Mitra Binaan Pupuk Kaltim kembali mendapatkan SPPT SNI, siap telusuri pasar ekspor - WisataHits
Jawa Tengah

Mitra Binaan Pupuk Kaltim kembali mendapatkan SPPT SNI, siap telusuri pasar ekspor

TRIBUNKALTIM.CO – Pengembangan UMKM lokal yang lebih berdaya saing melalui kualitas dan produk yang berkualitas merupakan salah satu komitmen PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) yang dilakukan melalui pengembangan yang berkesinambungan.

Upaya tersebut antara lain memfasilitasi pelaku ekonomi yang dipromosikan untuk memperoleh sertifikat produk penggunaan Tanda Standar Nasional Indonesia (SPPT SNI) dalam rangka memberikan jaminan mutu produk kepada konsumen.

Baru-baru ini UKM Kenanga F12 yang bergerak di bidang produk olahan pangan hasil perikanan laut menjadi perusahaan yang didanai oleh Pupuk Kaltim kelima yang menerima SPPT SNI dari Badan Standardisasi Nasional (BSN).

Baca Juga: Kembangkan Potensi Wisata Olahraga, Pupuk Kaltim Gelar Fun Volley Malahing Cup 2022

Hal ini ditandai beberapa waktu lalu dengan penyerahan sertifikat SNI BSN pada Indonesia Quality Expo (IQE) ke-10 tahun 2022 di Solo, Jawa Tengah.

VP TJSL Pupuk Kaltim Anggono Wijaya mengatakan sebelumnya Pupuk Kaltim membantu empat perusahaan yang didanai untuk mendapatkan SPPT SNI, dua di bidang tie dye dan dua di bidang makanan olahan.

Semua bidang usaha tersebut sejauh ini menunjukkan kemajuan yang signifikan, seiring dengan tingginya permintaan pasar dari berbagai daerah di Indonesia.

“Penerapan SPPT SNI merupakan salah satu tujuan utama pengembangan Pupuk Kaltim, untuk memberikan jaminan dan perlindungan agar konsumen tidak ragu untuk menggunakan dan mengkonsumsi produk yang diproduksi oleh perusahaan yang dipromosikan,” kata Anggono, Minggu (11/6). 2022).

Anggono menjelaskan, peningkatan daya saing produk lokal secara berkelanjutan melalui SNI diperlukan untuk menciptakan persaingan yang sehat antar perusahaan, karena melihat potensi dan peluang yang besar bagi UMKM untuk menembus pasar nasional dan global.

Melalui SNI, pelaku ekonomi dapat menawarkan jaminan mutu dan mutu guna mendapatkan kepercayaan konsumen sehingga mampu bersaing dalam rangka pengembangan potensi daerah.

“Penggunaan SPPT SNI akan terus digalakkan Pupuk Kaltim kepada seluruh perusahaan yang dibiayai untuk menjamin jaminan mutu dan mutu produk. Agar sektor usaha yang diusung menjadi lebih berdaya saing ke depan dan berdampak signifikan bagi kemajuan daerah, UMKM” tambah Anggono.

Baca juga: Pupuk Kaltim Dukung Optimalisasi Sawah dan Latih Petani Peduli di Lingkungan Kiri Bontang

Ketua UKM Kenanga F12 Dewi Malichah menyampaikan apresiasi dan terima kasih atas kepemimpinan Pupuk Kaltim yang memudahkan produk usahanya mendapatkan SPPT SNI dari BSN.

Dijelaskannya, sejak ditunjuk sebagai mitra asuhan Pupuk Kaltim pada tahun 2015, usaha yang dimulai pada tahun 2009 telah difasilitasi dengan berbagai dokumen usaha mulai dari sertifikasi halal melalui MUI, sertifikat merek dan hak paten hingga kapasitas pengujian BPOM, selain memperkuat bisnis dengan berbagai fasilitas penunjang penunjang lainnya.

“Dengan mendukung Pupuk Kaltim, kami terus terpacu untuk menampilkan produk-produk makanan berkualitas tinggi dengan standar pengolahan untuk memberikan ketenangan pikiran kepada konsumen. Dukungan ini merupakan komitmen kami untuk terus meningkatkan kualitas produk melalui pengolahan yang lebih baik,” jelas Dewi.

Perusahaan sponsor yang fokus pada berbagai jenis produk pempek ini juga diakui Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai Unit Pengolahan Ikan (UPI) Terbaik pertama untuk usaha mikro dan kecil di Kalimantan Timur.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button