Momen Haru Sandiaga membantu fasilitas produksi drum handcraft di Gunung Kidul - WisataHits
Yogyakarta

Momen Haru Sandiaga membantu fasilitas produksi drum handcraft di Gunung Kidul

Wartawan Tribunnews.com, Fransiskus Adhiyuda

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengunjungi rumah Tekad, 70, seorang pengrajin gendang di Desa Tepus, Prefektur Gunung Kidul, Yogyakarta.

Tekad tak kuasa menahan air mata karena tergerak untuk mendapatkan bantuan sarana produksi dan stok drumnya dibeli langsung dari Sandiaga.

Pria yang biasa disapa Mbah Tekad ini merupakan satu-satunya pengrajin gendang di Desa Tepus.

Kemampuannya dalam membangun drum sudah ditentukan sejak tahun 1985.

“Seni musik ini adalah budaya nenek moyang bangsa kita. Dan kendang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari seni musik. Musikal ini merupakan seni budaya yang akan semakin banyak dikunjungi desa wisata dan diharapkan dapat menjadi daya tarik bagi wisatawan,” kata Sandiaga, Rabu (31/1). /8 ). /2022).

Namun, Tekad menghadapi sejumlah kendala, yakni minimnya peralatan pendukung produksi. Alat pahat sering patah karena tidak memiliki kualitas yang baik untuk mengukir tongkat nangka yang keras dan kuat.

Kendala lain, menurut Sandiaga, Tekad sering kesulitan memasarkan drumnya.

Selama ini hanya mengandalkan penjualan dari komunitas musik dan komunitas tempat mereka tinggal. Kondisi ini mengakibatkan drum produksi Tekad tidak laku, padahal sudah diproduksi dua tahun sebelumnya.

“Saya mendapat video produksi Mbah Tekad baru satu atau dua tahun laku. Ini sangat menyulitkan perekonomian Mbah Tekad dan sangat menyulitkan kesejahteraan keluarga Mbah Tekad,” kata Sandiaga.

Source: m.tribunnews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button