kebutuhan perjalanan KRL menuju Stasiun Solo Jebres dan Stasiun Palur.

Namun, jadwal baru ini tidak jauh berbeda dengan jadwal sebelumnya karena hanya memperpanjang sambungan KRL ke stasiun Palur. KRL tetap melayani 20 KA pada hari biasa dan 24 KA pada hari libur.

Sebelumnya, KAI Commuter bekerja sama dengan PT KAI Daop 6 Yogyakarta dan Balai Teknik Perkeretaapian Wilayah Jawa Tengah melakukan uji coba rute KRL antara Stasiun Solo Balapan dan Palur pada 5-6 dan 12-13 April 2022 untuk menguji sinkronisasi sarana dan prasarana. .

Sementara itu, sejak 20 Juni hingga 26 Juni 2022 dilakukan uji coba perjalanan KRL dengan pengguna terbatas.

Uji coba perjalanan KRL dilakukan setelah selesainya pembangunan elektrifikasi jalur KA Solo Balapan – Solo Jebres – Palur oleh BTP Kelas I Wilayah Jawa Tengah. Pembangunan jalur elektrifikasi akan dimulai pada tahun 2020 dan akan selesai pada tahun 2022.

Dalam operasi ini, KAI Commuter dan KAI Daop 6 Yogyakarta juga melakukan persiapan untuk memenuhi standar pelayanan di stasiun Solo Jebres dan stasiun Palur seperti menyediakan kursi tunggu untuk pengguna dan pengguna prioritas, toilet termasuk toilet untuk penyandang cacat, guide block (ubin untuk penyandang cacat), kursi roda untuk penyandang cacat dan layanan lainnya.

Untuk fasilitas transaksi pembelian tiket KRL, KAI Commuter menyediakan 3 gerbang elektronik di stasiun Solo Jebres dan 5 gerbang elektronik di stasiun Palur.

Setiap stasiun juga dilengkapi dengan loket tiket dan vending machine untuk memudahkan transaksi pembelian tiket.

Untuk mengatur arus pengguna, KAI Commuter juga menyiagakan agen pelayanan penumpang dan satpam di setiap stasiun.

Untuk melihat jadwal keberangkatan dan tarif perjalanan KRL Yogyakarta-Solo-Palur, pengguna dapat mengakses aplikasi KRL Access.

Nantinya, perjalanan menggunakan KRL ini akan menghemat waktu 10 menit dibandingkan dengan menggunakan transportasi darat dari stasiun Solo Balapan di wilayah kota Surakarta ke stasiun Palur di Kabupaten Karanganyar.

KAI Commuter berharap dengan beroperasinya jalur KRL lintas Solo Jebres – Palur ini dapat mempermudah mobilisasi masyarakat yang menggunakan angkutan umum khususnya KRL menuju wilayah Kota Surakarta, Klaten dan Kota Yogyakarta.

KAI Commuter juga berharap dengan beroperasinya perjalanan KRL ini dapat memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat di wilayah sekitar Kabupaten Karanganyar.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button